Keliatannya Baik, 5 Makanan Ini Nyatanya Nggak Boleh Dikonsumsi untuk Sarapan

02 April 2018
|Muhammad Sidiq Permadi
570SHARES

Ada sebagian orang yang beranggapan jika sarapan itu tidaklah penting. Mereka yang menganggap begitu pasti nggak tahu tentang manfaat besar dari kegiatan yang satu ini. Berdasarkan penelitan, orang yang sarapan cenderung akan lebih bersemangat dan bertenaga dibandingkan dengan mereka yang tidak sarapan. Tapi serius, sarapan itu sangat penting karena tubuh telah disuplai oleh makanan sebelum beraktivitas sehingga kamu nggak akan mudah loyo.

Namun, makanan yang tersaji pada momen sarapan itu nggak bisa sembarang makanan. Ada beberapa makanan yang malahan kurang baik untuk dijadikan sebagai menu sarapanmu. Makanan apa saja itu? Yuk, kepo!

1. Segelas jus buah

Meminum jus buah itu emang enak dan bikin seger. Tapi, tau nggak sih kalau minum jus buah ketika sarapan itu kurang baik untuk kesehatanmu? Apalgi jus buah yang dipasarkan di minimarket itu. Jus itu sudah mengandung pengawet, gula, dan sebagainya sehingga tidak baik buat dijadikan sebagai menu sarapan. Selain itu, jus lebih banyak mengandung karbohidrat dan gula saja. Ini akan membuat kamu cepat lapar kembali sebelum waktunya sehinga nantinya kamu cenderung mengonsumsi camilan yang manis-manis sambil menunggu waktu makan siang tiba. Jika kamu ingin mengonsumsi jus, lebih baik dibuat oleh tangan kamu sendiri sehingga kamu bisa mengatur kadar gula yang ada. Jangan lupa buat mengombinasikan jus yang kamu minum dengan makanan yang kaya sumber protein ya.

2. Donat, croissant, cake, bagel, muffin

Menjadikan donat serta produk pastry lain sebagai menu utama sarapan adalah hal yang tidak baik karena sebagian besar kandungannya hanyalah gula dan lemak. Pada donat misalnya, proses pembuatannya saja menggunakan gula, krim, serta digoreng dengan metode deep fried. Hal ini tentu saja menjadikan donat tinggi akan kalori, namun minim sangat akan kualitas zat gizi.

3. Sosis, bacon, ham, nugget

Penelitian yang dilakukan oleh peneliti di Harvard menunjukkan jika setiap 50 gram daging olahan yang kamu makan akan meningkatkan risiko mengidap penyakit jantung sebanyak 42 persen. Jika kamu hanya mengonsumsi daging olahan untuk sarapan, maka kemungkinan kamu untuk menderita kegemukan hingga obesitas juga akan bertambah mengingat kandungan dalam daging olahan kebanyakan berupa lemak jenuh.

4. Sereal

Mengonsumsi sereal sebenarnya tidak akan menimbulkan masalah pada tubuhmu asalkan kandungan yang terdapat dalam sereal tersebut juga cocok buat kamu konsumsi di pagi hari. Untuk itu, pilihlah sereal yang setidaknya mengandung 3 gram serat di setiap takaran sajinya. Khusus untuk sereal anak-anak, hindari pemberian sereal warna-warni kepada mereka karena sereal tersebut mengandung pewarna buatan yang berdampak pada kesehatan mereka. Beberapa penelitian menunjukkan jika pewarna makanan berkaitan erat dengan ADHD dan tingkat hiperaktif sang anak.

Jika kamu benar-benar ingin menjadikan sereal sebagai menu sarapanmu, usahakan untuk mencampurkan sereal tersebut dengan susu biasa, bukan yang kental manis, lho, ya.

5. Nasi uduk, bihun, dan gorengan

Nah, poin yang kelima ini cukup mengejutkan karena pada umumnya masyarakat Indonesia melakukannya. Ternyata, ketiga jenis makanan tersebut bisa berdampak buruk, lho, bagi kesehatanmu ketika dikonsumsi pada pagi hari. Penyajian nasi uduk biasanya berbarengan dengan bihun goreng, sambal goreng kentang, hingga gorengan. Kalau diperhatikan, tingkat karbohidrat yang bakalan kamu dapatkan itu udah berkali-kali lipat dan nggak baik buat kesehatanmu. Gorengan yang kamu makan pun biasanya mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi. Kalau kamu memutuskan untuk tetap menjadikan ketiga makanan di atas sebagai menu sarapan, coba kombinasikan dengan berbagai lauk-pauk yang mengandung cukup banyak protein serta sayur buah. Hindari asupan karbohidrat yang terlalu banyak deh, ya.

Itu dia makanan yang sebaiknya nggak kamu jadikan sebagai menu utama sarapan. Kalau kamu mengonsumsi jenis makanan yang disebutkan di atas, baiknya kamu kurangi mulai dari sekarang, ya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Muhammad Sidiq Permadi
"Linguistics - Semiotican"
570SHARES