Kisah Pilu TKW yang Dihukum Mati di Arab Saudi, hingga Diperkosa 9 Orang!

www.yukepo.com
Kematian selalu menjadi momen memilukan, tak terkecuali kematian Tenaga Kerja Indonesia, Tuty Tursilawati (33) yang belum lama ini terjadi. Ini adalah salah satu kasus yang mengoyak hati nurani sebagian besar rakyat Indonesia karena kematiannya yang tak wajar. Dirinya dieksekusi mati oleh pemerintah Arab Saudi dengan tuduhan pembunuhan terhadap majikan. Sementara ia hanya berusaha untuk melindungi diri dari perkosaan yang akan dialaminya.

nasional.tempo.co
Eksekusi mati dilakukan Senin (29/10) tanpa notifikasi kepada pemerintah Indonesia. Padahal, sesuai dengan prosedur etis yang berlaku di dalam hukum internasional, sudah semestinya, pemerintah Arab Saudi memberikan informasi kepada pemerintah Indonesia terkait eksekusi yang akan terjadi pada warga negaranya. Hal ini sekaligus mengakhiri perjuangan diplomasi yang dilakukan Indonesia sejak 2010 lalu.
Tuti ditangkap 2010 silam karena tuduhan membunuh ayah majikannya.  Suud Mulhaq AI-Utaibi adalah seorang kakek yang harus menggunakan kursi roda ke mana pun ia pergi. Tak disangka, lelaki itu masih memiliki hasrat seksual. Tuti dipaksa untuk berhubungan seksual dengannya. Berusaha menolak, Tuti mendorong kursi roda dan membuat Suud terkapar di lantai. 
suaradewata.com
Ketakutan, Tuti meninggalkan rumah majikan dan berlari dengan tergesa menuju Mekah. Pada saat itu, ia bertemu dengan sembilan orang pemuda yang menawarkan bantuan kepadanya untuk mengantarkannya ke Mekah. Tapi niat baik itu hanyalah tipuan belaka. Bukannya dibawa ke Mekah, Tuti malah dibawa ke rumah kosong dan diperkosa secara bergantian oleh 9 orang pria. 
pixabay.com

Pada tanggal 12 Mei 2010, atau sehari setelah pembunuhan terjadi, Tuti ditangkap kepolisian Saudi di Mekah. Tuti diketahui membawa kabur perhiasan dan uang SR 31,500 milik majikannya. Meski begitu, para pemerkosa Tuti telah mengambil semua barang bawaannya. Tuti diketahui telah bekerja di rumah majikannya selama 8 bulan, namun 6 bulan gajinya tak dibayarkan oleh sang majikan. 

pixabay.com

Tuti kemudian ditahan oleh kepolisian dan perempuan itu mengaku pembunuhan yang ia lakukan hanya merupakan upaya bela diri. Dirinya sering mendapatkan pelecehan seksual dari sang majikan. Sebagai korban pemerkosaan, Tuti tetap dianggap bersalah dan dibawa ke meja hijau. Pada persidangan tahun 2011, Tuti dinyatakan bersalah dan divonis hukuman mati. 

www.matamatapolitik.com

Pihak pemerintah bukannya tak berusaha meringankan hukuman yang dijatuhkan kepada Tuti. Selain merupakan korban pemerkosaan, ia yang hanya membela diri justru tak mendapatkan bantuan advokasi dari pemerintah Indonesia. Tuti telah mendapatkan pendampingan konselor sejak 2011 sampai akhir hayatnya, tiga kali penunjukkan pengacara, tiga kali permohonan banding, dan dua kali permohonan Peninjauan Kembali (PK). Bahkan Presiden RI pun mengirim surat kepada Raja Saudi sebagai upaya peringanan hukuman Tuti. Kunjungan keluarga pun sudah dilakukan sebanyak 3 kali, yaitu 2014, 2016 dan April 2018. Meski begitu, keputusan tentang eksekusi mati Tuti tak bisa dibatalkan

tirto.id

Ibunda Tuti, Iti Sarniti (52) sampai akhir hayat putrinya, merasa pemerintah Arab Saudi tak berlaku adil kepada putrinya. "Mengapa anak saya dihukum mati? Dia korban perkosaan, mengapa bukan yang memerkosa yang dihukum, malah dia yang dieksekusi mati?," kata Iti saat diwawancarai terkait kematian putrinya, di Desa Cikeusik, Kecamatan Sukahaji, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. 

Rasa sedih dan kecewa berkecamuk di dalam batin Iti. Apalagi, eksekusi yang dilakukan tanpa disertai pemberitahuan kepadanya. Pemerintah Arab Saudi baru memberi tahu perihal eksekusi Tuti setelah Tuti dieksekusi, bahkan jenazahnya tak dipulangkan ke Indonesia melainkan dimakamkan di Arab Saudi. Eksekusi Tuti yang tanpa notifikasi ini sekaligus menambah catatan buruk Arab Saudi di mata masyarakat dunia, setelah kematian misterius wartawan Jamal Khashoggi yang merupakan pengkritik pemerintahan Raja Salman. 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Hati-hati! Sederet Masalah Kesehatan Ini Mengintai Perempuan di Usia 30an - Keepodotme

Hati-hati! Sederet Masalah Kesehatan Ini Mengintai Perempuan di Usia 30an - Keepodotme

Belajar dari Kisah Awkarin, Ketika Sosial Media Sudah Jadi Toxic Buat Kamu

Belajar dari Kisah Awkarin, Ketika Sosial Media Sudah Jadi Toxic Buat Kamu

Luar Biasa! Cuma Seniman Berbakat yang Bisa Ngegambar dengan Hasil Keren Begini! - Keepodotme

Luar Biasa! Cuma Seniman Berbakat yang Bisa Ngegambar dengan Hasil Keren Begini! - Keepodotme

Memelihara Ikan di Akuarium Ternyata Banyak Manfaatnya, Lho. Bisa Meredakan Stres!

Memelihara Ikan di Akuarium Ternyata Banyak Manfaatnya, Lho. Bisa Meredakan Stres!

Style Meggemaskan dari Lesty Kejora buat Referensi OOTD - Keepodotme

Style Meggemaskan dari Lesty Kejora buat Referensi OOTD - Keepodotme

Bahan-bahan Dapur Sederhana yang Ampuh untuk Membersihkan Noda Membandel

Bahan-bahan Dapur Sederhana yang Ampuh untuk Membersihkan Noda Membandel

loading