Liburan ke Luar Negeri tapi Paspor Kedaluwarsa? Perpanjang Dulu Dong. Syaratnya Mudah Kok!

21 Desember 2017
|Chandra W.
0SHARES

Liburan ke luar negeri sekarang udah jadi tren dan gaya hidup. Kayaknya belum hits gitu kalau di Instagram belum ada foto diri dengan latar bersalju atau bunga sakura berguguran atau daun-daun berwarna merah oranye yang sedang terjun bebas dari ranting-rantingnya.

Juga foto diri dengan latar belakang pantai eksotis yang sebenarnya banyak juga di Indonesia, tapi ini beda karena di luar negeri. Supaya terlihat global citizen gitu, lho. Tapi kalau pas mau melancong ternyata paspor udah kedaluwarsa, gimana dong? Ya perpanjang. Caranya?

Gaya udah internesyenel tapi mau perpanjang paspor aja bingung? Yakin nih udah global citizen? Sekarang kamu bisa lho perpanjang paspor yang masa berlakunya sudah habis hanya dengan membawa KTP elektronik dan paspor lama. Asal paspor lamamu ini dikeluarkan setelah tahun 2009. Jadi kalau paspor keluaran 2008 atau sebelumnya, nggak bisa ya. 

Ketentuan ini juga nggak berlaku untuk paspor yang dicetak di luar negeri, rusak, hilang, atau jika akan melakukan perubahan data. Tentunya dua syarat ini sangat memudahkan kita untuk memperpanjang masa berlaku paspor ya. Nggak harus seperti dulu yang kalau perpanjang, syaratnya sama dengan membuat paspor baru seperti membawa Kartu Keluarga, Akte Kelahiran, ijazah terakhir dan lain-lain. Dan ini berlaku di seluruh Kantor Imigrasi se-Indonesia.

Lalu bagaimana jika belum memiliki KTP elektronik? Kita tahu ada jutaan warga Indonesia yang belum memiliki KTP elektronik karena korupsi proyek oleh orang-orang tidak bertanggung jawab. Jika kamu salah satunya, kamu tetap bisa melakukan perpanjangan paspor dengan membawa surat keterangan telah melakukan rekam KTP elektronik dari petugas kecamatan setempat atau dari tempat asal rekam data KTP elektronik.

Setelah itu, kamu cukup mengambil nomor antrian melalui https://antrian.imigrasi.go.id. Nggak perlu menunggu lama-lama dan datang lalu mengambil nomor antrian secara manual. Simpel banget kan?

Coba cek paspor kamu sekarang. Masa berlakunya sampai kapan tuh? Kalau sudah mau habis atau bahkan sudah habis, buruan ambil KTP elektronik dan ambil nomor antrian di website tersebut di atas. Jangan sampai liburanmu tertunda akibat lupa perpanjangan paspor.  


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
0SHARES