Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Bercabang

unsplash.com

Memiliki rambut yang bermasalah dan nggak sehat memang sering bikin resah. Bahkan tidak sedikit yang menjadi kurang percaya diri karena hal ini. Kalau bisa, kamu bisa terhindar dari masalah rambut apapun. Entah itu ketombe, rambut, rontok, maupun bercabang yang kering dan rapuh.

Untuk itu, kamu perlu memahami soal apa saja penyebab utama rambut jadi bercabang. Kalau tahu faktornya, kamu bisa menghindari. Apabila tengah mengalaminya, kamu bisa mencari solusinya dengan cepat.

1. Cuaca

www.deercreekflorida.com

Tidak bisa dipungkiri, cuaca juga bisa mempengaruhi kondisi rambut. Misalnya saja ketika cuaca lagi panas terik dan kamu sering berada di luar ruangan. Kondisi rambut bisa menjadi lebih rapuh yang kemudian bisa menjadikannya tak sehat dan bercabang.

2. Perawatan dan penataan rambut

www.allthingshair.com

Penyebab yang ini pasti sudah sering didengar tapi mungkin masih banyak diabaikan. Hal ini terkait dengan proses styling. Contohnya adalah mencatok, mengeriting, mengeringkan dengan cara yang kurang tepat, dan mewarnai.

Berbagai zat kimia serta panas yang membakar rambut sangat membahayakan kondisinya. Rambut jadi kering, lalu akhirnya rapuh dan bercabang. Kandungan tersebut mampu merusak kelembapan alami rambut. Selain itu, kutikula akan melemah jika sering terkena zat kimia. 

3. Penggunaan karet gelang

www.realsimple.com

Siapa yang sampai sekarang masih suka pakai karet gelang buat mengikat rambut? Itu nggak baik jika terlalu sering dilakukan. Gesekan yang terjadi antara karet dengan rambut bisa membuat permukaan mahkota kepalamu jadi kasar. Lama kelamaan, ini akan membuatnya jadi bercabang. Mulai sekarang, berhenti pakai kuncir rambut dari bahan karet. Sangat direkomendasikan untuk menggunakan kuncir rambut dari bahan kain saja yang lebih lebih aman dan nyaman. 

4. Terlalu sering keramas
www.ctvnews.ca

Segala sesuatu yang berlebihan itu nggak akan memberi hasil baik, termasuk terlalu sering keramas. Niatnya biar bersih, nyatanya malah membahayakan. Ketika terlalu sering mencuci rambut, lama-lama minyak alaminya akan hilang karena sering dibersihkan. Padahal minyak itu dibutuhkan untuk menjaga agar rambut tidak kering dan rapuh.

Kalau kondisi rambut udah kering ditambah lagi sering menggunakan hairdryer,s udah pasti ujungnya akan kasar. Jika tidak segera diatasi, sudah pasti akhirnya rambut akan bercabang.

5. Mengeringkan dengan handuk
www.rsvplive.ie

Tahukah kamu kalau ternyata mengeringkan rambut dengan handuk bisa menjadi penyebab kerusakan. Jika menggosoknya terlalu kencang dan kain yang digunakan tidak terbuat dari bahan serat mikro, rambut bisa pecah-pecah dan bercabang. Daripada menggunakan handuk, ada baiknya menggunakan kaus tipis dengan bahan lembut untuk mengeringkan rambut setelah keramas. 

6. Keramas tanpa kondisioner

www.lovelyskin.com

Siapa yang sering lupa atau mungkin nggak pernah pakai kondisioner setelah keramas? Coba mulai sekarang biasakan untuk memakainya. Meski terkesan cukup sepele, nyatanya produk ini penting dan sangat dibutuhkan untuk menjaga kebutuhan minyak alami rambut tetap terpenuhi. Hal ini mampu menghindarkan dari masalah rambut lainnya dan memperkuat akar dan batangnya.

Penyebab rambut bercabang yang sudah disebutkan di atas sebenarnya sangat bisa untuk dihindari, 'kan? Kalau kondisi rambutnya saat ini sudah bercabang, coba kurangi melakukan hal di atas biar kondisinya tidak semakin. 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Selain Kemeja, Jenis Atasan Ini Cocok Dipadukan dengan Rok Pensil

Selain Kemeja, Jenis Atasan Ini Cocok Dipadukan dengan Rok Pensil

Gaya Santai Shalom Razade yang Bisa Disontek Saat Malas Dandan

Gaya Santai Shalom Razade yang Bisa Disontek Saat Malas Dandan

Tips Ciamik untuk Styling OOTD Hitam Putih Agar Tak Terkesan Terlalu Biasa

Tips Ciamik untuk Styling OOTD Hitam Putih Agar Tak Terkesan Terlalu Biasa

Pose Menenteng Tas untuk OOTD yang Tak Terkesan Awkward dan Kaku

Pose Menenteng Tas untuk OOTD yang Tak Terkesan Awkward dan Kaku

Inspirasi Outfit Rapi dan Mature Ala Naura Ayu

Inspirasi Outfit Rapi dan Mature Ala Naura Ayu

Panduan Memilih Outfit yang Serasi dengan Tas Berwarna Terang

Panduan Memilih Outfit yang Serasi dengan Tas Berwarna Terang

loading