Kematian Jonghyun Shinee Karena Bunuh Diri, Hentikan Komentar Menghakimi

variety.com

Lagi, kematian musisi akibat bunuh diri terjadi. Kali ini vokalis utama grup musik Shinee, Jonghyun yang ditemukan tewas dalam apartemennya di Cheong-dam Dong, Seoul, Korea Selatan. Dugaan bunuh diri muncul dari ditemukannya briket bara yang masih menyala.

Karbon monoksida yang dikeluarkan briket batu bara jika dihirup dalam jangka panjang dapat menimbulkan kematian. Tanggapan atas kasus bunuh diri di Indonesia sendiri ternyata masih jauh dari kata beradab. Padahal, Jonghyun diduga bunuh diri karena depresi.

Sumber Gambar

Hal ini salah satunya dapat dilihat dari reply puluhan akun Twitter terhadap salah satu media daring di Indonesia terhadap berita kematian Jonghyun. Rata-rata bunyi komentar itu adalah menyalahkan si pelaku bunuh diri (pendek amat pikirannya sampai bunuh diri), menyepelekan (beban hidupku juga berat tapi nggak sampai bunuh diri juga), membawa peran agama (kalau stress harusnya bersujud pada Sang Pencipta; nggak beragama sih jadi kayak gitu; terlalu mengejar dunia akibatnya ya begitu) bahkan yang nggak nyambung seperti: bunuh diri, tren gaya hidup millenial Korea.

www.kompasiana.com

Sangat disayangkan, mengingat pengguna media sosial yang berkomentar juga masih muda dan bisa saja suatu saat mengalami depresi. Ingat, stress dan depresi itu berbeda. Seperti pembicaraan tentang seks, depresi juga masih termasuk kategori tabu. Orang-orang yang didera depresi nggak akan berani cerita ke orang terdekatnya karena takut dihakimi dengan komentar-komentar bernada menyalahkan dan menghakimi seperti yang sudah disebutkan di atas. Orang yang mengalami stress masih punya keinginan untuk berubah lebih baik dan keluar dari situasi yang membuatnya stress. Sedangkan depresi membuat penderitanya cenderung menarik diri dari lingkungan sosial.

www.youtube.com

Makanya lebih besar kemungkinan untuk bunuh diri karena mereka merasa udah nggak ada gunanya lagi hidup di dunia ini dan seringnya sih orang-orang ini malah terlihat seperti manusia yang baik-baik saja, nggak ada masalah. Lalu ketika kita bahkan nggak punya kemampuan untuk sekadar memahami orang-orang yang depresi, kenapa masih menghakimi bahkan ketika orangnya sudah meninggal?

sputniknews.com

Kalau nggak bisa komentar yang baik, lebih baik diam saja. Nyawa seseorang, entah itu tokoh terkenal atau orang biasa sama-sama bukan mainan. Apa untungnya menghujat seseorang yang sudah mati? Nggak mengubah keadaan juga kan? Coba bayangin gimana sedihnya keluarga dan orang-orang yang ditinggalkan jika mereka membaca kalimat-kalimat itu. Bayangin kalau kamu yang ada di posisi mereka. Gimana perasaannya?

www.usmagazine.com

Jadi lain kali kalau ada kasus bunuh diri, siapapun, entah itu tetangga, artis, presiden, saudara, sekali lagi, siapapun. Jangan sekali-kali berkomentar menghakimi, apalagi kalau kamu nggak tahu kehidupan orang itu gimana. Kita bisa jadi apa aja di internet. Saran: jadilah yang bijak berkomentar. 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Inilah 10 Foto Perjuangan Ibu Melahirkan Anaknya ke Dunia yang Bikin Mewek!

Inilah 10 Foto Perjuangan Ibu Melahirkan Anaknya ke Dunia yang Bikin Mewek!

Maksud Hati Diedit Agar Terlihat Menarik, 10 Foto Editan Ini Malah Bikin Ngakak!

Maksud Hati Diedit Agar Terlihat Menarik, 10 Foto Editan Ini Malah Bikin Ngakak!

7 Tanda Pacar Nggak Dewasa Ini Bisa Bikin Hubunganmu Porak Poranda

7 Tanda Pacar Nggak Dewasa Ini Bisa Bikin Hubunganmu Porak Poranda

Kenali Kepribadian Cowok Berdasarkan Sepatu Kesukaannya, Kamu yang Mana Nih?

Kenali Kepribadian Cowok Berdasarkan Sepatu Kesukaannya, Kamu yang Mana Nih?

10 Band Hebat Jogja Paling Sukses hingga Saat Ini. Siapa Mereka?

10 Band Hebat Jogja Paling Sukses hingga Saat Ini. Siapa Mereka?

Tahu Nggak? Ternyata Ini lho yang Bikin Bule Suka Banget Sama Orang Indonesia

Tahu Nggak? Ternyata Ini lho yang Bikin Bule Suka Banget Sama Orang Indonesia

loading