Liar Sih, Tapi 7 Tanaman Ini Khasiatnya Nggak Perlu Ditanyakan Lagi!

12 Februari 2017
|Arian Widya
299SHARES

Siapa sangka tanaman-tanaman liar yang tumbuh di halaman rumahmu, yang terkadang terlihat mengganggu ternyata punya khasiat yang luar biasa. Banyak orang yang mengabaikannya bahkan kemudian dipotong sekenanya agar tidak mengganggu pemandangan. Tapi coba gengs perhatikan manfaat 7 tanaman liar ini.

1. Jamur Kuping

Tanaman yang hidup menempel pada batang kayu mati atau tumbuhan yang lembab ini berbentuk mirip telinga manusia. Jamur kuping memiliki tekstur kenyal saat masih segar tetapi keras saat sudah kering. Walaupun tumbuh liar ternyata kandungan dan manfaat jamur kuping nggak bisa diremehin lho gengs. Mengandung karbohidrat, protein dan energinya sekitar 351 kal. Jamur ini bermanfaat untuk meredakan panas dalam, menghambat penggumpalan darah, mengatasi anemia dan yang hebat dia bisa menghambat pertumbuhan sel kanker lho. Keren ya gengs!

2. Putri Malu

Tanaman kecil berduri yang jika disentuh daunnya akan mengatup ini juga punya khasiat super lho gengs. Tumbuhan liar ini bisa mengatasi insomnia, obat bronchitis, menurunkan berat badan dan sebagai obat peradangan. Kece banget kan gengs!

3. Rumput Teki

Tumbuh liar dan sering dianggap gulma membuat tanaman ini lebih sering diabaikan khasiatnya. Padahal rumput teki menyimpan khasiat yang luar biasa di bagian umbinya. Umbi kecil yang memiliki bau khas ini bermanfaat menurunkan demam, memperbaiki siklus menstruasi, merangsang produksi ASI, serta mengobati kencing batu. Tuh, gengs jangan di basmi ya.

4. Tanaman Cakar Ayam

Tumbuhan liar ini tumbuh di daerah yang sejuk dan teduh, dinamakan cakar ayam karena bentuk daunnya yang mirip cakar ayam. Tapi jangan salah ya gengs walaupun tumbuh liar tanaman ini dapat dimanfaatkan semua bagiannya lho, dan khasiatnya pun tidak perlu diragukan lagi. Mengatasi radang paru-paru, obat saluran kencing, obat rematik dan mengatasi kanker paru-paru. Jadi jangan dibuang gitu aja ya gengs!

5. Ciplukan

Tanaman liar yang punya buah mirip belimbing ini sering sekali hanya di gunakan untuk mainan anak kecil. Tetapi ternyata tumbuhan yang bersifat analgetik ini sangat ampuh untuk menyembuhkan penyakit diabetes.

6. Bandotan

Tanaman ini merupakan gulma di area persawahan, tetapi walaupun gulma tumbuhan ini punya khasiat yang nggak bisa dianggap remeh lho gengs. Bandotan berfungsi untuk mengobati luka sayatan atau lecet, selain itu juga berfungsi sebagai obat mata dan obat sakit perut.

7. Ilalang

Tumbuh tinggi mengganggu pemandangan, memiliki daun yang runcing dan dapat melukai kulit jika bergesekan dan mengganggu pertumbuhan tanaman lain membuat banyak orang lebih memilih untuk memberantas tanaman ini. Tetapi ternyata akar ilalang punya khasiat hebat lho, selain mengobati sariawan dan panas dalam, dia juga mengobati demam, mimisan, kencing darah bahkan penyakit ginjal. Nggak nyangka kan gengs?

Nah, itu tadi tanaman yang sering dianggap mengganggu padahal punya khasiat hebat. Jadi gengs jangan asal pangkas ya, lihat dulu baik-baik siapa tau tanaman itu adalah tanaman super. Lumayan kan jadi bisa bikin obat sendiri deh.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Arian Widya
Gak Punya Quote Nih!
299SHARES