Langkah Finansial Bijak yang Harus Dilakukan Saat Dana Darurat Mulai Menipis

www.pexels.com

Di situasi yang terhimpit ini, kamu sudah berusaha untuk berhemat dan menekan pengeluaran supaya dana darurat tidak habis sebelum waktunya. Tapi sayang, sekeras apapun mencoba ternyata dana yang dimiliki sudah mendekati titik penghabisan.

Ingin segera mendapat penghasilan lagi, ternyata masih belum bisa mendapatkan pekerjaan baru. Situasi seperti itu pasti membuat kamu merasa sangat kesulitan. Daripada hanya uring-uringan, sedih dan mengurung diri, lebih baik lakukan langkah bijak ini untuk segera keluar dari masalah yang kamu alami.

Berikut ini adalah tips yang diberikan oleh financial planner untuk yang saat ini kehabisan atau hampir kehabisan dana darurat. Semoga bisa menjadi solusi bertahan tanoa harus berutang sana sini.

1. Cari akses untuk mendapatkan uang

www.pexels.com

Coba pikirkan apa yang kamu miliki untuk bisa mendapatkan uang. Kalau harus berutang, pastikan kamu bisa mendapatkan bunga yang paling ringan. Sebagai contoh, kamu bisa mencari pinjaman untuk modal usaha kecil. Kamu bisa cari tahu bank dan program pemerintah yang memberi pinjaman untuk modal usaha bagi UMKM. Biasanya bunga yang ditawarkan akan rendah dan dapat dicicil sembari mulai usaha. 

Dengan memilih memulai usaha, kamu tidak perlu bingung dan resah menanti berapa lama akan menjadi pengangguran. Jika hanya mengandalkan panggilan pekerjaan, tentu akan semakin cepat kehabisan uang. Tidak ada yang bisa menjamin dan tidak ada yang tahu kapan pastinya kamu akan mendapatkan pekerjaan baru. Daripada menanti, mengapa tidak membuat lapangan pekerjaan sendiri?

2. Lakukan negosiasi untuk membayar cicilan yang lebih rendah

www.pexels.com

Banyak orang yang kehabisan dana darurat. Bukan untuk memenuhi kebutuhan pokok, melainkan untuk membayar cicilan. Saat ada pemasukan, cicilan tersebut bisa dibayar dengan enteng. Ketika pemasukan Rp0, tentu mau tidak mau emergency fund yang dikorbankan. Kamu pasti tidak mungkin nunggak membayar cicilan kartu kredit karena akan berdampak buruk di masa depan. 

Hal yang sebaiknya dilakukan adalah melakukan negoisasi dengan pihak terkait. Kamu bisa meminta keringan dalam membayar cicilan hingga jangka waktu yang ditentukan. Kamu mungkin hanya membayar sebagian atau dengan mencari penawaran terbaik agar penggunaan dana daruratmu bisa ditekan sebaik mungkin. 

3. Membuat skala prioritas

www.pexels.com

Hal ini seharusnya sudah dilakukan sejak awal ketika akan menggunakan dana darurat. Jika sudah terlambat, kamu tetap harus segara membuatnya agar kondisi keuangan tidak semakin parah. Buat skala prioritas dengan menanyakan mana kebutuhan yang tidak bisa dilewatkan, yang bisa ditunda, bahkan yang tidak masalah jika tidak dipenuhi.

Misalnya saja, kamu harus mengutamakan untuk membeli makanan. Jika harus minum obat, siapkan juga dana untuk beli obat. Tinggalkan dulu hal-hal lainnya yang tidak akan membuat hidupmu terancam meski tidak memilikinya. 

4. Gunakan sebagian dana pensiun
www.pexels.com

Para ahli keuangan selalu menyarankan untuk membedakan antara dana pensiun dan dana darurat karena keduanya memang memiliki tujuan yang beda. Akan tetapi dalam kondisi yang terdesak ketika sudah kehabisan dana darurat dan pemasukan masih 0, kamu bisa 'meminjam' dana pensiun. Akan tetapi sangat disarankan untuk tidak menggunakan semuanya. Kamu bisa mengambil beberapa persen saja. 

5. Jangan pernah meminjam dana darurat
www.pexels.com

Di kemudian hari ketika kondisi keuangan sudah membaik dan sudah mulai menyiapkan dana darurat lagi, pastikan untuk tidak pernah meminjamnya untuk operasional dan kebutuhan yang tidak penting dan mendesak. Jangan sampai dengan mudahnya meminjam dulu, gajian bulan depan bakal diganti. Kebiasaan ini akan sangat berpengaruh terhadap kondisi dana darurat. Ingat, kamu tidak pernah tahu kapan akan terjadi momen darurat dan berapa lama akan terjadi. 

Itulah langkah bijak yang bisa ditempuh jika mulai kehabisan dana darurat. Jangan panik dan tetaplah berusaha sebaik mungkin. Kuncinya ada pada kepandaian kamu dalam membuat prioritas dan segera mungkin mendapatkan penghasilan. 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Terlalu Banyak Duit, Pria Tajir Ini Beli Masker Berlapis Emas | Keepo.me

Terlalu Banyak Duit, Pria Tajir Ini Beli Masker Berlapis Emas | Keepo.me

Kombinasi Warna untuk Mempermanis Desain Quotes Buatanmu

Kombinasi Warna untuk Mempermanis Desain Quotes Buatanmu

Adu Kualitas 5 Penyanyi Cilik Terbaik Indonesia | Keepo.me

Adu Kualitas 5 Penyanyi Cilik Terbaik Indonesia | Keepo.me

Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Diet Supaya Tubuh Nggak Kaget

Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Diet Supaya Tubuh Nggak Kaget

Depopulasi Dunia: Pesawat Semprot Zat Kimia Berupa Chemtrails di Angkasa (Project Cloverleaf)? | Keepo.me

Depopulasi Dunia: Pesawat Semprot Zat Kimia Berupa Chemtrails di Angkasa (Project Cloverleaf)? | Keepo.me

Tanda yang Menunjukkan Bahwa Kamu Belum Siap Menikah

Tanda yang Menunjukkan Bahwa Kamu Belum Siap Menikah

loading