Malas Ngantor Setelah Liburan? Ikuti 7 Tips Simpel Ini Biar Kamu Semangat Lagi

03 Juli 2017
|Olphi Disya
0SHARES

Setelah liburan atau mudik ke kampung halaman, yang terbayang di benakmu mungkin suasana kantor dengan setumpuk pekerjaan yang harus diselesaikan. Padahal, hati dan jiwa masih di tempat liburan. Nggak semangat ke kantor setelah liburan wajar terjadi dan biasa disebut dengan post-holiday blues di mana biasanya orang yang mengalami fase ini akan merasa sedih dan nggak semangat. Biar nggak larut dalam kegalauan pasca-liburan, yuk ikuti 7 tips berikut ini.

1. Buat rencana dan tepati

Salah satu hal yang bikin nggak semangat ngantor adalah ketika kamu nggak tahu apa yang harus dilakukan pada hari pertama saat masuk kerja. Nah, biar nggak tambah pusing, kamu bisa rencanakan apa aja yang harus kamu lakukan dan selesaikan. Dengan begitu, kamu akan lebih siap dan fokus di hari pertama ngantor. Nggak kepikiran lagi deh seru-serunya kemarin saat liburan atau mudik ke kampung halaman.

2. Bawa makanan saat liburan ke kantor

Bagi kamu yang masih belum bisa move on sama suasana liburan yang baru aja berakhir, kamu bisa mengakalinya dengan membawa makanan saat liburan ke kantor. Entah itu oleh-oleh atau makanan yang biasa kamu makan saat di perjalanan. Dengan begitu, kamu seolah masih berasa liburan. Bawa makanan secukupnya aja dan yang nggak ngerepotin, ya. Jangan bawa segala kupat, opor, dan rendang. Itu mah kamu mau buka restoran.

3. Ngobrolin tentang liburan

Menceritakan serunya liburan atau mudik di kampung halaman kepada teman-teman akan membantu kamu untuk lebih semangat ke kantor. Bercerita akan membuat kamu melepaskan hormon-hormon bahagia yang bikin kamu jadi semangat. Demikian juga dengan mendengarkan cerita liburan dari orang lain. Mungkin, kamu jadi lebih termotivasi untuk liburan ke destinasi atau kampung halaman temanmu.

4. Makan siang dengan waktu yang lebih lama

Biasanya, yang bikin nggak semangat ke kantor setelah liburan itu adalah rasa sepi dan rutinitas padat yang bikin kamu jadi jarang rileks. Biar tetap semangat, saat makan siang coba ajak rekan kerjamu untuk ngopi santai dan spare waktu yang agak lama untuk jam makan siang. Ngobrol dengan orang lain dan menikmati waktu makan siang tanpa harus terburu-buru bakal bikin kamu jadi lebih rileks dan nggak merasa kesepian.

5. Rencanakan sesuatu setelah ngantor

Kamu tahu bahwa setiap harinya kamu hanya akan melakukan hal yang itu-itu aja. Jadi, biar nggak malas ngantor, coba deh rencanakan sesuatu setelah ngantor dari hal yang sederhana, seperti makan enak di kafe favorit, nonton film, atau apa pun yang menurutmu menyenangkan. Biar semangat dan motivasinya bertahan lama, coba deh rencanakan next vacation dari sekarang. Dengan begitu, kamu jadi punya tujuan yang lebih real dalam bekerja.

6. Mendengarkan musik up-beat

Udah mencoba segala cara tapi tetap merasa stress dan nggak minat untuk ngantor? Rileks sejenak dengan mendengarkan musik favorit atau musik-musik yang bikin kamu tambah semangat. Memang susah memaksakan untuk bekerja, tapi pikiran masih dalam bayang-bayang liburan. Agar lebih fokus, coba dengarkan musik yang nadanya up-beat ya.

7. Kembali jadi warga lokal

Saat liburan, kamu mungkin senang untuk mengeksplorasi tempat-tempat yang keren atau kafe-kafe yang kece untuk nongkrong. Nah, sesekali kamu boleh tuh untuk bersikap layaknya turis lokal di tempat tinggalmu. Pasti masih banyak tempat-tempat keren yang belum sempat kamu kunjungi karena sibuk kerja. Kamu pun bisa merekomendasikan tempat tinggalmu untuk dijadikan destinasi wisata ke teman-teman di kampung halaman. Anggap aja liburan ala warga lokal kan?

Gimana? Udah semangat lagi dong ngantornya? Meski susah move on dari liburan, yuk back to reality kerja yang bener biar bisa liburan lagi!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES