Kenapa Jumlah Temanmu Makin Berkurang Setiap Tahunnya?

unsplash.com

Punya banyak teman tentu membuat banyak orang merasa bahagia. Sebagai makhluk sosial, semua tentunya membutuhkan orang lain untuk bersosialisasi tanpa terkecuali.

Sejak kecil, kamu sudah terbiasa untuk menjalin pertemanan dengan banyak orang. Berteman dengan banyak orang memungkinkanmu untuk mendapatkan banyak pengalaman baru. 

Tapi, pernahkah kamu merasa bahwa faktanya teman-temanmu makin sedikit dan terbatas seiring berjalannya waktu? Kamu merasa jika temanmu semakin sedikit. Ternyata, ada beberapa faktor pendukung yang membuatmu telah kehilangan banyak teman tanpa kamu sadari.

1. Tuntutan pekerjaan yang bikin sibuk

pexels.com

Seiring bertambahnya usia, kamu akan memiliki tanggung jawab yang lebih besar dari sebelumnya. Kamu mulai memiliki cicilan yang harus dibayar setiap bulan dan punya pengeluaran untuk kebutuhan yang tidak diduga.

Maka dari itu, kamu merasa bahwa kamu yang sekarang lebih memprioritaskan pekerjaan ketimbang menghabiskan waktu dengan teman-temanmu.

Akhirnya tanpa kamu sadari, teman-temanmu yang sebelumnya dekat perlahan akan menjauh. Karena sering absen kumpul, intensitas quality time jadi berkurang.

2. Kurang cocok jadi anak nongkrong

pexels.com

Kamu mulai merasa kurang cocok untuk berkumpul bersama dengan teman-teman. Kamu selalu dihadapkan dengan persoalan yang sama setiap hari, pekerjaan yang monoton dan membutuhkan waktu yang nggak sedikit untuk menyelesaikan segala urusanmu setiap hari.

Belum lagi tuntutan untuk menjadi seseorang yang professional akan membuatmu perlahan mengubah image. Yang sebelumnya dari hanya seorang anak tongkrongan menjadi sosok yang lebih matang. Pola bepikirmu dan topik pembicaraanmu akan berubah. Lama-lama kamu jadi nggak asyik lagi.

3. Berpikir untuk menjalani hidup yang serius

pexels.com

Dengan berjalannya waktu dan usia semakin bertambah, perlahan kamu akan berpikir mengenai kehidupan yang lebih serius. Kamu mulai merancang karier dan kehidupan asmara yang lebih serius.

Kamu akan lebih memanfaatkan banyak waktu untuk kuliah, bekerja maupun memulai kehidupan berumah tangga. Semuanya butuh pengorbanan waktu yang tidak sedikit.

Sadar-gak sadar, kamu akan mulai mengurangi kegiatan nongkrong maupun bertemu dengan teman-teman meskipun hanya sebentar. Pada akhirnya, dirimu sendiri yang perlahan menjauhi lingkup pertemananmu.

4. Topik obrolan yang mulai nggak nyambung
pexels.com

Topik pembicaraan antar lingkaran pertemananmu lama-lama basi dan nggak asyik lagi. Kamu nggak nyambung lagi kalau diajak bercandaan receh.

Tanpa sadar, kamu sendiri yang akan berpikir ulang tentang topik pembicaraan apa yang dibicarakan saat itu. Ruang lingkup yang berbeda, membuatmu nggak update sama hal-hal yang kurang penting. Walau berusaha untuk menyerap dan mengimbangi pembicaraan mereka, kamu akan ngerasa itu bukan urusanmu.

5. Lingkup pergaulan temanmu jauh berbeda denganmu saat ini
pexels.com

Salah satu faktor yang mempengaruhi jumlah temanmu saat ini adalah lingkup pergaulan teman yang sudah berbeda.

Di masa sekolah, temanmu adalah orang paling menyenangkan yang mau diajak melakukan banyak hal gila dan asyik bersama-sama. Ketika lulus dan masing-masing mulai mengenal lingkungan baru, perlahan kesenangan dan kegilaan itu pudar.

Teman dan kamu kini bertemu dengan lingkup baru. Mereka akan mempengaruhi cara berfikir dan cara berkumpul kalian. Jangan heran kalau nanti ketemu sama teman lamamu. Cara kalian ngobrol dan menghabiskan waktu jadi jaim dan kurang asyik.

6. Jauh lebih baik dan nyaman saat sendirian

pexels.com

Semakin dewasa, pikiranmu akan dipenuhi dengan banyak hal. Tanggung jawab yang makin bertambah mempengaruhi caramu menghabiskan waktu. Kamu jadi lebih nyaman menghabiskan waktu sendirian.

Kamu mulai malas nongkrong karena menurutmu hal itu cuma buang-buang waktu dan uang. Meskipun kau butuh nongkrong dengan teman-temanmu sesekali, rasanya pasti lebih nyaman sendiri atau hanya berdua dengan teman yang benar-benar kamu percaya aja.

7. Teman terdekatmu biasanya teman kerjamu

pexels.com

Pada akhirnya, teman terdekatmu biasanya adalah teman kerjamu. Meskipun sebagian orang berpikir bahwa dunia kerja itu penuh dengan kepalsuan dan sulit mendapatkan teman yang sesungguhnya, bertemu dengan orang yang sama setiap hari bakal membuat kamu jadi lebih dekat.

Setiap hari kalian berbagi cerita dan tahu tentang kehidupan pribadi masing. Kamu mengubah mindset jika teman kerjamu lebih mengenal dirimu dari teman yang lain.

Berteman memang sangat diperlukan. Bagaimana pun 'kan kita mahluk sosial yang butuh berbagi. Meskipun teman semakin sedikit setiap tahunnya, sebaiknya kamu tetap menjalin komunikasi dengan teman jika mereka membawa pengaruh yang baik untukmu.  

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Ingin Lihat Akting Bang Haji? 10 Daftar Film Rhoma Irama Terbaik yang Patut Ditonton | Keepo.me

Ingin Lihat Akting Bang Haji? 10 Daftar Film Rhoma Irama Terbaik yang Patut Ditonton | Keepo.me

Dekorasi Praktis Agar Kamar Kos Jadi Lebih Luas

Dekorasi Praktis Agar Kamar Kos Jadi Lebih Luas

Film dan Drama Choi Minho SHINee, Kualitas Aktingnya Jempolan | Keepo.me

Film dan Drama Choi Minho SHINee, Kualitas Aktingnya Jempolan | Keepo.me

Kota di Asia yang Warganya Gila Kerja

Kota di Asia yang Warganya Gila Kerja

Dear Ladies, Ini Cara Menghitung Masa Subur dengan Kalender yang Akurat | Keepo.me

Dear Ladies, Ini Cara Menghitung Masa Subur dengan Kalender yang Akurat | Keepo.me

Alasan Kenapa Masih Banyak Sarjana Pengangguran di Sekitar Kita

Alasan Kenapa Masih Banyak Sarjana Pengangguran di Sekitar Kita

loading