Makanan Ini Sebaiknya Dihindari Saat Sahur Biar Puasa Tetap Lancar

pixabay.com

Saat Ramadan tiba, kamu pasti menyambutnya dengan suka cita. Apalagi jika bisa menyantap sahur dan berbuka puasa bersama keluarga yang lengkap di rumah. Selain itu, saat berpuasa sering kali kamu mengidam-idamkan untuk bisa menikmati makanan tertentu untuk sahur dan buka puasa. Apalagi jika menu itu adalah makanan favorit yang dijamin keenakannya.

Meski demikian, kamu tetap harus pintar-pintar mengatur pola makan yang sehat selama berpuasa. Jangan sampai hanya karena nafsu sesaat ingin menikmati makanan tertentu saat buka puasa dan sahur, puasamu jadi terganggu. Terutama, jika kamu salah memilih menu saat makan sahur. Hal itu bisa membuat puasa kamu jadi enggak lancar seharian.

Lantas, makanan apa yang sebaiknya dihindari saat sahur? Demi ibadah yang tetap lancar dan tak mengganggu kesehatan, simak daftarnya di bawah ini.

1. Sambal

pixabay.com

Sebaiknya menghindari makanan pedas seperti sambal saat sahur. Sebab, menu pedas berpotensi menyebabkan berbagai maslaah di perut. Salah satunya sakit perut yang berujung diare. Saat diare, kamu dehidrasi dan tubuh jadi kekurangan cairan. Padahal, saat berpuasa tubuh sedang dalam kondisi kurang cairan. Ditambah diare bakal dobel dehidrasinya. Hal itu sangat berbahaya bagi kesehatan.

2. Kopi

pixabay.com

Buat pencinta kopi, sebaiknya hindari dulu minuman ini saat sahur. Salah satu alasannya adalah karena sifat kopi yang laksatif. Kamu mungkin menyadari frekuensi ke toilet jadi bertambah setelah mengonsumsi kopi. Ada kandungan dalam kopi yang menstimulasi kerja usus besar dan membuang sisa pencernaan lebih cepat.

Selain itu, sifat asam pada kopi dapat mengganggu kenyamanan perut. Chlorogenic acid dapat memicu naiknya kadar keasaman perut serta meningkatkan produksi asam lambung.

3. Junk food

www.pexels.com

Makanan cepat saji seperti keripik hingga mi instan memang kurang bernutrisi dan sebaiknya tidak dikonsumsi saat sahur. Kamu tidak akan memiliki energi yang cukup selama puasa. Sebaliknya, ketika memakan makanan yang cukup nutrisi, kamu akan merasa lebih kenyang dan tidak harus makan dengan porsi yang besar. Selain itu, junk food identik dengan penyedap rasa (MSG) dengan kadar tinggi, natrium, dan minyak berlebih yang kurang baik untuk kesehatan.

4. Roti dan susu
pixabay.com

Sahur merupakan hal penting dilakukan sebagai sumber energi selama berpuasa seharian. Kamu dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dengan karbohidrat yang cukup seperti beras merah, oat, hingga gandum. Karena itu, sebaiknya menghindari makanan berkarbohidrat sederhana seperti susu, roti, dan kue yang tidak memiliki cadangan energi dalam waktu panjang.

5. Gulai
pixabay.com

Gulai menjadi salah satu makanan yang sering dihidangkan saat Ramadan. Ternyata, sebaiknya kamu menghindari mengonsumsi gulai saat sahur. Gulai mengandung santan yang akan membuat tenggorokan gatal. Tak hanya itu, lemak yang terkandung di dalam gulai juga akan menyebabkan kolesterol. Makanan tinggi lemak juga dapat menghambat dan memperlambat proses pengosongan perut sehingga memperburuk gejala sembelit.

6. Donat dan makanan manis lainnya

pixabay.com

Makanan seperti donat, es krim, permen, kue kering, soda, dan minuman dengan pemanis buatan sebaiknya dihindari saat sahur. Makanan tinggi gula akan meningkatkan asam dalam tubuh. Selain itu, konsumsi gula berlebih bisa membuat kamu cepat lapar dan badan terasa lemas. Karena itu, kamu dianjurkan untuk makan buah segar saat sahur. Buah mengandung gula alami yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu juga mengandung serat yang dibutuhkan serta menjaga perut tetap kenyang selama berpuasa.

7. Jengkol

upload.wikimedia.org

Jengkol sebaiknya juga dihindari untuk disantap saat sahur. Selain menyebabkan bau mulut tak sedap yang mengganggu, jengkol adalah bahan makanan yang bersifat diuretik. Sifat ini akan mebuat kadar urin meningkat yang akan berujung pada kurangnya cairan di dalam tubuh.

Memang tak ada salahnya jika ingin menyantap makanan favorit saat sahur dan berbuka puasa. Namun, kamu tetap harus memilih asupan terbaik untuk tubuh sehingga tidak mengganggu puasamu. Tetap makan menu sehat dan seimbang, serta perbanyak air putih dan buah-buahan agar puasamu tetap lancar sampai hari kemenangan.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
15 Film Disney Terbaik yang Ceritanya Tak Lekang oleh Waktu | Keepo.me

15 Film Disney Terbaik yang Ceritanya Tak Lekang oleh Waktu | Keepo.me

Inspirasi OOTD Anti Ribet dari Sejumlah Selebriti Tanah Air yang Berhijab

Inspirasi OOTD Anti Ribet dari Sejumlah Selebriti Tanah Air yang Berhijab

Cara Mengubah Bahasa di Laptop Windows Agar Tak Bingung Lagi | Keepo.me

Cara Mengubah Bahasa di Laptop Windows Agar Tak Bingung Lagi | Keepo.me

Pastikan Kulit Bebas Daki Selama Puasa dengan Memakai DIY Body Scrub Ini

Pastikan Kulit Bebas Daki Selama Puasa dengan Memakai DIY Body Scrub Ini

Miris! Terpaksa Curi Sawit untuk Beli Beras, Ibu 3 Anak Diadili karena Rugikan PTPN Rp76.500 | Keepo.me

Miris! Terpaksa Curi Sawit untuk Beli Beras, Ibu 3 Anak Diadili karena Rugikan PTPN Rp76.500 | Keepo.me

Resep Rahasia Tumisan Ala Restoran Mahal untuk Menu Buka Puasa

Resep Rahasia Tumisan Ala Restoran Mahal untuk Menu Buka Puasa

loading