Manfaat Jalan Kaki yang Tidak Disadari Banyak Orang

pixabay.com

Zaman yang serba canggih dan instan ini membuat banyak kegiatan yang harus dilakukan dengan bergerak tergantikan dengan jari. Saat ini tidak perlu bersusah payah belanja ke pasar untuk membeli kebutuhan sehari-hari. Tinggal pesan melalui aplikasi, barang akan diantar ke rumah.

Padahal kalau dengan berjalan kaki bisa membuatmu sehat, adanya kemudahan itu bisa membuatmu malas. Olahraga termudah adalah jalan kaki.

Selain mudah dilakukan, jalan kaki merupakan olahraga yang hemat dan bisa dilakukan oleh anak-anak hingga orang dewasa. Kalau masih malas, cek manfaat ini supaya kamu lebih termotivasi.

1. Menguatkan jantung

pixabay.com

Penyakit jantung merupakan pembunuh nomer 1 di dunia. Olahraga merupakan salah satu cara yang mudah untuk menangkal penyakit ini. Dampak yang signifikan terjadi pada orang yang berjalan kaki secara teratur.

Stroke Association menyatakan bahwa denga berjalan kaki selama 30 menit dapat membantu untuk mencegah dan mengontrol tekanan darah tinggi. Tekanan darah yang tinggi ini disinyalir menjadi sebab utama stroke dan jantung. Kemungkinan orang yang rajin berjalan kaki akan menurukan risiko stroke sebanyak 27%.

2. Anti pikun

pixabay.com

Berjalan kaki dapat mencegah Demensia atau kepikunan. Penyakit ini adalah kondisi di mana seseorang mengalami penurunan daya ingat karena faktor usia.

Demensia bisa ditemukan pada 1 dari 80 orang yang berusia lanjut. Dilansir dari Age UK, untuk menunda tanda-tanda penyakit demensia, jalan kaki secara teratur adalah cara yang sangat disarankan.

3. Osteoporosis

pixabay.com

Manfaat lain yang tidak disadari oleh orang yang terbiasa jalan kaki ialah dapat mencegah osteoporosis. Jika aktivitas ini dilakukan secara rutin, dapat menstimulasi, menguatkan, dan menambah kepadatan tulang.

Keadaan tersebut tentu akan membantu banyak orang untuk tetap sehat di hari tua. Berjalan kaki juga baik untuk kesehatan sendi. Penyakit seperti Artritis bisa ditangkal dan tidak perlu merasakan sakitnya peradangan sendi.

4. Atletis
pixabay.com

Berjalan kaki juga bisa membentuk badanmu jadi atletis. Tidak hanya menyehatkan, tetapi juga kegiatan berjalan kaki dengan postur tubuh yang tepat bisa membentuk postur tubuh. Terutama untuk betis, lutut, dan membentuk otot perut. Kecepatan berjalan, ternyata dipengaruhi oleh pergerakan lenganmu.

Dengan menekuk siku dan mengayunkan ke depan dak ke belakang, langkah jalanmu bisa jadi lebih cepat. Jangan salah, gerakan ini juga bisa membentuk otot lengan, bahu dan punggung bagian atas. Jadi tidak hanya mudah dan sehat, berjalan kaki bisa membentuk badan lebih atletis.

5. Bahagia
pixabay.com

Berjalan kaki membantu memberimu energi positif. Kalau merasa malas dan lemas karena terlalu banyak tiduran di kasur, ayo bangun dan cobalah berjalan kaki. Jalan kaki adalah pembangkit energi yang alami karena kegiatan yang satu ini mampu melancarkan sirkulasi darah. Pernafasan jadi lancar dan membuatmu terjaga dan bersemangat untuk melakukan banyak aktivitas.

Selama berjalan kaki, otak juga akan mengeluarkan hormon endorphin. Hormon ini mampu membuatmu bahagia dan mengurangi tingkat stres. Kegiatan berjalan kaki sendiri bisa memberikan kesempatan untuk bersosialisasi dengan orang yang baru kamu temui.

6. Lebih kreatif

pixabay.com

Berjalan kaki bisa membantu panca indera lebih terasah dan kepekaan terhadap lingkungan jadi semakin tinggi. Jalan kaki sambil melihat pemandangan yang ada dan menghirup udara yang masih segar, tentu akan menyegarkan pikiranmu dari monotonnya hidup ini.

Hal ini akan memancing daya kreativitasmu untuk terus tumbuh karena banyaknya ide segar yang datang setelah berjalan kaki. Penulis novel terkenal, Charles Dickens saja rela berjalan kaki sejauh 32 kilometer untuk mendapatkan alur cerita.

7. Diet alami

pixabay.com

Berjalan kaki dapat menjaga berat badan agar tidak naik. Punya bentuk tubuh yang tidak proporsional memang bikin galau. Segala macam diet dilakukan, tetapi lupa satu hal, yakni jalan kaki!

Kurangnya olahraga dapat menmbuat berat badan tidak proporsional. Bisa jadi hal ini karena kurang bergerak juga. Olahraga yang mudah dan murah ialah dengan berjalan kaki.

Jalan dapat membakar kalori dan menurunkan berat badan. Selain menurutkan berat badan, dengan jalan kaki dan bisa mengatur kalori yang dimakan, seseorang bisa dengan mudah menaik turunkan berat badannya.

Meskipun terkesan sepele, jalan kaki ternyata punya banyak manfaat. British Medical Journal dan Walking For Health, merilis hasil penelitian bahwa dengan berjalan kaki secara teratur dapat menurunkan risiko terkena penyakit diabetes sebesar 60%.

Selain itu juga, dapat mengurangi asma dan menurunkan risiko terkena penyakit kanker rahim, kanker payudara dan kanker usus besar sebesar 20%.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Ampuh! 3 Cara Aktivasi Microsoft Office 2010 secara Permanen | Keepo.me

Ampuh! 3 Cara Aktivasi Microsoft Office 2010 secara Permanen | Keepo.me

Alasan Pentingnya Kemandirian Finansial bagi Para Istri

Alasan Pentingnya Kemandirian Finansial bagi Para Istri

Jajaran Setting Spray Terbaik dari Brand Lokal | Keepo.me

Jajaran Setting Spray Terbaik dari Brand Lokal | Keepo.me

Orang yang Bersyukur Akan Selalu Menerapkan Mindset Ini

Orang yang Bersyukur Akan Selalu Menerapkan Mindset Ini

Gaya Hidup Sultan, Nia Ramadhani Makan di Kaki Lima Bawa Ajudan | Keepo.me

Gaya Hidup Sultan, Nia Ramadhani Makan di Kaki Lima Bawa Ajudan | Keepo.me

Hubungan Tak Direstui Orang Tua? Coba Terapkan "Contekan" Ini

Hubungan Tak Direstui Orang Tua? Coba Terapkan "Contekan" Ini

loading