Makanan yang Bagus untuk Menyehatkan Saluran Pernafasan

unsplash.com

Polusi memang mustahil hilang selama masih ada kendaraan yang memenuhi jalan raya. Tidak hanya asap kendaraan yang membuat polusi dan membuat paru-paru menjadi radang dan menimbulkan kesehatan lain, asap yang ditimbulkan dari kebakaran hutan juga mencemari organ pernafasan.

Kebakaran hutan yang membuat kabut asap sempat meracuni warga di beberapa wilayah Barat Indonesia membuat banyak orang ikut prihatin. Meskipun kabut asap sudah berkurang dari sebelumnya akibat hujan yang turun di Sumatera dan Kalimantan, gangguan kesehatan akibat menghirup gas masih tetap ada.

Supaya radang di tubuhmu tak lagi menganggu, kamu bisa memperbanyak konsumsi makanan ini. Pas banget dijadikan asupan untuk membantu mencegah peradangan.

1. Apel

pixabay.com

Buah apel memiliki asam fenolik dan flavonoid. Kedua zat ini bisa mencegah penyakit yang ada di saluran pernafasan. Kamu yang ingin mengurangi radang bisa mengonsumsi apel.

Beberapa orang tidak disarankan memakan apel karena malah merusak organ pencernaan. Ada baiknya untuk berkonsultasi pada dokter terdekat untuk batasan mengkonsumsi apel per hari. Selain untuk yang terpapar kabut asap, buah apel juga bagus bagi penderita asma.

2. Kacang

pixabay.com

Kacang memiliki kandungan vitamin E yang mampu mengatasi peradangan pada paru-paru. Selain itu, ia bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh menghirup oksigen lebih banyak. Bagi yang sudah terpapar polusi udara akibat kebakaran hutan ataupun asap kendaraan sehari-hari, mengonsumsi kacang amat disarankan.

3. Bawang Putih

pixabay.com

Bawang ini punya banyak kelebihan. Tidak hanya dijadikan penyedap masakan, bawang putih bisa menangkal radikal bebas. Mengonsumsinya punya kemungkinan tidak terserang kanker paru-paru.

Kandungan antiinflamasi dari bawang putih terbukti ampuh untuk meredakan kerusakan pada organ pernafasan. Kabut asap yang ada bisa ditekan oleh zat antioksidan pada bawang putih.

4. Salmon
pixabay.com

Salah satu jenis ikan yang dikenal sebagai makanan super nutrisi ini juga menjadi makanan yang bagus untuk organ pernafasan. Salmon bisa mencegah gangguan pada paru-paru karena memiliki kandungan asam lemak dan omega-3.

Kandungan Omega-3 bisa juga mengurangi risiko asthma akibat polusi udara dan kabut asap. Ikan jenis lain juga memiliki banyak kandungan yang sangat baik untuk tubuh. Mengonsumsi ikan lain seperti sarden dan tuna misalnya sebagai pengganti salmon.

5. Jahe
pixabay.com

Sudah sejak zaman dahulu kalau jahe dijadikan tanaman obat. Jahe memang memiliki kemampuan untuk membuang racun yang terdapat di saluran pernafasan. Banyaknya masalah yang pada akhirnya membuat organ pernafasan terganggu membuat kita harus sedia banyak jahe untuk dijadikan minuman ataupun diolah menjadi makanan.

Kandungan pada jahe yang mampu melancarkan saluran bronchial yakni zat antiseptik serta antibakteri sanggat bermanfaat bagi paru-paru kita. Mengonsumsi minuman jahe biasanya yang paling cepat merasakan manfaat. Setelah meminumnya jahe, rongga pernafasan jadi lebih lega.

6. Bayam

pixabay.com

Sayuran hijau yang satu ini juga juga kaya akan antioksidan. Mengonsumsi bayam setiap hari bisa meningkatkan sistem imun dan melindungi paru-paru dari bahaya polusi udara akibat kabut asap.

Tanaman hijau memang banyak mengandung vitamin dan mineral yang bagus untuk memelihara kesehatan tubuh. Bayam ditemukan banyak kandungan fitokimia sehingga bisa mengurangi peradangan dan melawan kanker paru-paru. 

7. Jeruk

pixabay.com

Tidak hanya jeruk, buah yang kaya vitamin C bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu proses pemulihan pada organ pernafasan akibat kaut asap. Kandungan buah bervitamin C ini bisa menghambat kinerja enzim pengaktif sel kanker.

Buah-buahan yang memiliki vitamin C tentu memiliki zat antioksidan yang dapat melawan paparan gas berbahaya dari kabut asap. Jeruk yang kaya akan vitamin C mudah didapatkan dan dengan mengkonsumsinya bisa membuat tubuh terlindungi dari bahaya lain akibat paparan kabut asap akibat kebakaran lahan.

Ketujuh makanan di atas bisa dikonsumsi setiap hari. Tetapi perlu memperbanyak air putih juga sebagai penetralisir agar racun dalam tubuh dapat larut dan hilang.

Jenis makanan di atas bisa menjaga asupan nutrisi. Hal ini menjadi penting karena setiap hari polusi udara tidak ada habisnya.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Ragam Teori Konspirasi Seputar Kematian Pemimpin ISIS | Keepo.me

Ragam Teori Konspirasi Seputar Kematian Pemimpin ISIS | Keepo.me

Jadilah Mahasiswa Cerdas dengan Memanfaatkan Aplikasi Ini

Jadilah Mahasiswa Cerdas dengan Memanfaatkan Aplikasi Ini

Nggak Pake Helm, Cowok India ini Banting Motor Gara-gara Ditilang Polisi! | Keepo.me

Nggak Pake Helm, Cowok India ini Banting Motor Gara-gara Ditilang Polisi! | Keepo.me

Efek Samping Pemakaian Vape bagi Kesehatan Wanita

Efek Samping Pemakaian Vape bagi Kesehatan Wanita

Berani Pinjami Orang Asing Uang, Cowok ini Kaget Dapat Uang Terima Kasih Sebesar 9.5 Miliar! | Keepo.me

Berani Pinjami Orang Asing Uang, Cowok ini Kaget Dapat Uang Terima Kasih Sebesar 9.5 Miliar! | Keepo.me

Tips Decluttering Ampuh Biar Kamarmu Tak Dikira Gudang Lagi

Tips Decluttering Ampuh Biar Kamarmu Tak Dikira Gudang Lagi

loading