Makanan Khas di Bulan Puasa Ini Bikin Kamu Gak Sabar Mau Segera Puasa

24 Mei 2017
|Atik Kencana S.
Life
0SHARES

Yeaaaaaaay sebentar lagi masuk bulan suci Ramadan. Sebentar lagi juga kita puasa. Wah udah mempersiapkan diri belum untuk ibadah di bulan Ramadan? Yang harus diperhatikan adalah kesehatan biar gak drop.

Karena sebentar lagi puasa, kayaknya gak lengkap deh kalau YuKepo gak bahas mengenai makanan khas di bulan puasa yang selalu ditunggu-tunggu dan bikin kangen. Penasaran makanan apa aja yang jadi khas di bulan puasa? Yuk langsung aja kepoin!

1. Kurma

Buah yang berasal dari negara jazirah Arab ini menjadi salah satu buah wajib ada bagi setiap umat muslim. Buah kecil namun manis ini memiliki manfaat seperti mengatasi anemia, mencegah jantung koroner dan memiliki anti oksidan yang cukup tinggi. Buah ini juga bagus untuk menjaga stamina selama berpuasa.

2. Kolak

Selain buah kurma, kolak juga menjadi salah satu wajib menu pembuka puasa. Gak heran kalau hidangan manis ini dijadikan sebagai makanan khas di bulan Ramadan. Rasanya yang manis memang menyegarkan dahaga kita setelah seharian berpuasa.

3. Es Blewah

Lagi-lagi makanan khas di bulan puasa berasal dari buah. Tekstur blewah yang renyah dan mengandung banyak air menjadikan buah ini pas banget kalau dijadikan makanan khas di bulan Ramadan. Pakai blewah dengan dicampur sirup aja udah nikmat. Apalagi kalau ditambah buah-buah yang lain ya?

4. Timun Suri

Nah, bisa jadi buah ini adalah buah yang cukup aneh. Pasalnya buah ini memang hanya ada saat bulan Ramadan tiba. Makanya pas banget kalau buah ini dijadikan hidangan khas di bulan puasa. Biasanya timun suri dijadikan semacam es buah gitu. Ada yang pernah coba?

5. Kolang-kaling

Sebenarnya kolang-kaling gak hanya ada saat bulan puasa aja kok. Kolang-kaling yang berasal dari biji pohon aren ini memang lebih familiar saat Ramadan tiba. Kolang-kaling biasanya dijadikan pelengkap untuk es buah yang segar. Namun kadang ada juga yang menyajikan kolang-kaling sebagai manisan. Sama-sama enak kok.

6. Kicak

Makanan ini berasal dari kalangan Keraton Yogyakarta. Makanan ini bisa ditemukan di kawasan Kauman saat Ramadan tiba. Terbuat dari beras ketan yang dikukus kemudian dihaluskan dan diberikan potongan nangka dan parutan kelapa ini memang ditunggu-tunggu oleh umat muslim di Yogyakarta dan sekitar.

7. Pakat

Makanan yang berasal dari Tapanuli ini memang lebih sering muncul saat Ramadan tiba. Makanan yang terbuat dari rotan ini memang hanya bisa ditemukan di Kota Medan selama Ramadan.

8. Bangka Kopyor

Kuliner yang berasal dari Gresik, Jawa Timur ini memang sering dipilih menjadi hidangan berbuka puasa. Bangka Kopyor sendiri merupakan akronim dari bubur nangka dan kelapa kopyor ini menjadi pilihan masyarakat Gresik untuk berbuka puasa.

9. Bubur Kampiun

Makanan khas di bulan puasa ini datang dari tanah Minang. Hidangan bubur ini terdiri dari beberapa komponen, yaitu bubur sumsum, kolak pisang atau ubi, bubur ketan hitam, bubur kacang hijau dan candil. Makan bubur kampiun saat berbuka puasa dijamin kenyang sampai malam kok.

Nah, itulah tadi makanan khas di bulan puasa yang biasanya menemani waktu berbuka. Berbuka puasa memang disarankan untuk menyantap makanan atau minuman yang manis. Namun jangan lupa, tetap jaga kandungan gula darah ya. Gak mau sakit saat ibadah kan? Jangan sampai deh.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Atik Kencana S.
"Semper Fi"
0SHARES