Langkah Mudah Cek Kualitas Air Minum di Rumah yang Dikonsumsi Setiap Hari

unsplash.com

Air minum adalah benda cair yang wajib diperhatikan kualitasnya. Jangan sampai minuman yang seharusnya menjadi sumber asupan kesehatan malah jadi sesuatu yang membawa dan mengandung racun. Untuk itulah kamu perlu melakukan pengecekan terhadap kualitas air minum yang dikonsumsi dan digunakan untuk mengolah makanan dan minuman di rumah.

Jangan sampai kamu selama ini memasukkan air yang sudah tercemar polusi dan mengandung racun ke dalam tubuh. Tak terlalu sulit, inilah adalah cara sederhana untuk cek kualitas air yang dikonsumsi setiap hari. 

1. Perhatikan warna air

timesofindia.indiatimes.com

Hal yang paling mudah untuk menentukan apakah kualitas air layak minum atau tidak adalah dari warnanya. Jangan hanya dilihat secara sekilas. Biarkan air mengalir selama beberapa menit, setelah itu ambil gelas dan masukkan ke dalam gelas. Pegang dan bawa gelas tersebut ke area dengan pencahayaan yang terang.

Jika air tersebut keruh, berwarna kuning bahkan coklat, kemungkinan pipa air berkarat dan ada polusi yang mencemari air. Tak menutup kemungkinan sumber air di tempatmu memiliki kualitas rendah. Biasanya air seperti itu berasal dari sungai atau waduk. 

2. Perhatikan adanya zat bahaya di dalam air

www.healthline.com

Selain dari warna, kamu juga masih perlu memastikan kualitas air dengan cara lain. Ambil segelas air dan letakkan di tempat yang terang. Perhatikan baik-baik apakah ada sesuatu yang berwarna merah, oranye, atau kecoklatan. Jika ada, biasanya disebabkan karena pipa yang berkarat atau rusak.

Jika ada partikel kecil berwarna hitam, artinya ada pipa sudah harus diganti. Jika air terlihat sangat keruh tanpa ada partikel berwarna lainnya, itu menandakan bahwa air tersebut mengandung banyak bahan kimia. 

3. Cium aroma

www.unitywater.com

Selain warna, aroma air juga menjadi tanda penting yang harus dicek untuk mengetahui kualitas air. Kamu harus benar-benar mencium aromanya dengan baik. Jika ada aroma pemutih, tandanya ada klorin yang ditambahkan ke air tersebut untuk memastikan keamanan air.

Jika air di rumah mengeluarkan aroma tanah dan apek, artinya ada benda organik yang mengendap dan membusuk di saluran air. Jika ada aroma seperti telur busuk, itu menandakan bahwa ada bakteri di dalam air.

Kamu bisa membiarkan dulu air tersebut di dalam wadah dan cium kembali setelah beberapa menit berselang. Jika baunya menghilang, artinya bakteri itu berasal dari saluran air. Jika baunya tak berubah, itu menunjukkan bahwa bakteri tersebut masih ada di dalam air. 

4. Icipi air untuk mengecek rasa
www.alignthoughts.com

Tak hanya dengan indera penglihatan dan penciuman, kamu juga butuh menggunakan indra perasa untuk mengetahui kualitas air. Minum sedikit tapi jangan langsung ditelan. Rasakan dulu di dalam mulut. Kalau rasanya nggak enak, kamu harus langsung mengeluarkannya.

Jika ada rasa logam, artinya tingkat pH di dalam air sangat rendah dan bisa jadi malah kelebihan mineral yang disebabkan oleh pipa berkarat. Jika yang kamu rasakan adalah sesuatu yang seperti pemutih, itu menandakan air tersebut mengandung bahan kimia. 

5. Periksa saluran air dan penampungan air
brightside.me

Jika sudah melakukan semua tes di atas, langkah terakhir untuk memastikan air minum di rumah aman adalah dengan memeriksa saluran air dan tempat penampungan. Periksa secara rutin untuk mengetahui jika ada yang sudah berkarat dan sesuatu yang menyangkut di dalamnya. Masalah pada pipa dan saluran air biasanya ditandai dengan munculnya bercak berwarna biru atau putih atau ada karat. 

Luangkan sedikit waktu buat mengetahui apakah air di rumah masih bagus dan sehat. Atau malah jangan-jangan malah mengandung zat beracun yang selama ini diabaikan. Jangan malas juga untuk memeriksa pipa air secara rutin, ya. Kesehatanmu yang jadi taruhannya.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Bahan Murah Meriah yang Mampu Usir Bau Tak Sedap di Rumah

Bahan Murah Meriah yang Mampu Usir Bau Tak Sedap di Rumah

Poin Esensial Soal Witch Hazel yang Terkandung di Banyak Produk Skincare

Poin Esensial Soal Witch Hazel yang Terkandung di Banyak Produk Skincare

Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Bercabang

Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Bercabang

Selain Kemeja, Jenis Atasan Ini Cocok Dipadukan dengan Rok Pensil

Selain Kemeja, Jenis Atasan Ini Cocok Dipadukan dengan Rok Pensil

Gaya Santai Shalom Razade yang Bisa Disontek Saat Malas Dandan

Gaya Santai Shalom Razade yang Bisa Disontek Saat Malas Dandan

Tips Ciamik untuk Styling OOTD Hitam Putih Agar Tak Terkesan Terlalu Biasa

Tips Ciamik untuk Styling OOTD Hitam Putih Agar Tak Terkesan Terlalu Biasa

loading