Lakukan 7 Hal Sederhana Ini Kalau Kamu Mau Jadi Orang yang Lebih Bahagia

imgur.com

Setiap orang menginginkan hidup yang bahagia, tapi nggak semua orang tahu bagaimana cara mewujudkannya. Padahal, bahagia mestinya nggak harus dicapai dengan cara yang muluk-muluk. Setiap hari kita bisa bahagia kok dengan melakukan hal-hal sederhana dan menjauhkan diri dari kebiasaaan yang merusak mood dan akhirnya merusak kebahagiaan kita.

Kira-kira seperti apa kebiasaan yang bisa dilakukan agar kita bisa menjalani kehidupan dengan bahagia setiap hari?

1. Membatasi diri untuk membaca berita-berita buruk di media

giphy.com

Era banjir informasi seperti saat ini membuat kita mau nggak mau selalu memeriksa berita terbaru untuk mengetahui apa yang baru terjadi. Takut ketinggalan info menjadi salah satu alasannya. Sayangnya nggak semua berita itu baik untuk dibaca. Banyak sekali ujaran kebencian bisa ditemukan di media massa. Menjauhkan diri dari ungkapan negatif yang ada di berita bisa bikin kita lebih positif karena nggak memikirkan hal yang nggak perlu.

2. Katakan 'tidak' jika kamu tidak menginginkannya. Buang jauh-jauh rasa nggak enak dengan yang lain

www.pinterest.com

Tuntutan untuk bersikap sopan dan kultur yang mengharuskan rasa 'pekewuh' atau nggak enak menolak ajakan dari orang lain seringkali bikin kita mengorbankan kepentingan dan waktu yang kita punya untuk membantu atau sekadar pergi dengan orang lain.

Coba deh lebih sering bilang 'enggak' ketika memang kamu nggak ingin menuruti keinginan orang lain. Pasti kamu akan lebih merdeka dan bahagia. Ingat, dirimu sendiri yang harusnya jadi prioritasmu. 

3. Mengikuti akun-akun media sosial yang berisi konten positif

giphy.com

Mustahil rasanya untuk sama sekali lepas dari media sosial saat ini. Semua yang kita inginkan, semua yang terjadi di seluruh dunia dapat diketahui dari media sosial. Tapi nggak jarang juga media sosial malah bikin stress. Nah, yang bikin stress itu di-unfollow aja. Ikuti akun-akun media sosial yang berisi konten positif. Dengan begitu, pikiranmu juga semakin positif dan bahagia.

4. Menonton serial bergenre komedi

nkayesel.wordpress.com

Siapa sih yang nggak suka menonton serial , dari lokal, Western sampai drama Korea? Ini memang cara yang sangat mudah untuk mengalihkan diri dari segala hal negatif yang sedang terjadi dalam hidup kita. Sayangnya kadang piihan kita justru bikin perasaan semakin miris dan sedih. Padahal, satu hal yang paling gampang bikin kita bahagia adalah konten humor. Mulai sekarang coba deh pilih serial bergenre komedi. Otak dan hati pasti lebih rileks, nggak tegang kayak tali jemuran.

5. Banyak bergerak, nggak ngendon mulu di kamar
www.pinterest.com

Sudah terbukti bahwa aktivitas fisik bisa bikin tubuh memproduksi senyawa-senyawa dari otak yang bikin bahagia. Kabar baiknya, nggak perlu susah-susah nge-gym atau olahraga yang berat-berat. Jalan kaki 30 menit sehari di kompleks sekitar udah cukup kok daripada kamu di kamar terus. Badan juga butuh penyegaran lho. Selain itu, melihat dunia luar juga bikin kamu sadar bahwa hidup nggak gitu-gitu aja.

6. Ikuti kegiatan yang sesuai dengan isu yang kamu pedulikan
esn.org

Kamu sedih banget melihat hiu yang dipotong siripnya lalu dikembalikan ke laut dan sedih melihat orangutan kehilangan habitatnya karena hutan dibabat untuk kebun sawit? Kamu bisa volunteer di organisasi non-profit yang bergerak di bidang lingkungan, misalnya WWF dan Greenpeace. Kesal melihat perempuan dan anak dilecehkan oleh orang-orang terdekatnya? Ikut volunteer di organisasi yang bergerak di isu perempuan. Kekecewaanmu atas ketidakadilan di dunia ini bisa berkurang jika kamu ikut berkontribusi menanggulangi hal-hal itu terjadi.

7. Memberi batasan terhadap diri sendiri

www.laughinggif.com

Salah satu contoh yang paling mudah ditemukan adalah di keluarga. Seringkali kita seolah kehilangan kendali dan nggak punya privasi saat mengobrol dengan keluarga, khususnya pada topik sensitif seperti kapan menikah, kapan lulus, mau milih siapa di Pilkada dan lain-lain. Nah yang kayak gini benar-benar bikin stress kan. Mau nggak jawab, nggak sopan. Mau ngobrol udah malas duluan. Biar tetap bahagia, kamu boleh memilih untuk nggak menjawab atau menolak menjawab pertanyaan-pertanyaan sensitif sejak awal. Bisa juga kasih jawaban yang bercandaan, habis itu jelaskan bahwa kamu nggak ingin membicarakan hal tersebut.

Mudah bukan? Coba terapkan yuk mulai sekarang agar hidup lebih bahagia. 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
7 Tipe Orang yang Bisa Jadi Racun di Hidupmu. Jauh-jauh Deh Mulai Sekarang

7 Tipe Orang yang Bisa Jadi Racun di Hidupmu. Jauh-jauh Deh Mulai Sekarang

Kerja Terus Menerus Sampai Meninggal, Inilah Fakta Tentang Karoshi di Jepang

Kerja Terus Menerus Sampai Meninggal, Inilah Fakta Tentang Karoshi di Jepang

Ditolak di Beberapa Sekolah Karena Buta, Srikanth Bolla Kuliah di MIT dan Sukses

Ditolak di Beberapa Sekolah Karena Buta, Srikanth Bolla Kuliah di MIT dan Sukses

Tipe-tipe Cowok Saat Sedang Menunggu Ceweknya Belanja, Kamu Tipe yang Mana?

Tipe-tipe Cowok Saat Sedang Menunggu Ceweknya Belanja, Kamu Tipe yang Mana?

7 Alasan Mengapa Sahabat Bisa Menjadi Pacar Sempurna

7 Alasan Mengapa Sahabat Bisa Menjadi Pacar Sempurna

7 Jenis Usaha dengan Modal di Bawah 1 Juta. Bisa Kamu Coba Nih!

7 Jenis Usaha dengan Modal di Bawah 1 Juta. Bisa Kamu Coba Nih!

loading