Lulus Jurusan Komunikasi Bingung Mau Jadi Apa? Ini Prospek Kerja yang Menguntungkan

17 Januari 2018
|Chandra W.

Untuk kamu yang sedang kuliah di Jurusan Komunikasi dan berpikir-pikir, “Nanti setelah lulus kerja di mana ya? Jadi apa ya?” atau yang sebentar lagi lulus SMA dan ingin masuk Komunikasi tapi masih ragu karena belum tahu prospek kerjanya seperti apa, pas banget nih membaca artikel ini. YuKepo telah merangkum pekerjaan yang cocok untuk lulusan Komunikasi.

Biasanya di kampus konsentrasi Jurusan Ilmu Komunikasi dibagi menjadi dua: Jurnalistik dan Public Relation (PR). Lalu setelah lulus cocoknya jadi apa?

1. Broadcaster: produser & sutradara

Beberapa universitas di Indonesia juga menyediakan konsentrasi Broadcasting sebagai salah satu pilihan bagi mahasiswanya. Seringkali juga dilengkapi dengan ‘Laboratorium Broadcasting’ seperti sebuah studio lengkap dengan peralatan siar radio atau televisi. Di sini mahasiswa belajar tentang produksi konten audio-visual. Lulus dari sini kamu bisa menjadi produser yang memproduksi sebuah event atau film. Bisa juga sutradara yang mengubah skenario menjadi cerita yang benar-benar nyata lewat aktor yang bermain peran. 

2. Fotografer

Karena diajari berbagai ilmu tentang seluk beluk media, sarjana komunikasi juga biasanya berbekal kemampuan mumpuni dalam bidang fotografi. Tekuni benar-benar karena ini bisa menjadi profesi yang menghasilkan. Kamu bisa jadi fotografer jurnalistik yang foto-fotonya menghiasi harian surat kabar terkemuka nasional. Biarkan fotomu mengubah pandangan orang-orang tentang ketidakadilan yang merebak di mana-mana. 

3. Wartawan

Meskipun lowongan kerja wartawan seringkali dibuka untuk semua jurusan, kamu yang kuliah di jurusan komunikasi bisa dibilang selangkah lebih maju apalagi jika mengambil konsentrasi jurnalistik. Sebab kuliahmu sudah membahas tentang karakteristik artikel yang baik, bagaimana cara menyampaikan cerita agar bisa sampai dengan tepat di pembaca atau pendengar atau penontonnya. Kamu juga pasti sudah dibekali teknik-teknik meliput termasuk wawancara kepada narasumber. Jadi ibaratnya perusahaan nggak perlu training kamu dari dasar banget.

4. Penulis

Namanya mahasiswa Komunikasi pasti tugasnya seabrek dan semuanya butuh kata-kata. Jadi hampir pasti menulis sudah menjadi kebiasaan. Nah kamu bisa nih menulis artikel untuk media, menulis esai, bahkan menulis cerita-cerita untuk dibukukan. Atau kamu juga bisa menjajal dunia film dengan menulis skenario.

5. Editor

Anak komunikasi biasanya peka dan paling anti kalau melihat tulisan yang paragrafnya kurang padu, kalimatnya kurang efektif atau banyak typo-nya. Nah kalau kamu memenuhi satu sampai tiga dari tiga kriteria tersebut, kamu cocok jadi editor. Editor menyunting artikel, naskah, tulisan bergenre apa saja sesuai tempatnya bekerja agar artikel dapat lebih mengena di mata pembaca. Di dunia kepenulisan, editor ini penting banget lho. Dari media online, cetak, sampai penerbit buku juga butuh editor.

 

6. Penyiar radio / announcer / presenter

Namanya anak komunikasi, pasti diharapkan pandai berbicara di depan muka umum dong. Otak selalu kreatif untuk menciptakan bahasan baru. Makanya anak komunikasi bisa banget bekerja sebagai penyiar radio atau announcer atau presenter acara TV. Jadi penyiar radio dan presenter nggak mudah lho. Perlu improvisasi pada banyak momen. Kan nggak lucu kalau jadi garing atau kaku bahasannya. 

7. Public Relation Officer / Hubungan Masyarakat

Nah untuk kamu anak jurusan Komunikasi yang mengambil konsentrasi Public Relation bisa nih bekerja sebagai penyambung lidah perusahaan/instansi pemerintah untuk masyarakat. Menyambungkan pemikiran instansi dengan masyarakat bukan hal yang mudah sehingga orang yang dapat menjalani pekerjaan ini haruslah pandai berkomunikasi. PR Officer juga biasanya banyak berhubungan dengan media massa terkait publikasi event suatu perusahaan.

Selain tujuh pekerjaan di atas, lulusan Komunikasi juga banyak yang berkecimpung di dunia periklanan, event organizer dan marketing. Gimana, udah nggak bingung kan mau jadi apa?

 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
SHARES