Makanan yang Aman Bagi Penderita Sugar Bugs

www.pexels.com

Pernah lihat anak kecil yang semangat setelah mengonsumsi makanan manis? Kalau iya, kemungkinan dia mengalami sugar bugs! Sugar bugs merupakan keadaan di mana seseorang menjadi sensitif pada makanan dan minuman yang mengandung gula. Hal ini bisa juga disebut alergi gula berlebih.

Sugar bugs biasanya dialami oleh anak-anak. Ciri-ciri adanya garis kehijauan yang mendatar di area hidung dan berada di antara mata kanan dan kiri. Sugar Bugs pada anak membuat kebanyakan dari mereka menjadi hiperaktif dan menjadi pemilih dalam makan atau picky eater.

Kondisi pilih-pilih makanan ini tidak bisa dianggap sepele. Penyakit ini dapat menghambat tumbuh kembang anak. Berikut ini adalah jenis makanan yang cocok bagi penderita sugar bugs.

1. Susu formula dengan kandungan gula rendah

pixabay.com

Kondisi sugar bugs dapat membuat anak cenderung lebih hiperaktif dan jadi mudah alergi pada makanan tertentu. Meskipun bukan menjadi satu-satunya tanda sensitivitas anak terhadap gula dan alergi, sugar bugs memiliki gejala lain yang ikut berpengaruh dalam jenis makanan yang nantinya dikonsumsi.

2. Jus buah tanpa gula

pixabay.com

Memang sudah pada dasarnya gula tidak baik jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Apalagi bagi yang memiliki sugar bugs. Tentu takaran gula per hari lebih sedikit lagi dari yang tidak terkena sugar bugs.

Bagi yang sudah menunjukkan tanda sugar bugs, pastikan asupan makanan yang masuk adalah tepat dan bergizi. Misalkan memberi jus buah tanpa gula tambahan. Sangat tidak disarankan untuk meminum jus dalam kemasan karena mengandung banyak gula. Ini bisa membuat penderita sugar bugs bergerak aktif secara berlebihan.

3. Jam makan teratur

pixabay.com

Faktanya, selain membatasi asupan gula yang dikonsumsi, cara lainnya untuk menghadapi sugar bugs adalah memiliki jam makan yang teratur. Setiap harinya, jam kegiatan sang anak diatur. Mulai dari jam makan, ngemil, tidur, mandi, dan bermain. Konsistensi dapat menghindarkan anak dari kondisi hiperaktif dan melatih anak untuk dapat lebih disiplin.

4. Makanan berprotein
pixabay.com

Perbanyak jenis makanan yang mengandung protein, vitamin B, asam amino, dan zinc agar pertumbuhan serta perkembangan anak dapat berjalan optimal. Membiasakan makan bersama  di meja makan dengan durasi tidak lebih dari 30 menit bisa mengatasi picky eater yang dialami penderita sugar bugs.

Hal terpenting lainnya yang harus diperhatikan adalah tetap sabar. Karena menghadapi anak yang memiliki sugar bugs jika kelebihan gula akan sangat hiperaktif. Kondisi ini bisa terjadi pada banyak anak-anak dan tidak bisa dihindari.

5. Air putih
pixabay.com

Sugar bugs dapat membuat anak menjadi pemilih makanan yang semakin memicu alergi. Khawatirnya dia akan mengalami kekurangan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini berdampak pada kurangnya gizi pada tumbuh kembangnya. Meminum air putih bisa menurunkan kadar gula yang berlebih meskipun tidak berefek langsung setelah meminumnya.

6. No salt

pixabay.com

Bukan hanya makanan manis yang harus dihindari sugar bugs, yang mengandung banyak  tambahan sepert MSG juga perlu dikurangi. Menghindari garam dan MSG juga bisa menurunkan kadar hiperaktif. Setiap olahan sayur dan lauk pauk yang dikonsumsi sebisa mungkin tidak menggunakan MSG. Mengurangi makanan berlemak juga bisa membuat kondisi jadi lebih stabil.

7. Makanan hijau

pixabay.com

Walau pemilih, tetap harus memakan makanan hijau agar nantinya tidak berakibat pada kekurangan gizi. Picky eater biasanya dialami oleh anak berusia 1-5 tahun. Mereka harus memperbanyak konsumsi sayur yang bagus untuk membuatnya terbiasa makan makanan sehat. 

Setiap orang dilahirkan ke dunia dengan kondisi yang berbeda-beda. Sugar bugs dan picky eater adalah sebuah tantangan supaya membuat asupan gizi bisa tercukupi dengan baik dengan mengurangi banyak bahan yang masuk ke dalam tubuh.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Cara Menyikapi Pasangan yang Masih Diganggu oleh Mantan

Cara Menyikapi Pasangan yang Masih Diganggu oleh Mantan

Hacks Gampang Bikin Bullet Journal Jadi Makin Kece

Hacks Gampang Bikin Bullet Journal Jadi Makin Kece

Panduan Merintis Bisnis dengan Pasangan, Cuan Menanti di Masa Depan!

Panduan Merintis Bisnis dengan Pasangan, Cuan Menanti di Masa Depan!

Tips Liburan di Jakarta, Low Budget tapi Tetap Fun

Tips Liburan di Jakarta, Low Budget tapi Tetap Fun

Inspirasi Desain Rumah Bergaya Vintage yang Elegan dan Hangat

Inspirasi Desain Rumah Bergaya Vintage yang Elegan dan Hangat

Fakta Tentang Garam yang Belum Banyak Diketahui Orang

Fakta Tentang Garam yang Belum Banyak Diketahui Orang

loading