Langkah yang Harus Diambil untuk Menjaga Keasrian Bumi

pixabay.com

Bumi yang semakin tua membuat kamu sebagai manusia berupaya untuk menjaga kelestariannya. Tanda global warming yang makin tampak jelas membuat banyak pihak memulai untuk bergerak.

Kampanye untuk menjaga bumi sudah sering diupayakan. Namun, belum banyak yang peduli pada kampanye go green dengan menanam pohon.

Padahal, sudah bukan rahasia lagi jika cuaca kini makin tidak bisa terprediksi selama 10 tahun terakhir. Hal ini menjadi alasan kenapa kamu harus peduli pada lahan terbuka hijau di sekitarmu.

1. Mengatasi efek rumah kaca

pixabay.com

Efek rumah kaca terjadi akibat dari naiknya konsentrasi gas ke udara. Tempat ini sendiri adalah sebuah istilah untuk menunjukan bahwa bumi saat ini selayaknya rumah kaca dan panas matahari terperangkap dalam rumah.

Rumah kaca membuat panas yang harusnya dipantulkan matahari ke permukaan bumi jadi diperangkap oleh gas di atmosfer. Hal ini yang mendasari mengapa disebut efek rumah kaca dan bumi jadi hangat dari tahun ke tahun. 

2. Membersihkan udara

pixabay.com

Sudah umum diketahui bahwa pepohonan dapat membantu membersihkan udara. Karena itulah saat berada di bawah pohon, udara yang terhirup olehmu terasa segar dan bersih.

Adanya pepohonan juga bisa jadi penyuplai oksigen untukmu. Fungsi penting lain adalah pohon mampu menghasilkan oksigen bagi 18 orang per tahun.

Coba bayangkan, menebang satu pohon sama artinya membunuh 18 orang per tahun. Tanpa pohon, mungkin kita akan mati karena keracunan gas polusi dan kekurangan oksigen.

3. Menyerap panas

pixabay.com

Adanya pohon mendinginkan udara. Idealnya, setiap jalan raya perlu memiliki jalur hijau di tengah atau di bagian pinggir jalan tersebut.

Selain sebagai penyaring udara dan penyerap karbon dioksida, jalur hijau pepohonan ini mampu mengurangi panas yang dirasakan para pengguna jalan. Menurut penelitian, jalur hijau mampu mengurangi panas sebanyak 5-10 derajat sehingga membuat jalanan terasa lebih nyaman dan lebih ramah untuk dilewati.

4. Hemat energi
pixabay.com

Dengan adanya pepohonan, kamu bisa menghemat energi listrik. Semakin banyak pohon, semakin asri. Kamu tidak perlu lagi menggunakan AC atau kipas angin. Tentu senang 'kan kalau bisa menghemat uang listrik.

Energi yang bisa diperbaharui bisa didapat dari banyaknya pohon. Misalnya adalah tanaman kaktus yang menjadi biogas. Tanaman algae ini dapat juga dijadikan energi listrik.

5. Mencegah abrasi
pixabay.com

Adanya pepohonan di pinggir pantai bisa mencegah abrasi. Pantai yang tidak memiliki pohon bakau, lama-kelamaan tepian pantainya akan tergerus oleh gelombang air laut. Hal ini jelas akan merusak garis pantai.

Proses ini bisa dicegah dengan penanaman pohon bakau di bibir pantai. Akar pohon ini akan menjadi pemecah gelombang sekaligus berfungsi menahan pasir di pinggir pantai. Selain itu, bakau atau mangrove ini bisa dijadikan tempat wisata.

6. Melindungi dari sinar UV

pixabay.com

Bahaya ultraviolet mengintai kesehatan. Tinggal di Indonesia yang merupakan negara tropis sepanjang tahun pasti mendapat sinar matahari yang lebih. Meski punya keuntungan tersendiri, risiko gangguan kesehatan juga mengintai.

Saat berjalan-jalan di bawah pepohonan, tentu hal itu dapat melindungi dari sinar UV. Kulit juga terhindar dari panasnya paparan sinar matahari yang memanggang kulit. Rimbunnya pepohonan akan mampu melindungi dari bahaya ini.

7. Sumber pangan

pixabay.com

Pepohonan juga bisa jadi sumber pangan. Banyaknya penelitian tentang pengaruh pohon pada kesehatan sudah banyak dilakukan.

Hasilnya membuktikan bahwa pepohonan memang membantu proses penyembuhan. Pada penderita sindrom Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD), pohon dipercaya bisa mengurangi gejalanya.

8. Bersosialisasi

pixabay.com

Untuk bersosialisasi, kamu butuh tempat. Misalkan taman dam mal. Bayangkan berapa banyak uang yang harus dikeluarkan jika bersosialisasi di mal dengan deretan kafe yang harganya menguras dompet.

Kalau bersosialisasi di taman, bisa jauh lebih murah! Juga bisa bawa makanan sendiri dari rumah. Taman menjadi tempat ternyaman dan terjangkau.

9. Habitat alami bagi flora dan fauna
pixabay.com

Bumi menjadi habitat asli floran dan fauna. Terlebih lagi di Indonesia yang kawasan hutannya masih luas dan rimbun. Jika lingkungan tidak dijaga, dalam hal ini adalah hutan, yang terjadi adalah kita kehilangan flora dan fauna khas.

10. Penyedia air alami
pixabay.com

Fungsi pohon salah satunya mengikat air pada humus tanah. Deretan pohon berfungsi sebagai pengatur aliran air yang alami dan ada di Bumi.

Melalui rimbunnya dedaunan, air hujan yang turun ke bumi tidak akan langsung mengenai tanah. Air akan mengalir melewati pohon terlebih dulu baru masuk ke tanah.

Sebagai makhluk yang bisa mengusahakan banyak hal, kamu juga perlu memikirkan timbal balik untuk merawat Bumi. Meski tanda pemanasan global sudah semakin nyata, tak ada salahnya untuk membuat keadaan jadi lebih baik.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Siasat Finansial untuk Biayai Kuliah dengan Uang Sendiri

Siasat Finansial untuk Biayai Kuliah dengan Uang Sendiri

Sontek Style Jisoo BLACKPINK untuk Daily OOTD

Sontek Style Jisoo BLACKPINK untuk Daily OOTD

Kerugian Menjalani Hubungan Friends with Benefit

Kerugian Menjalani Hubungan Friends with Benefit

Sudahi Kebiasaan Ini Agar Hidupmu Bisa Less Stress

Sudahi Kebiasaan Ini Agar Hidupmu Bisa Less Stress

Desain Interior yang Fresh untuk Bekal Renovasi Kamar Tidur

Desain Interior yang Fresh untuk Bekal Renovasi Kamar Tidur

Yang Harus Dipikirkan Sebelum Kembali ke Pelukan Mantan

Yang Harus Dipikirkan Sebelum Kembali ke Pelukan Mantan

loading