Lakukan Hal Ini Agar Tak Diperbudak Pekerjaanmu Sendiri

www.pexels.com

Kerja lembur bagai kuda tapi tidak juga kaya raya. Malahan, kamu jadi budak dan pekerjaan adalah majikan. Hidup isinya cuma kerja. Nggak peduli pagi atau malam, isinya kerja terus.

Aktivitas yang dilakukan selalu berhubungan sama pekerjaan. Kegiatan sosialmu seperti hangout bersama teman dan bersenang-senang jadi terlupakan.

Loyalitas memang perlu. Kalau sampai memakan semua sisi kehidupanmu, lebih baik istirahat sejenak dari pekerjaan. Siapkan strategi ini agar pekerjaan dan personal bisa berjalan dengan seimbang. Berikut ini cara menyiasati tuntutan pekerjaan tapi tetap punya kehidupan sendiri.

1. Me Time

pixabay.com

Meluangkan waktu untuk diri sendiri itu penting. Buat aturan waktu yang tegas bagi diri sendiri agar bisa beristirahat. Misalkan tidak akan mengerjakan yang berbau pekerjaan di atas jam 7 malam. Pulang kantor maksimal jam 6 sore dan tidak membahas pekerjaan pada weekend.

Cara ini akan membuatmu punya waktu untuk fokus melakukan hal lain yang kamu sukai selepas bekerja. Menggiati hobi juga perlu fokus, 'kan? Kalau konsisten melakukan ini, bos dan rekan kerjamu akan secara perlahan memahami pola kerjamu.

Mereka juga akan menghargai usahamu untuk membagi waktu antara keperluan pribadi dan pekerjaan. Lumayan 'kan tak ditelpon lagi saat weekend untuk ngomongin kerjaan?

2. Prioritas kerja

pixabay.com

Mulailah membuat daftar prioritas pekerjaan agar tahu kapan menghentikan dan menambah kecepatan kerja. Bekerja tanpa punya prioritas itu bikin kamu nggak tahu ke mana langkah kaki melangkah.

Prioritas kerja ini penting. Mulailah untuk menulis apa saja pekerjaan yang paling penting untuk diselesaikan hari itu. Jangan lupa untuk tulis juga estimasi waktu berapa lama kamu bisa menyelesaikan pekerjaan tersebut.

3. Sukai pekerjaanmu

pixabay.com

Bekerja sesuai passion memang enak. Tetapi menyukai pekerjaan yang bukan passion itu juga penting. Menemukan pekerjaan yang sesuai panggilan hati atau menyukai pekerjaan yang dilakukan membuatmu tidak akan merasa diperbudak oleh pekerjaan.

Justru kamu akan bekerja dengan bahagia. Kerjaan bukan lagi kewajiban tetapi seperti melakukan hobi yang dibayar. Mulai sekarang, jangan terlalu terkungkung dengan omongan orang mengenai kerjaanmu. Bahkan sampai ragu dan takut untuk mengeksplorasi diri dari kerjaan yang sudah dilakukan.

4. Distraksi media sosial
pixabay.com

Menghindari distraksi saat bekerja bikin kamu jadi makin produktif. Tutup semua akun social media saat jam kerja itu membuat waktumu bisa dipakai semaksimal mungkin.

Terkadang kamu bukan kekurangan waktu untuk menyelesaikan pekerjaan, hanya saja kurang memanfaatkan dengan baik. Disiplinlah dalam menghindari distraksi.

5. Fokus
pixabay.com

Kebiasaan multitasking membuat kamu kadang tidak sadar tempat dan waktu. Ada saja jam istirahat tetap membuka email pekerjaan dan memikirkan deadline.

Padahal jam kerjamu sedang off. Kalau lagi kerja, silakan bekerja. Kalau jam kerja sudah usah, pikirkan hal lain yang sama sekali tak berhubungan dengan pekerjaan.

6. Menolak pekerjaan

pixabay.com

Kalau selama ini kamu adalah orang yang nggak enakan, kini saatnya belajar untuk bilang tidak. Apalagi kalau dipaksa menyelesaikan tugas kantor di waktu yang tidak lazim seperti weekend. Hari istirahatmu jadi terganggu. Quality time bersama teman dan keluarga jadi terganggu.

7. Beri self reward

pixabay.com

Supaya tidak diperbudak pekerjaan, buatlah satu aktivitas yang akan membuatmu senang. Misalnya mendedikasikan waktu setiap hari untuk bermain game, menonton drama, atau melakukan hal apapun yang disukai sebelum berangkat ke kantor.

Sisihkan waktu satu jam setelah bekerja untuk menyelesaikan stage game atau membaca beberapa bab novel yang sedang dibaca. Hal ini gunanya agar hidupmu lebih senang dan tidak merasa cepat stres.

Melakukan akivitas yang menyenangkan sama dengan memberikan dirimu rewards atau penghargaan setelah melakukan kerja. Memberi rewards dapat membuatmu lebih semangat menjalani hari di keesokan harinya.

Dalam bekerja, ada baiknya kalau kamu punya teman baik untuk berbagi suka duka di banyak kesempatan. Seseorang untuk berbagi cerita selama di kantor diperlukan sebagai support system.

Cari orang yang cocok dan asyik untuk diajak bertukar pikiran. Punya teman juga bisa dijadikan untuk memperluas jaringan.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Tak Boleh Asal, Ikuti Cara Kalibrasi Baterai Laptop Ini Agar Tak Salah Langkah | Keepo.me

Tak Boleh Asal, Ikuti Cara Kalibrasi Baterai Laptop Ini Agar Tak Salah Langkah | Keepo.me

Cara Halus Menolak Cinta Pria yang Menyatakan Cinta Padamu

Cara Halus Menolak Cinta Pria yang Menyatakan Cinta Padamu

11 Pilihan Makanan Kaleng Murah yang Tetap Kaya Akan Nutrisi | Keepo.me

11 Pilihan Makanan Kaleng Murah yang Tetap Kaya Akan Nutrisi | Keepo.me

Inspirasi Warna Rambut Bubblegum Pink yang Jadi Hits

Inspirasi Warna Rambut Bubblegum Pink yang Jadi Hits

Cara Isi ShopeePay yang Mudah, Biar Dapat Banyak Cashback! | Keepo.me

Cara Isi ShopeePay yang Mudah, Biar Dapat Banyak Cashback! | Keepo.me

Yuk Berguru dengan Selebriti Ini untuk Bohemian Style yang Ciamik

Yuk Berguru dengan Selebriti Ini untuk Bohemian Style yang Ciamik

loading