Lebih Enak Bekerja di Kantor atau Coworking Space? Cari Plus Minusnya Dulu Yuk

16 Mei 2018
|Chandra W.
406SHARES

Belakangan ini, banyak coworking space didirikan. Fungsinya kurang lebih seperti kantor, namun dengan desain yang tidak kaku dan berbeda dengan kantor yang identik dengan kekakuan. Karena itu coworking space cukup banyak diminati terutama untuk pekerja kreatif. Tapi, benarkah bekerja di coworking space sebegitu menyenangkan? Yuk kita bedah dulu plus minusnya!

1. Lingkungan kerja lebih kondusif

Ketika kamu bekerja di rumah, pasti akan ada banyak gangguan mulai dari godaan kasur sampai mengobrol dengan orang rumah. Sementara di kantor mungkin kamu akan lebih mudah merasa bosan. Lingkungan coworking space lebih fleksibel untuk diatur dan suasananya bisa diatur sedemikian rupa. Jika ingin bekerja sendiri, bisa memilih tempat bekerja untuk satu orang. Jika pekerjaan membutuhkan brainstorming dengan banyak orang, juga bisa memilih coworking space yang luas dan terbuka agar ide semakin lancar mengalir. 

2. Mendapatkan jaringan pertemanan baru

Satu coworking space bisa disewa oleh beberapa individu atau instansi berbeda sekaligus. Artinya, dalam satu ruang kamu bisa menemui pekerja dari berbagai bidang. Mulai dari desain, marketing, programming dan lain-lain. Bisa dong saling berinteraksi dan mempelajari ilmu, bertukar wawasan. Kan sekarang eranya kolaborasi. Rekan baru, proyek baru, bisa!

3. Fasilitas lengkap dengan harga relatif murah

Daripada membangun kantor sendiri dengan memperhitungkan biaya sewa tahunan, renovasi, listrik, furnitur, hingga biaya listrik dan fasilitas penunjang lain seperti ruang presentasi hingga printer dan telepon, mengapa tidak menyewa yang sudah menyediakan semua fasilitas itu tanpa harus repot-repot? Coworking space biasanya menawarkan paket sesuai yang dibutuhkan individu atau perusahaan. Jadi bisa menyesuaikan bujet juga. 

4. Mendapat coverage media lebih banyak dan dapat membangun relasi dengan komunitas

Pengelola coworking space sering mengadakan event-event komunitas yang mendapat liputan dari media. Jika beruntung, media-media tersebut juga meliput perusahaan atau individu yang bekerja di coworking space. Nah ini kesempatan untuk membuat nama perusahaan dikenal lebih banyak pihak.

5. Memiliki alamat kantor resmi meski tanpa bangunan fisik

Dengan layanan virtual office, seseorang tak perlu repot-repot menyewa atau membangun kantor. Cukup daftar saja di ssalah satu coworking space untuk mendapat alamat resmi. Citra perusahaan jadi kredibel, apalagi jika terletak di tengah kota. 

Sementara itu kekurangannya bisa jadi tempat terlalu nyaman sehingga malah menimbulkan rasa malas untuk bekerja. Ya itu tergantung kamunya sih. Jadi gimana, pilih kantor atau coworking space?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
406SHARES