Libur Lebaran Bingung Mau Ngapain? Lakukan 7 Latihan Sederhana Ini Untuk Tingkatkan IQ

01 Juni 2018
|Idham Nur Indrajaya
3SHARES

Kemampuan intelektual seseorang biasanya dilihat dari tingkat IQ yang bisa diperoleh melalui tes. Meskipun sebenarnya nilai IQ nggak bisa dijadikan patokan karena kecerdasan ada bermacam-macam jenis. Nilai ini pun sebenarnya bukan angka yang statis. IQ dapat berkurang dan juga dapat meningkat sejalan dengan beberapa faktor.

Saat ini, sudah tersedia berbagai kursus untuk meningkatkan kecerdasan seseorang yang salah satu hasilnya dapat dilihat dari kenaikan nilai IQ. Meskipun begitu, kursus mengisyaratkan biaya yang terkadang tidak murah lho. Padahal ada cara-cara sederhana bagi kita untuk meningkatkannya secara mandiri. Nah, di libur lebaran ini yuk kita gunakan waktu senggang kita untuk latih IQ dengan cara-cara sederhana ini.

1. Mengajarkan ilmu yang kamu tahu kepada orang lain

Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan otak kamu adalah dengan mengartikulasikan ilmu yang kamu pahami lewat kegiatan mengajar. Selain bisa meningkatkan daya pikir, daya ingat kamu pun akan terlatih lewat metode latihan ini. Cobalah untuk selalu menceritakan apa saja ilmu yang kamu dapatkan setelah selesai membaca artikel dalam majalah, buku, film, dan berbagai media informatif lainnya. 

2. Menulis

Sama seperti membaca, menulis pun bisa menjadi kegiatan yang mengasah kemampuan otak kamu. Bahasa tulis berbeda dengan bahasa lisan. Bahasa tulis harus bisa menyampaikan wacana melalui struktur bahasa yang tersusun dengan rapi. Jika kamu terbiasa bekerja dalam struktur bahasa yang terangkum dalam tulisan, niscaya kemampuan otak kamu pun akan meningkat seiring dengan berjalannya waktu. Cobalah untuk selalu menuliskan kembali apa saja ilmu yang kamu dapatkan dari berbagai hal. Kamu juga bisa membiasakan diri untuk menulis catatan harian karena studi membuktikan bahwa orang yang terbiasa menulis catatan harian sebelum tidur akan memiliki kemampuan otak yang lebih bagus dibanding orang yang tidak rajin menulis catatan harian.

3. Rajin berolahraga

Tubuh yang sehat akan menghasilkan jiwa yang sehat. Sepintar apapun kita, kalau misalnya kita tidak menyeimbangkannya dengan kesehatan fisik, kepintaran yang kita miliki tidak akan mampu terartikulasi dengan baik dalam kegiatan sehari-hari. Fisik yang kurang sehat pun akan membuat pikiran kita lebih sulit untuk fokus terhadap suatu hal.

4. Mendengarkan audiobook

Mendengarkan dan membaca adalah dua hal yang berbeda meskipun masih memiliki ciri yang sama, yaitu dilakukan untuk menyerap informasi. Bedanya, mendengarkan membutuhkan kemampuan fokus yang lebih tinggi ketimbang membaca. Jika kamu tiba-tiba tidak menangkap apa yang kamu baca, kamu bisa dengan mudah mengulang beberapa kalimat. Beda halnya dengan mendengarkan yang menuntut kita selalu fokus untuk memahami gagasan yang diungkapkan. Oleh karena itu, membiasakan untuk memperoleh informasi dari buku yang sudah berformat suara pun dapat membantu kamu meningkatkan fokus dan kemampuan berpikir.

5. Mengulas apa yang sudah kamu baca

Sekadar membaca saja sebenarnya tidak cukup untuk meningkatkan kemampuan berpikir kamu. Alangkah lebih baik jika kamu membiasakan diri untuk mengulas apa saja yang sudah kamu dapatkan dari kegiatan membaca. Kamu bisa menceritakan kembali gagasan yang kamu peroleh atau kamu juga bisa mencoba menganalisis konten-konten yang disajikan dalam suatu buku untuk melatih daya kritis kamu. Tidak harus buku kok, kamu juga bisa mencoba mengulas hal-hal lain seperti, musik, film, teater, dll.

6. Mempelajari bahasa baru

Kemampuan seseorang dalam berbahasa berbanding lurus dengan tingkat kecerdasannya. Oleh karena itu, mempelajari bahasa baru merupakan salah satu trik paling berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan otak kita.

7. Bermain video game

Jangan salah, meskipun bermain video game secara terus-menerus itu memang bisa membuat orang ketagihan dan malas beraktivitas, sebenarnya kegiatan ini merupakan salah satu trik sederhana untuk meningkatkan IQ. Dalam beberapa jenis game tertentu, para pemain dituntut untuk memecahkan suatu permasalahan yang menuntut kita untuk berpikir. Oleh karena itu, selama durasi bermainnya bisa dibatasi, sebenarnya bermain video game pun bisa meningkatkan kemampuan otak lho!

Itulah beberapa hal sederhana yang harus kamu lakukan untuk meningkatkan IQ, menguatkan fokus, dan mempertajam daya kreativitas. Latihan-latihan sederhana ini bisa banget kamu lakukan saat libur panjang lebaran ini. Agar saat kembali ke kantor atau sekolah, kamu bisa berpikir dengan lebih jernih.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Idham Nur Indrajaya
Gak Punya Quote Nih!
3SHARES