Kisah-kisah Anak yang Berbakti Pada Orang Tua Ini Bikin Air Mata Berlinang

05 April 2017
|Reza Pratama
Life
0SHARES

Seperti yang kita ketahui, berbakti kepada orang tua hingga akhir hayat adalah sebuah kewajiban seorang anak. Tidak ada alasan untuk tidak berbakti kepada orang yang telah mengasihi dan menyayangi kita sedari kecil. Bahkan sampai kapanpun kebaikan orang tua kepada kita tak akan pernah terbalaskan. Berbakti kepada orang tua juga harus dilakukan ketika orang tua dalam kondisi lemah dan sakit. Rawat beliau sebagaimana mereka merawat kita sejak kecil. Seperti 7 kisah inspiratif anak yang berbakti kepada orang tua di bawah ini.

1. Pria menggendong ibunya ke rumah sakit dengan menggunakan sehelai kain

Setiap orang yang melihat foto di atas, mungkin akan langsung tersentuh. Bagaimana tidak, pada tahun 2012 silam, pria bernama Ding Zu Ji menggendong ibunya pada sehelai kain untuk dibawa ke rumah sakit. Hal ini dilakukan Ding Zu Ji karena sang ibu tercinta mengalami patah tulang dan tak bisa berjalan. Karena ingin segera mengantarkan ibunya ke rumah sakit, Ding Zu Ji menggendong ibunya seperti bayi. 

Hal ini pun menjadi pemandangan yang sangat mengharukan bagi orang-orang yang berada di dalam rumah sakit. Ia pun sontak menjadi perbincangan di dunia maya karena aksi mulianya tersebut. Diketahui, Ding sewaktu masih dalam kandungan ibunya hampir pernah dibuang ke laut karena identitas sang ibu yang tak jelas. Sejak ayahnya meninggal tahun 2006, Ding menjadi sangat dekat dengan ibunya. Ding yang merupakan seorang kepala biro investigasi Tainan, mengaku siap mengundurkan diri dari jabatannya agar ia bisa mengurus ibunya yang sudah tua dan renta. 

2. Anak usia 6 tahun merawat ayahnya yang lumpuh

Berbakti kepada orang memang harus dari sedini mungkin, kalau bisa sudah dibisakan sejak kecil. Inilah yang dilakukan gadis kecil berusia 6 tahun asal Tiongkok bernama Tse Tse yang sudah memikul tanggung jawab keluarga. Setiap harinya, Tse Tse merawat ayahnya yang lumpuh dengan mencuci muka serta memijat tubuhnya. Sedangkan sang ibu bekerja menjadi buruh pabrik yang berpenghasilan sangat minim. 

Bocah yang baru duduk di kelas 1 SD ini dengan rasa sayangnya menyuapi sang ayah serta mendorong ayahnya untuk membantunya berjalan. Terkadang ia juga keluar rumah untuk mengumpulkan botol bekas sebagai penghasilan tambahan. Tentu hal ini merupakan suatu prilaku yang wajib kita teladani. Mengingat usia Tse Tse yang masih 6 tahun.

3. Kuliah sambil merawat sang ayah

Kuliah sambil merawat orang tua, inilah yang dilakukan oleh seorang mahasiswi jurusan Tekno Elektrik dan Mekanik bernama Xu Da Hui. Ia selalu membawa sang ayah yang mengalami pendarahan otak akut masuk ke dalam kelas. Tak ada rasa malu ketika ia mengajak ayahnya yang mengalami kelumpuhan ini ke dalam kelas, bahkan teman-teman kampusnya pun salut atas apa yang dilakukan Xu Da Hui. 

Ia memutuskan untuk membawa ayahnya ke kampus karena sang ibu sudah tak lagi mampu merawatnya. Xu Da Hui termasuk memiliki jadwal kuliah yang sangat padat. Namun hal itu tidak membuatnya lelah untuk merawat sang ayah. Karena terharu melihat perjuangan Xu Da Hui yang begitu kuat. Pihak universitas untuk membantu Xu da Hui degan memberikan apartemen secara gratis.

4. Seorang balita berusia 3 tahun merawa ayahnya yang jatuh sakit

Seorang balita asal Tiongkok Bernama Dong Xinyi menjadi contoh anak yang berbakti yang perlu kita teru. Pasalnya di usianya yang masih 3 tahun, Dong Xinyi merawat ayahnya yang lumpun seorang diri. Ibunya tega meninggalkan dirinya serta ayahnya yang tak berdaya. Mau tak mau Dong Xinyi lah yang setiap hari mengambilkan makanan serta mengelap tubuh ayahnya. 

Ayahnya yang bernama Dong Ji Yan pernah untuk memutuskan mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri.  Namun setelah melihat kesungguhan anak semata wayangnya dalam merawat dirinya, membuat Dong Ji Yan kagum dan mengurungkan niatnya untuk bunuh diri. 

5. Zhang Da, seorang anak berusia 10 tahun yang merawat ayahnya seorang diri

Mungkin kita akan merasa malu jika melihat seorang bocah bernama Zhang Da yang telah mengurus ayahnya seorang diri sejak ia masih berusia 10 tahun. Pada tahun 2001, sang ibu meninggalkan keluargnya karena merasa tak tahan hidup serba kesusahan. Karena ayahnya yang sudah tidak bisa berjalan dan sakit-sakitan, dengan tulus Zhang Da merawat sang ayah seorang diri. 

Sambil bersekolah, Zhang Da harus mencari makan untuk ayahnya serta membelikan obat untuk ayahnya. Setelah pulang sekolah, ia membantu para pemukul batu untuk mendapatkan pundi-pundi uang. Setelah itu, ia pulang dan memasakkan makanan untuk sang ayah. Setiap harinya, Zhang Da menggendong sang ayah ke kamar mandi serta memandikannya. Bahkan ia belajar bagaimana cara seorang perawat menyuntikan obat kepada pasiennya. Hal inilah yang ia lakukan pula kepada ayahnya selama 5 tahun. 

Itulah beberapa kisah inspiratif seorang anak yang berjuang demi merawat orang tuanya. Memang sudah menjadi sebuah kewajiban kita sebagai anak untuk berbakti kepada orang tua. Melihat beberapa kisah anak di atas yang masih kecil tapi sudah rela untuk merawat orang tuanya, membuat mata kita terbuka untuk melakukan hal yang sama di umur kita yang jauh lebih dewasa. Karena apa yang kita berikan kepada orang tua tak akan penah bisa membalas apa yang telah orang tua berikan. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Reza Pratama
"Hidup seperti Larry!"
0SHARES