Makanan yang Mampu Menyehatkan Rambut dan Kuku

unsplash.com

Bagi sebagian besar dari kamu, tentu menginginkan memiliki kuku dan rambut yang sehat tanpa masalah apapun. Untuk mendapatkannya, sebenarnya kamu nggak harus mengeluarkan banyak uang, menggunakan shampoo, atau produk yang mahal, kok. Kamu bisa mendapatkan rambut dan kuku sehat dengan menjaga pola makan yang baik.

Ternyata, ada beberapa makanan yang dipercaya mampu menjaga kesehatan rambut dan kuku secara alami. Penganan ini akan menutrisi rambut dan kuku sehingga bisa lebih kuat, sehat, dan berkilau. 

1. Telur

www.bbcgoodfood.com

Nggak bisa dipungkiri, telur adalah salah satu makanan paling sehat dengan harga yang cukup terjangkau dan mudah didapatkan. Tahukah kamu bahwa rambut dan kuku akan bernutrisi jika kamu mengonsumsi telur? Sebagai makanan yang kaya akan protein, biotin, dan lemak sehat serta nutrisi lainnya, makanan ini membantu rambut tumbuh dengan sehat dan panjang. 

2. Alpukat

health.clevelandclinic.org

Buah yang satu ini tak hanya menjadi makanan yang trendy di kalangan milenial, tapi juga kaya akan nutrisi. Alpukat memiliki kandungan lemak sehat yang bisa membantu rambut jadi tumbuh dengan sehat dan berkilau. Alpukat juga kaya akan vitamin E yang mampu mengatasi rambut dan kuku yang kurang sehat. Selain melakukan perawatan yang selama ini sudah dijalani, nggak ada salahnya untuk rajin mengonsumsi buah ini juga. 

3. Kacang dan biji-bijian

www.diabetes.co.uk

Jangan meragukan manfaat kacang dan biji-bijian. Keduanya adalah sumber vitamin B, zink, dan lemak sehat yang sangat dibutuhkan oleh rambut dan kuku agar tetap sehat. Jadi nggak ada salahnya kok kalau menambahkan menu ini untuk disantap saat sarapan. 

4. Ubi
therecipecritic.com

Jangan menyepelekan ubi. Makanan yang satu ini ternyata bagus buat menjaga kesehatan rambut dan kuku. Kandungan beta karoten yang masuk ke tubuh akan dibuah menjadi vitamin A. Vitamin itulah yang bagus untuk kesehatan kulit kepala agar rambut kuat, sehat, dan berkilau. Begitupun untuk kuku. 

5. Bayam
www.simplyrecipes.com

Kamu juga butuh sayuran agar tetap sehat sekaligus menjaga kecantikan alami dari rambut. Sayuran yang cocok adalah bayam. Sayuran hijau ini merupakan sumber zat besi dan vitamin A yang sudah dikatakan sebelumnya adalah dua zat yang dibutuhkan oleh kuku dan rambut.

Satu mangkuk bayam dalam sehari dalam memenuhi kebutuhan vitamin A tubuh. Karena nggak memiliki rasa yang terlalu mencolok, kamu bisa menambahkannya dalam smoothies dan sup. Rasanya nggak akan berubah banyak, kok. 

6. Berries

www.parkwaycancercentre.com

Selain alpukat, kamu juga bisa memperbanyak konsumsi berries. Bisa dikombinasikan dengan oats untuk sarapan. Selain rasanya segar dan enak, beri juga kayak akan antioksidan yang melindungi rambut dan kuku dari kerusakan. Ditambah lagi, berries juga kaya akan vitamin C yang akan membantu tubuh memproduksi kolagen dan menyerap zat besi. Jika penyerapannya bagus, tentu rambut dan kuku akan lebih sehat. 

Selain melakukan perawatan dari luar dengan shampoo dan kondisioner, kamu juga perlu memberikan nutrisi dari dalam yang didapatkan dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Kamu bisa mengatur supaya makanan di atas bisa dikonsumsi semua tanpa merasa bosan. Kamu bisa mengolahnya dengan bahan lain agar lebih enak tapi tetap sehat. 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Sederet Fakta Tentang Sunburn yang Harus Diketahui

Sederet Fakta Tentang Sunburn yang Harus Diketahui

Anti Mubazir, Begini Cara Memanfaatkan Produk Skincare yang Nggak Cocok di Kulit

Anti Mubazir, Begini Cara Memanfaatkan Produk Skincare yang Nggak Cocok di Kulit

Tanda Ketika Fisik dan Psikis Seseorang Sedang Butuh "Me Time"

Tanda Ketika Fisik dan Psikis Seseorang Sedang Butuh "Me Time"

Brand Aksesoris Lokal Berkualitas yang Desainnya Bisa Bikin Khilaf

Brand Aksesoris Lokal Berkualitas yang Desainnya Bisa Bikin Khilaf

Prediksi Desain Sneakers yang Digadang-gadang Bakal Populer di 2021

Prediksi Desain Sneakers yang Digadang-gadang Bakal Populer di 2021

Jenis Jeans Terhits untuk Dipakai Hingga Beberapa Tahun ke Depan

Jenis Jeans Terhits untuk Dipakai Hingga Beberapa Tahun ke Depan

loading