Manfaat Join Grup Kepenulisan yang Membawa Kemudahan dalam Kehidupan

www.pexels.com

Menulis adalah salah satu katarsis untuk kehidupan yang monoton. Dengan melakukan kegiatan tersebut, kamu bisa mengungkapkan apa yang tidak tersampaikan dengan bicara. Tapi, menulis rasanya tidak mudah. Apalagi kalau ingin membuat suatu cerita panjang yang bisa punya banyak chapter.

Untuk yang mengalami kesulitan dalam menulis, tidak ada salahnya bergabung ke grup kepenulisan. Apalagi jika memang butuh pendamping untuk mengecek tulisan. Paling tidak, ada tempat untuk bertanya dan berada di lingkungan yang support dalam dunia ini. Komunitas menulis ini akan memberikan banyak keuntungan untuk yang baru mau terjun ke dunia kepenulisan.

1. Wawasan bertambah

www.pexels.com

Punya banyak teman otomatis pengetahuan juga bertambah. Dengan ikut grup menulis, kita bisa mendapat informasi lebih dahulu dibandingkan orang lain di luar yang tidak masuk grup kepenulisan. Wawasan ini bisa pula dituliskan menjadi artikel di blog pribadi. Menambah ilmu dari grup ini akan bisa mengembangkan kreativitas. Bahkan bisa dapat rekomendasi buku yang harus dibaca untuk menambah wawasan.

2. Dapat feedback

www.pexels.com

Sering bingung apakah tulisan buatanmu enak dibaca atau tidak? Join grup kepenulisan akan memberikan feedback berupa kritik yang jujur dan konstruktif. Setiap anggotanya bisa menjadi sumber ide untuk menulis dan bisa saling membantu meramaikan engangement seperti komentar dan likes. Sebagai anggota kepenulisan juga biasanya saling menolong untuk meng-update tulisan di social media masing-masing. Persaingan dapat memotivasi dan menginspirasi menjadi penulis yang lebih baik di masa yang akan datang.

3. Belajar bareng

www.pexels.com

Di grup kepenulisan tentu punya penulis senior dan dari mereka kamu bisa belajar banyak. Penulis senior biasanya sudah punya banyak pengalaman seputar menulis. Kamu bisa mengetahui proses, tema yang ditulis, tips and trick, dan cara menerapkannya.

4. Update lomba menulis
www.pexels.com

Sebuah komunitas selalu jadi tempat untuk mendapatkan informasi tentang publikasi, lomba, konferensi, lokakarya, workshop, dan lain-lain. Kalau masuk grup itu, tentu ada banyak update lomba yang bisa diikuti. Dengan mengikuti berbagai kompetisi, tulisanmu bisa berkembang dengan tema yang diikuti. Kalau menjadi anggota grup, selain mendapat update lomba kamu bisa menjadikannya sebagai ajang latihan menulis. Hal ini bisa dijadikan tolak ukur sejauh mana naskah buatanmu disukai para juri.

5. Kenal banyak orang
www.pexels.com

Bergabung dengan grup penulis membuatmu bertemu dengan orang yang satu passion. Kenal dengan banyak penulis bisa memotivasimu untuk mengembangkan ide dan menulis. Karena kenal dengan banyak orang juga, kamu bisa mendapatkan banyak sudut pandang untuk ditambahkan pada tulisanmu. Berada di grup ini bisa melatih untuk jadi pribadi yang supel dan mudah beradaptasi.

Kamu juga akan mendapat semangat untuk tetap menulis dari anggota grup lain. Apalagi kalau memang grup tersebut punya goals untuk para anggotanya agar karyanya terbit. Pasti para penulis senior akan membantumu sebagai penulis pemula untuk publikasi. Berada dalam komunitas dapat mendorongmu untuk menulis lebih banyak dan mengejar publikasi.

6. Promosi

www.pexels.com

Sebuah kelompok menulis dapat membantu untuk mempromosikan tulisan. Selain berkenalan, siapa tahu kamu dapat promosi di grup tersebut dan bisa membuka kesempatan agar bisa bertemu dengan relasi baru. Selain itu, berpartisipasi dalam grup bisa membuka kesempatan untuk datang bersama anggota grup lain agar melakukan kunjungan ke pihak penerbit.

7. Kolaborasi

www.pexels.com

Masuk sebagai anggota grup kepenulisan bisa punya kesempatan untuk berbagi pendapat, berkolaborasi, dan membentuk persahabatan dengan sesama penulis baik pemula maupun dengan yang sudah senior. Dimulai dari kunjungan blog, bisa jadi bertemu di real life. Dari online, lalu kemudian workshop bersama dan akhirnya mengadakan acara menulis secara offline

Manfaat mengikuti grup kepenulisan sangat banyak untuk mempelajari jenis karya yang disukai. Membaca banyak sumber dari penulis lain juga membuat ide baru mengalir. Jika beruntung, pihak penerbit menghubungi koordinator komunitas menulis yang diikuti untuk mendapatkan rekomendasi calon penulis. Kalau kamu tergolong aktif di grup tersebut, bukan mustahil jika mereka memberi rekomendasi nama kamu. Hal pertama yang kamu lakukan adalah mencari grup kepenulisan yang sesuai dengan kesukaanmu. Jika suka tulisan non-fiksi, cari grup yang menulis tentang non-fiksi. Lakukan trik itu dengan tema lainnya. Meski tidak mudah, buah yang dipetik pasti bakal manis.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Sandingkan Foto Wajah Maruf Amin dan Kakek Sugiono, Netizen ini Dipolisikan GP Ansor | Keepo.me

Sandingkan Foto Wajah Maruf Amin dan Kakek Sugiono, Netizen ini Dipolisikan GP Ansor | Keepo.me

Inspirasi Wedding Sneakers untuk Tampil Nyentrik di Resepsi Pernikahan

Inspirasi Wedding Sneakers untuk Tampil Nyentrik di Resepsi Pernikahan

Tak Lagi Canggung, 8 Artis Ini Unggah Foto Bersama Sang Mantan | Keepo.me

Tak Lagi Canggung, 8 Artis Ini Unggah Foto Bersama Sang Mantan | Keepo.me

Cara Membangun Persona Meyakinkan di Sosial Media Supaya Dilirik HRD

Cara Membangun Persona Meyakinkan di Sosial Media Supaya Dilirik HRD

Buta Sebelah, Pria ini Mengganti Bola Matanya dengan Kamera | Keepo.me

Buta Sebelah, Pria ini Mengganti Bola Matanya dengan Kamera | Keepo.me

Inspirasi OOTD buat Ibu Muda yang Berencana untuk Maternity Photoshoot

Inspirasi OOTD buat Ibu Muda yang Berencana untuk Maternity Photoshoot

loading