Malam Takbiran Hampir Tiba, 5 Tipe Bocah Ini Bakal Kamu Temui Saat Takbir Keliling

www.edunews.id

Selain malam tahun baru, malam takbiran juga menjadi malam yang paling dinanti-nantikan banyak orang. Malam takbiran adalah malam berakhirnya bulan Ramadan dan sebagai awal penyambutan bulan Syawal. Di Indonesia sendiri, malam takbiran adalah malam yang penuh dengan kemeriahan menyambut hari Raya Idul Fitri. Ada berbagai tradisi yang tak pernah absen turut serta memeriahkan malam takbiran. Salah satunya adalah takbir keliling. 

Banyak orang berbondong-bondong menyuarakan takbir sambil menabuh beduk dan membawa obor sebagai tanda menyambut kemenangan. Meski para remaja dan orang tua ikut larut dalam tradisi takbir keliling, tetapi mayoritas yang paling banyak hadir adalah anak-anak. Di antara banyaknya para bocah yang datang, 5 tipe bocah ini pasti selalu ada di setiap tradisi takbir keliling. 

1. Khusyuk menabuh kentongan dan melafalkan takbir

seruji.co.id

Tak ingin menyia-nyiakan momen yang hanya datang setahun sekali, tipe bocah ini akan senantiasa fokus mengumandangkan takbir dengan raut gembira dan penuh semangat. Dan biasanya mereka berbaris di bagian depan dengan penampilan lengkap menggunakan baju koko, peci, dan sarung. Mereka benar-benar menikmati malam takbiran dengan khusyuk tanpa rusuh dan pecicilan. Calon-calon tokoh masyarakat deh pokoknya. 

2. Tipe rusuh yang kerjaannya ngelempar mercon

suarajakarta.co

Nah tipe yang bocah yang satu ini emang paling mencolok dari tipe yang lain. Penuh raut wajah licik, mereka biasanya berada paling belakang dalam barisan sambil sesekali mematik korek api untuk menyalakan mercon. Tipe-tipe bocah inilah yang sering bikin barisan jadi berantakan dan bikin ibu-ibu jantungan. Tapi tanpa kehadiran mereka, suasana takbir keliling akan terasa membosankan. 

3. Hanya ikut-ikutan biar bisa dekat dengan gebetan

www.mamhtroso.com

Tipe bocah yang satu ini biasanya tidak menjadikan acara takbir keliling sebagai target utama. Melainkan ada misi yang lebih penting di dalamnya, yaitu untuk bisa berdekatan dengan gebetan yang juga ikut merayakan takbiran. Sambil malu-malu kucing, biasanya bocah tipe ini nggak mau jauh-jauh dan selalu ada di dekat cewek yang ia taksir. Sesekali ia mencuri pandang ke arahnya, sambil didorong-dorong temannya dari belakang. Sinar obor dan suara takbir menambah suasana romantis ketika berada di dekat gebetan. 

4. Tipe yang pengen ikut takbiran tapi mager jalan jadi mengiringi rombongan naik motor
kutaitimur.merdeka.com

Tak hanya berjalan dan membawa obor saja, takbir keliling juga biasanya dihadiri oleh orang-orang yang membawa kendaraan, seperti motor dan mobil pickup. Karena menempuh jalan yang lumayan jauh, biasanya tak sedikit para bocah-bocah yang malas jalan dan memilih nebeng naik motor. Yang paling gregetnya lagi, biasanya satu motor bisa diisi oleh 3 sampai 4 bocah. Tipe ini nih yang bikin jalanan semerawut.

5. Tipe yang nonton di depan rumah terus pengen ikutan tapi nggak boleh sama orang tuanya
www.tempo.co

Tipe yang terakhir bukanlah anak santri bukan juga anak yang sering ikut ngaji. Tetapi mereka lebih ke anak rumahan yang cuma nonton di depan rumah bersama orang tua. Karena seru melihat pawai obor dan suara kentongan, anak tipe ini biasanya pengen ikutan keliling meski cuma di bagian belakang. Sayangnya keinginan mereka untuk bisa turut memeriahkan tradisi yang muncul setahun sekali ini seringkali dilarang oleh orang tua, karena alasan sudah malam dan takut hilang. Alhasil mereka cuma bisa nonton depan rumah sambil diawasi orang tua. Kasian :( 

Takbir keliling memang menjadi salah satu tradisi khas dari malam takbiran. Kalo nggak ada takbir keliling, malam takbiran jadi terasa sepi dan hampa. Mungkin kamu pun rindu akan serunya beramai-ramai keliling kampung sambil bertakbir atau hanya sekadar megang obor. Di antara tipe bocah di atas, kamu dulu termasuk tipe yang mana?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
10 Jokes Receh Cowok yang Bikin Ketawa dan Makin Cinta. Beruntung Kalau Bersama Dia

10 Jokes Receh Cowok yang Bikin Ketawa dan Makin Cinta. Beruntung Kalau Bersama Dia

Jadilah Dewasa, Ini 6 Alasan Mengapa Kamu Harus Memaafkan Mantan Saat Ramadan

Jadilah Dewasa, Ini 6 Alasan Mengapa Kamu Harus Memaafkan Mantan Saat Ramadan

Bosan Kue dan Sirup, 10 Ide Parcel Unik Ini Patut Dicoba Untuk Hadiah Lebaran

Bosan Kue dan Sirup, 10 Ide Parcel Unik Ini Patut Dicoba Untuk Hadiah Lebaran

Ingin Mudik yang Aman dan Nyaman? Inilah Tips Mudik untuk Setiap Moda Transportasi

Ingin Mudik yang Aman dan Nyaman? Inilah Tips Mudik untuk Setiap Moda Transportasi

Kata-kata Bijak yang Akan Membantumu Kuat Hadapi Problema Kehidupan

Kata-kata Bijak yang Akan Membantumu Kuat Hadapi Problema Kehidupan

Lulus Kuliah, Bekerja, Menikah, Punya Anak, Lalu Apa Girls?

Lulus Kuliah, Bekerja, Menikah, Punya Anak, Lalu Apa Girls?

loading