Kudapan yang Bisa Dongkrak Mood Jadi Lebih Baik

pexels.com

Memiliki segudang aktvitas setiap harinya terkadang membuat seorang jadi jenuh dan bad mood sendiri. Apalagi kalau harus dihadapkan dengan beragam persoalan yang nggak ada habisnya. Kalau sudah nggak mood lagi, lantas kita bisa apa?

Jangan salah, ternyata bad mood bisa dilawan dengan makanan. Beberapa kudapan memang memiliki kandungan gizi yang selain menyehatkan sekaligus bikin mood jadi membaik.

Mengembalikan mood memang nggak semudah membalikan telapak tangan. Dengan asupan kudapan ini, dijamin mood akan balik jadi lebih baik lagi. Tak hanya itu, kulit jadi lebih indah dan badan terasa amat bugar.

1. Ikan salmon

pexels.com

Ikan yang satu ini terkenal memiliki kandungan sumber asam lemak omega 3 tinggi yang dapat meningkatkan suasana hati. Kamu juga harus tahu, selain memiliki kandungan asam lemak baik, salmon juga baik untuk kesehatan jantung dan kulit. 

Sebuah studi mengamati tentang konsumsi ikan dan kaitan dengan depresi. Ternyata mengonsumsi ikan ini dapat membuat  seseorang memiliki tingkat depresi rendah dan tidak mudah stres.

2. Sayuran hijau dan alpukat

pexels.com

Mengonsumsi sayuran dan buah hijau seperti bayam dan alpukat berkaitan dengan mood. Pasalnya, baik buah maupun sayuran hijau itu memiliki kandungan vitamin B folat yang tinggi.

Hal ini berdampak pada produksi hormon serotonin dan dopamine yang berkaitan dengan munculnya perasaan bahagia yang sangat penting untuk suasana hati. Sayuran seperti bayam, edamame, okra, lobak, brokoli, dan buah-buahan seperti alpukat dapat membuat mood membaik dan memberikan ketenangan dalam berpikir.

3. Pisang sebagai makanan serba guna dan bisa

pexels.com

Pisang memiliki kandungan kalium yang tinggi dan kandungan natrium yang cenderung rendah. Hal ini berdampak positif pada suasana hati. Satu buah pisang mengandung setidaknya 450 mg potassium yang bermanfaat untuk meringankan rasa nyeri akibat haid.

Nggak cuma itu, pisang juga memiliki kandungan vitamin B6 yang dapat membantu tubuh menghasilkan hormon serotonin yang memicu perasaan bahagia. Pisang dinilai fleksibel untuk dijadikan beragam menu makanan. Bisa dikonsumsi langsung atau mengolahnya sebagaii jus dan pendamping menu lainnya.

4. Nasi merah, gandum, dan biji-bijian utuh
pexels.com

Beralihlah dari konsumsi gula dan makanan berkarbohidrat tinggi ke nasi merah, gandum, dan biji-bijian utuh. Selain dapat membuat tubuh menjadi kenyang lebih lama, beberapa jenis makanan tersebut memiliki kandungan vitamin B6 tinggi yang juga penting untuk kesehatan otak.

Vitamin B6 yang terkandung dalam jenis makanan tersebut dapat mengubah asam amino menjadi serotonin. Selain itu, ada vitamin B1 yang bermanfaat untuk mengubah glukosa menjadi energi.

5. Cokelat
pexels.com

Memperbaiki mood memang tepat dengan memakan cokelat. Camilan terkenal memiliki kandungan fenethylamine yang dapat memicu pelepasan hormon serotonin, endorphin, dan dopamin yang bikin seseorang seperti jatuh cinta setiap hari.

Sayangnya, cokelat biasa dipandang memiliki efek yang buruk terhadap berat badan. Sepertinya kamu harus tahu lebih dulu bahwa mengonsumsi cokelat nggak akan bikin gemuk. Selama yang dikonsumsi itu berjenis dark chocolate tanpa bahan campuran susu, krim, dan bahan yang dapat memicu kenaikan berat badan lainnya.

6. Buah beri

unsplash.com

Sudah ada banyak produk kemasan yang menggunakan bahan dasar buah beri sebagai bahan utama dan perasanya. Buah beri seperti bluberi juga memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi yang dapat memicu perasaan bahagia. Selain itu, buah beri kaya akan flavonoid yang menurut para peneliti juga membantu tubuh melepaskan hormon kebahagiaan dan memperbaiki suasana hati.

7. Telur

pexels.com

Kalau suka berjemur di bawah sinar matahari pagi untuk mendapatkan kulit yang sehat karena vitamin D, kamu nggak perlu pusing lagi jika tak sempat. Kamu tinggal mengonsumsi telur saja yang memiliki kandungan vitamin D yang tinggi.

Vitamin ini nggak cuma berguna untuk kecantikan kulit, tapi juga meningkatkan hormon serotonin. Makanan ini juga dapat menekan risiko orang dewasa yang stres dan depresi.

Ternyata, beberapa makanan yang sering didapati di banyak tempat memiliki beragam manfaat yang nggak cuma membuat tubuh menjadi sehat. Efek yang dirasa setelah menyantapnya juga baik untuk mood dan menekan risiko depresi.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
19 Cara Mengatasi WiFi Lemot di Laptop, Android, dan Indihome | Keepo.me

19 Cara Mengatasi WiFi Lemot di Laptop, Android, dan Indihome | Keepo.me

Atasi Rasa Takut Saat Nonton Film Horor, Besarkan Nyalimu!

Atasi Rasa Takut Saat Nonton Film Horor, Besarkan Nyalimu!

Sering Diabaikan, Manfaat Buah Salak Ini Ternyata Nggak Kalah Magic | Keepo.me

Sering Diabaikan, Manfaat Buah Salak Ini Ternyata Nggak Kalah Magic | Keepo.me

Walau Sedang Depresi, Hal Simpel Ini Bikin Harimu Jauh dari Gloomy

Walau Sedang Depresi, Hal Simpel Ini Bikin Harimu Jauh dari Gloomy

Cara Merawat Hamster yang Baik, Agar Si Bulu Gemas Bisa Hidup Lama | Keepo.me

Cara Merawat Hamster yang Baik, Agar Si Bulu Gemas Bisa Hidup Lama | Keepo.me

Bahagia dari Kesederhanaan: Ilustrasi Kehidupan Pernikahan Ini Bakal Bikin Baper

Bahagia dari Kesederhanaan: Ilustrasi Kehidupan Pernikahan Ini Bakal Bikin Baper

loading