Kocak! Gini Nih 9 Tipe Mahasiswa dari Caranya Titip Absen, Kamu yang Mana?

23 November 2017
|Reza Pratama
2.7 KSHARES

Mungkin para mahasiswa sudah tak asing dengan istilah TA atau tipsen. Tipsen atau TA sendiri merupakan singkatan dari “titip absen”. Berbicara soal titip absen, mungkin hampir semua mahasiswa pernah yang namanya tipsen. Banyak berbagai macam alasan kenapa mahasiswa dengan sengaja titip absen ke temannya. Bisa karena mager ke kampus, karena dosennya ngebosenin, bisa juga karena urusan lain yang gak penting. Karena peraturan kuliah tak seketat zaman sekolah, maka tak heran jika banyak mahasiswa yang menitip absen. 

Fenomena TA atau titip absen memang sesuatu hal yang lumrah di kalangan mahasiswa. Meski raganya tidak ada di dalam kelas, namun parafnya tertera di absen adalah hal yang sudah sering terjadi. Yang menjadi masalah adalah ketika mahasiswa tersebut tipsen terus menerus dan gak tahu diri. Tak jarang juga aksi curang ini ketahuan oleh dosen yang secara tak terduga mengabsen satu persatu mahasiswa yang hadir. Jika parafnya tertera di buku absen, namun orangnya tak ada di dalam kelas, siap-siap saja ngulang mata kuliah tersebut di semester berikutnya. 

Resiko TA atau tipsen memang besar, terlebih lagi untuk dosen yang memang dikenal tegas dan killer. Namun tetap saja banyak mahasiswa yang tetap mengambil risiko tersebut ketika sedang mepet. Terkadang serba salah juga untuk menandatangani absen teman yang gak masuk, antara takut ketahuan sama takut nanti kita gak diabsenin saat mager ke kampus. Nah, di bawah ini ada beberapa tipe mahasiswa ketika titip absen. Kira-kira kamu termasuk tipe mahasiswa yang mana nih?

1. Tipe normal

Tipe mahasiswa saat nitip absen yang pertama adalah tipe normal. Semuanya berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Biasanya kalau titip absen akan berjalan dengan lancar jika kita meminta pada orang yang tepat atau teman dekat

2. Tipe ngegas

Kalau ini tipe mahasiswa yang emang suka ngeselin, minta tolong tapi bawaannya ngajak ribut. Tapi, biasanya walaupun begitu, biasanya akan tetap diabsenin oleh temannya.

3. Tipe banyak alasan

Ini adalah tipe mahasiswa yang banyak ngeles, mau titip absen aja harus pakai banyak alasan. Biasanya teman-teman kelasnya bakal ngerasa males buat ngabsenin mahasiswa tipe ini, karena banyak bohongnya.

4. Tipe yang jarang masuk kuliah

Nah, kalau ini tipe mahasiswa yang jarang banget masuk kelas. Dia tiap hari ngirim chat ke beberapa temannya untuk titip absen secara terus menerus. Sampai-sampai hari minggu pun ia tetap nitip absen.

5. Tipe yang suka nyogok

Tipe mahasiswa yang suka ngasih imbalan saat dirinya sedang butuh sesuatu. Semakin kamu baik, semakin banyak juga imbalan yang bakal kamu dapatkan. Biasanya orang-orang kayak gini selalu diabsenin sama teman-temannya. 

6. Tipe yang suka maksa

Udah maksa, gak tahu diri lagi. Biasanya tipe mahasiswa ini selalu merayu agar kemauannya bisa terpenuhi. Tapi banyak mahasiswa yang semakin dipaksa, semakin males buat ngabsenin.

7. Tipe yang suka basa-basi

Tipe mahasiswa yang satu ini memang suka bertele-tele sebelum akhirnya menyampaikan apa yang dia mau. Biasanya basa-basi dulu dengan nanyain kabar atau sok akrab yang ujung-ujungnya ada maunya. 

8. Tipe yang sudah ketahuan gerak-geriknya

Belum juga menyampaikan maksud dan tujuan, eh malah ditolak duluan. Biasanya mahasiswa tipe ini memang sudah terbaca gerak-geriknya, karena sering melakukan hal yang sama.

9. Tipe yang to the point

Nah, yang terakhir adalah tipe yang to the point, langsung chat dengan isi yang singkat, padat, dan terukur. Tanpa basa-basi terlebih dahulu, mahasiswa ini biasanya akan membalas kebaikan-kebaikan temannya di kemudian hari. 

Nah, itulah beberapa tipe mahasiswa saat titip absen. Walaupun ini merupakan sesuatu yang sangat lumrah di kalangan mahasiswa, namun secara tidak kita sadari, TA atau titip absen adalah sebuah tindak kecurangan di sebuah perkuliahan. Titip absen dilakukan agar mahasiswa tetap dianggap hadir dalam absensi walaupun pada kenyataannya orang tersebut tak berada di dalam kelas. Ternyata budaya TA ini menjamur ke tingkat instansi. Hal buruk inilah yang terjadi jika kita terlalu sering terbiasa dengan budaya titip absen. Terlepas dari itu semua, di antara tipe-tipe mahasiswa di atas, kamu termasuk yang mana?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
100 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Reza Pratama
"Hidup seperti Larry!"
2.7 KSHARES