Machu Picchu, Misteri Kota Peradaban Inka yang Hilang dan Berlapis Emas

23 April 2017
|Monica Petra
0SHARES

Apa kamu pernah mendengar nama 'Machu Picchu'? Machu Picchu berarti Gunung Tua dan dalam bahasa Quechua sering disebut sebagai 'Kota Inka yang hilang.' Kota ini dibangun pada tahun 1450 dan terletak pada ketinggian 2.400 meter di atas permukaan air laut. 

Bisa bayangkan kalau Machu Picchu ini udah kayak negeri di atas awan. Karena letaknya yang tersembunyi membuat kota ini nggak tersentuh oleh kolonialis. Tapi itu juga yang membuat Machu Picchu nggak mengalami kehancuran. Sekarang, tempat ini menjadi tujuan wisata dan terbuka untuk umum. Nah, lebih jauh YuKepo akan coba bahas sedikit tentang Machu Picchu. Langsung aja yuk kita bahas. 

Machu Picchu terletak di atas lembah Urubamba, Pegunungan Andes, Peru adalah kota yang berlapis emas. Kota ini konon adalah simbol Kerajaan Inka dan dibangun dengan gaya Inka kuno. Memiliki 3 bangunan utama yaitu Intihuatana, Ruangan Tiga Jendela dan Kuil Matahari. Ketiganya disebut sebagai distrik sakral Machu Picchu. 

Para ahli belum menemukan alasan yang jelas, mengapa Bangsa Inka meninggalkan Machu Picchu di tengah masa kejayaannya. Diduga karena wabah cacar dan lebih dari 50% penduduknya meninggal pada tahun 1527. Kemudian pemerintah Inka jatuh dan menyebabkan perang saudara. Ketika Spanyol datang ke ibukota Inka, Cuzco di tahun 1532, Machu Picchu telah berubah menjadi kota hantu. 

Machu Picchu ditemukan oleh seorang profesor dari Universitas Yale, Amerika bernama Hiram Bingham pada tanggal 24 Juli 1911. Tapi sebenarnya, Hiram bukan yang pertama menemukan situs ini. Sebelumnya, Enrique Palma, Agustin Lizzaraga, dan Gabino Sanchez disebut-sebut telah lebih dulu menemukannya. Mereka mengukir nama mereka pada salah satu dinding batu karang. Namun yang mengumumkannya pada dunia adalah Hiram Bingham.

Ketika Hiram Bingham menemukan Machu Picchu, tempat ini sangat tersembunyi dan tertutup oleh lebatnya tumbuh-tumbuhan di sekitarnya. Bingham berkata bahwa, "Menemukan Machu Picchu sama halnya dengan menemukan peradaban baru di muka bumi ini." 

Banyak teori dan pendapat yang memperdebatkan mengapa Machu Picchu dibangun di tempat yang tinggi dan apa itu sebenarnya Machu Picchu. Ada yang mengatakan bahwa Machu Picchu dibangun sebagai tempat tinggalnya Kaisar Inka Pachacuti. Ada pula yang mengungkapkan Machu Picchu dibangun untuk mempelajari astronomi, serta ada pendapat yang mengatakan Machu Picchu adalah tempat pemujaan para dewa suci.

Terlepas dari itu semua, peninggalan ini menggambarkan adanya peradaban yang luar biasa. Karena sebenarnya tidak memungkinkan untuk mendirikan bangunan di atas kemiringan lembah. Bagaimana Bangsa Inka membangun Machu Picchu dengan memindahkan batu-batu super besar ke atas Pegunungan Andes masih menjadi teka-teki. Apalagi mereka tidak mengenal gerobak. 

Bagaimana menurutmu kisah tentang Machu Picchu di atas? Sangat menarik tentunya kan? Memang masih banyak misteri yang ada di dunia. Meski bukan fenomena alam dan merupakan peradaban yang dibangun oleh manusia, tetap menyisakan beragam tanda tanya. Hal ini menjadi tanda bahwa manusia memang dilengkapi dengan akal pikiran yang luar biasa. Mungkin tidak segala hal di dunia ini dapat kita temukan jawabannya dan terkadang membiarkan segala sesuatu tetap menjadi misteri adalah jauh lebih baik. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Monica Petra
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES