Kenapa Sih Anak Muda Harus Melek Politik? Inilah Alasan, Cara dan Keuntungannya!

23 April 2017
|Olphi Disya
Life
0SHARES

Apa yang terlintas di kepalamu ketika mendengar kata politik? Duh, kayaknya sesuatu yang berat banget untuk dipikirkan atau dibicarakan ya? Kebayang nggak sih ketika kamu nongkrong atau nyantai bareng teman-teman eh ada yang melempar isu politik. Kalau yang biasanya nongkrong itu ngobrolin hobi atau malah ngomongin orang, kok kayaknya nggak asyik banget sih ngobrolin politik. Emang penting banget ya anak muda melek politik?

Banyak yang mengira bahwa politik hanyalah isu-isu orang tua. Ini bisa jadi dampak dari malasnya anak muda untuk mengikuti perkembangan perpolitikan di tanah air. Kalau orang tua zaman dulu bisa melek politik karena dulu isu politik di Indonesia merupakan isu semua orang karena begitu terasa di setiap lapisan masyarakat. Tapi sekarang, anak muda seakan udah merasa ‘aman’ dan tidak terancam keputusan perpolitikannya, sehingga membuat anak muda memilih untuk acuh tak acuh dengan isu politik. Padahal, anak muda merupakan the next politicians, lho! Kalau nggak melek politik dari sekarang, kita bisa aja dimanipulasi atas nama politik, nggak ngerti tentang bagaimana struktur politik yang baik bisa membangun bangsa, dan dengan melek politik kita bisa tahu apa sih yang bisa kita berikan untuk negara kita.

Ngomongin politik nggak berat kok kalau kita mau mencoba memahami. Politik itu bukan hanya tentang kekuasaan atau pemilihan kepala daerah. Bahkan ketika kamu dan teman-teman ingin menentukan mau makan di mana lalu berdiskusi atau melakukan voting, itu juga udah salah satu bentuk politik lho. Jadi, kenapa kamu harus melek politik, ya karena kita semua adalah generasi selanjutnya yang akan memimpin negara. Selain itu, politik juga bukan upaya untuk berkuasa semata, tapi juga untuk menciptakan keputusan yang adil untuk seluruh orang yang terlibat di dalamnya, yaitu kita semua. Gitu, guys!

Lalu, gimana caranya agar kita bisa melek politik? Satu-satunya cara agar bisa lebih paham politik adalah dengan terlibat! Kamu nggak bisa hanya duduk diam dan berharap negara akan baik-baik aja, kalau dari sekarang kamu menghindari hal-hal yang berbau politik. Cara terlibatnya juga gampang banget, kok. Kamu bisa mulai dari hal yang paling sederhana: ikutan pemilu alias jangan golput! Nah, sebelum pemilu, kamu harus mengawasi program-program kerja yang dikampanyekan oleh calon kepala daerah atau legislatif.

Kalau kamu mahasiswa, kamu bisa aktif dalam organisasi kampus. Biasanya juga ada pemilihan ketua BEM atau ketua organisasi. Ikut terlibat aktif berarti kamu turut berkontribusi untuk pengembangan organisasi ke arah yang lebih baik guys. Masih ingin tahu lebih banyak tentang politik? Kamu juga bisa mendaftarkan diri menjadi anggota partai politik atau ikut gerakan sosial. Meskipun nggak mudah, tapi ada banyak hal yang bisa kamu pelajari. Terutama untuk kamu yang memang bercita-cita terjun ke dunia politik nih.

Bagi kamu yang masih pesimis dengan dunia politik di Indonesia, kamu harus tahu bahwa melek politik itu juga ada keuntungannya lho! Pertama, kamu jadi tahu apakah sistem pelayanan publik di Indonesia udah memadai apa belum, karena tatanan politik berpengaruh terhadap kebijakan publik di bidang yang dekat dengan kita misalnya kesehatan, pendidikan, dan sebagainya. Kedua, kamu bisa menjadi warga negara yang baik, misalnya dengan ikut pemilihan umum di mana kamu memiliki hak untuk menentukan pemimpin mana yang pantas bagi negara ini. Ketiga, karena kamu anak muda, kamu bisa menyerukan ide-ide brilian nan segar yang lebih sesuai di era sekarang. Dan terakhir, kalau kamu melek politik, kamu bisa membantu teman-teman sesama anak muda untuk mendapatkan haknya atau membantu menyalurkan aspirasinya ke lembaga yang bersangkutan. Keren kan?

Nah, sekarang jadi ngerti dong kenapa sih kamu harus melek politik? Meskipun pesta demokrasi 5 tahun sekali masih lama, tapi kamu bisa banget nih belajar politik dari sekarang. Mulai dari mengawasi program-program kepala daerahmu apakah udah berjalan dengan sesuai atau belum. Kalau mau lebih menantang lagi, coba ulik program kerja kabinet Jokowi-JK saat ini. Mau yang gampang? Tonton dan baca berita mengenai perkembangan politik di Indonesia. Selamat berpolitik!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES