Kiat Sukses Jadi Freelancer dengan Income yang Berlimpah

pexels.com

Berkarier sebagai seorang freelancer memang ada kelebihan dan kekurangannya. Di Indonesia, mayoritas orang masih menganggap bahwa bekerja lepas itu sama seperti menganggur. Itu adalah anggapan yang salah.

Nyatanya, bekerja lepas atau freelance itu pendapatannya nggak berbeda jauh dengan yang bekerja kantoran. Bahkan bisa lebih dari mereka yang bekerja formal. Meskipun begitu, menjadi seorang freelancer nggak terlepas dari tantangannya masing-masing.

Seorang pekerja lepas akan merasakan jenuh juga dalam pekerjaannya. Hal paling mencolok yang membedakan habit seorang freelancer dengan pekerja lain adalah jam kerja yang fleksibel dan tidak terbatas.

Maka dari itu, terkadang menjadi seorang freelancer itu bikin seseorang nggak komit dan malas-malasan. Untuk membuang stigma itu, ada baiknya untuk mengikuti beberapa kiat ini supaya jadi freelancer dengan pendapatan tinggi.

1. Buang jauh-jauh sifat malas untuk memulai pekerjaan

pexels.com

Untuk menjadi seorang pekerja lepas yang, hal pertama yang harus dibuang jauh-jauh adalah malas. Jam kerja yang fleksibel dan bisa bekerja di mana saja memang terkadang bikin kita lupa diri.

Saat orang lain sudah berjibaku dengan kepadatan jalan di pagi buta, berdesakkan di commuterline, kamu mungkin masih di alam mimpi dan tertidur pulas.

Hal ini yang pada akhirnya membuat orang terlena dan lupa waktu. Kalau mau sukses berkarier sebagai pekerja lepas, harus disiplin atas jadwal yang dibuat sendiri. Bekerja sesuai office hour pada umumnya. Beristirahat jika memang sudah lelah. Namun ingat, kamu harus selalu punya target harian untuk pekerjaanmu sendiri.

2. Jangan selalu bekerja di dalam rumah

pexels.com

Jangan selalu bekerja di dalam rumah, mengunci diri, mengisolasi diri dari dunia luar hanya karena kamu seorang pekerja lepas yang nggak perlu bertemu banyak orang. Sesekali, kamu harus bekerja di luar rumah, menikmati suasana baru, dan pengalaman baru.

Hal di atas bisa membantumu untuk berpikir lebih jernih, mengurangi stres, dan membantu memperbanyak relasi. Seorang freelancer memang sudah seharusnya memiliki banyak relasi yang bisa dijadikan klien suatu hari nanti. Mereka bisa membantumu mencari dan mendapatkan klien lebih banyak.

3. Perbanyak teman akan sangat membantu

pexels.com

Seperti yang sudah dikatakan, memperbanyak teman dan relasi adalah kunci kesuksesan untuk menjadi seorang pekerja lepas. Dengan memperluas jejaring pertemanan, bukan nggak mungkin kamu akan lebih mudah mendapatkan klien.

Jangan batasi diri untuk bergaul dengan orang yang memiliki potensi. Apalagi yang dapat membawamu bertemu dengan banyak orang hebat lainnya.

4. Mengatur jadwal pekerjaan dengan baik akan membuat lebih professional
pexels.com

Mengatur jadwal pekerjaan dengan baik dan berkomitmen untuk menyelesaikannya juga menjadi salah satu kunci sukses menjadi seorang freelancer. Dengan mengatur jadwal pekerjaan sendiri, kamu akan terhindar dari deadline yang terkadang menguras pikiran dan tenaga.

Manfaatkan waktu untuk menyelesaikan target pekerjaan setiap hari. Jangan mudah terbuai dengan kenyamanan di rumah. Yang jelas, dengan mengatur jadwal pekerjaan hingga jadwal bertemu klien dan melaksanakannya dengan baik akan membuatmu menjadi lebih professional.

5. Atur jam kerja agar tidak bentrok dengan kegiatan lainnya
pexels.com

Mengatur jam kerja dengan jam deadline target harian adalah hal yang penting. Ketika menjadi seorang pekerja lepas, kamu harus sadar bahwa yang kamu lakukan tidak selalu hanya bekerja.

Kamu akan menjadi sosok yang multitalenta dengan segala kesibukannya di rumah maupun di kerjaan. Maka dari itu, mengatur jadwal itu jauh lebih baik dan bermafaat.

6. Jangan ragu menerima job sebanyak yang kamu sanggup

pexels.com

Buat yang masih gengsian padahal belum memiliki personal branding kuat, hal ini akan membuatmu sepi job. Kunci untuk menjadi freelancer sukses itu di antaranya adalah berusaha untuk memperkuat dan memperbanyak relasi atau klien meskipun bayarannya tidak sebanding.

Terimalah job sebanyak dan semampumu. Jangan batasi pekerjaan yang datang hanya karena gengsi bayaran yang tidak sesuai dengan standar. Kalau kamu masih pemula, memang lebih baik untuk menerima pekerjaan sebanyak mungkin. Ketika sudah memiliki brand sendiri, kamu berhak untuk jadi lebih professional. Kamu berhak menentukan rate tarif yang tinggi juga.

7. Bekerja dengan komitmen yang kuat dan bertanggung jawab

pexels.com

Kunci untuk menjadi seorang freelancer yang sukses adalah, berusalahan untuk bekerja dengan komitmen yang kuat dan memiliki tanggung jawab yang besar. Berusaha lah untuk memenuhi target harian dan bulanan. Lalu, usahakan untuk mengerjakan pekerjaan tersebut meskipun benar-benar lagi malas. Komitmen akan membangun rasa tanggung jawab pada diri, pekerjaan, dan klienmu.

Untuk menjadi seorang freelancer itu nyatanya memang nggak muda. Kita harus pintar-pintar membangun relasi dengan klien, memperkuat jaringan, dan komitmen untuk disiplin. Maka dari itu, jangan ada lagi yang memandang sebelah mata pekerjaan ini.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Cara Print Excel dari Laptop dan PC Anti Ribet, Kelar Secepat Kilat! | Keepo.me

Cara Print Excel dari Laptop dan PC Anti Ribet, Kelar Secepat Kilat! | Keepo.me

Inspirasi Kamar Bernuansa Putih dan Natural Wood yang Sedang Digemari

Inspirasi Kamar Bernuansa Putih dan Natural Wood yang Sedang Digemari

Resep Sempol Ayam Rumahan dengan Jaminan Rasa yang Juara | Keepo.me

Resep Sempol Ayam Rumahan dengan Jaminan Rasa yang Juara | Keepo.me

Sering Chat dengan Lawan Jenis Selain Pasangan = Selingkuh?

Sering Chat dengan Lawan Jenis Selain Pasangan = Selingkuh?

Cara Membuat Dimsum Rumahan yang Mendekati Resep Autentiknya | Keepo.me

Cara Membuat Dimsum Rumahan yang Mendekati Resep Autentiknya | Keepo.me

Olahraga Lari Ternyata Efektif Membantu Seseorang Berhenti Merokok

Olahraga Lari Ternyata Efektif Membantu Seseorang Berhenti Merokok

loading