Kenapa ya Cewek Lebih Sering Menangis Daripada Cowok? Ini Alasannya

13 Juli 2018
|Galih Wisnu Brata
968SHARES

Cewek sering dianggap lemah karena sering menangis. Dalam berbagai keadaan, cewek sering menitikkan air mata. Mau senang, khawatir, takut, marah, terharu, apalagi sedih, air mata selalu berlelehan di pipi cewek.

Profesor Ad Vingerhoets, psikolog asal Belanda, dalam bukunya Why Only Human Weep: Unravelling the Mysteries of Tears mengungkapkan bahwa rata-rata cewek menangis 30 hingga 64 kali dalam setahun. Sementara cowok, dalam setahun hanya menangis rata-rata 6 hingga 17 kali. Dengan kata lain, cewek menangis 5 kali lebih sering daripada cowok. Selain itu, durasinya juga terbilang lebih lama daripada cowok.

Ternyata, ada beberapa alasan yang mendasari hal ini.

1. Saluran air mata

Alasan pertama adalah perbedaan saluran air mata antara cewek dan cowok. Saluran air mata cowok lebih besar daripada cewek. Hal itu menjadikan cowok mempunyai kemampuan yang lebih besar dalam menahan tumpahan air mata. Sebaliknya, saluran air mata cewek yang lebih kecil membuat air mudah cenderung lebih mudah menetes.

2. Pengaruh hormon

Hormon sangatlah mempengaruhi emosi. Emosi tentunya bisa mempengaruhi terjatuhnya air mata. Nah, pada cowok hormone testosteron ternyata menjadi salah satu penghambat menetesnya air mata di pipi. Kalau buat cewek, apalagi kalau sedang hamil, menangis akan menjadi hal wajar karena adanya pengaruh hormon.

3. Kadar prolaktin

Menurut William Frey H., ahli biokimia, air mata mengadung prolaktin, hormon yang diproduksi oleh hiposis yang berhubungan dengan emosi. Saat masa remaja, kadar prolaktin antara cewek dan cowok hampir sama. Akan tetapi, di usia dewasa, kadar prolaktin cewek mencapai 60% lebih besar daripada laki-laki sehingga cewek dewasa lebih sering menangis daripada cowok.

4. Anggapan masyarakat

Dalam masyarakat muncul anggapan bahwa cowok yang menangis adalah cowok yang lemah. Anggapan tersebut menjadikan cowok selalu menahan air matanya. Akan tetapi, sesekali cowok perlu untuk menangis karena hal itu merupakan reaksi alami terhadap sesuatu. Selain itu, menangis bisa menjadi bukti bahwa kita masih punya perasaan.

5. Memanipulasi Keadaan

Mungkin tidak salah jika kita menyebut bahwa air mata adalah kekuatan cewek. Cewek sering menangis untuk memanipulasi keadaan. Cewek biasanya akan menangis saat dia merasa bersalah. Dengan menangis, ia mengharap tidak ada orang yang marah atau kecewa dengan kesalahannya.

 

Pada intinya, menangis adalah hal yang sangat manusiawi. Tidak peduli kamu cewek ataupun cowok. Selama kamu masih punya perasaan, bercucuran air mata adalah hal yang wajar pada situasi tertentu. Jadi meski ada anggapan cewek lebih sering menangis, bukan berarti cewek adalah makhluk yang lemah. Begitu pula meski cowok sangat pintar menahan derai air matanya, bukan berarti dia adalah sosok yang selalu kuat.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
"memahami karena menjalani"
968SHARES