Kegiatan Bermanfaat yang Bisa Dilakukan Setelah Lulus Sekolah

unsplash.com

Lulus sekolah adalah hal yang paling dinantikan oleh setiap pelajar. Tapi, pernah nggak sih ngebayangin setelah lulus sekolah kita mau ngapain? Nunggu masuk kuliah? Lama. Jeda waktu antara lulus sekolah hingga awal masuk kuliah itu bisa berbulan-bulan lamanya.

Untuk menyiasati dan memanfaatkan jeda waktu tersebut, kamu mulai bisa memulai berbagai kegiatan yang selama sekolah sulit kamu lakukan karena terlalu sibuk. Kegiatan yang mengasah kreativitas tapi bisa menambah pundi pemasukan, apa saja ya kira-kira?

1. Bersantai melepas penat setelah ujian berakhir

pexels.com

Lulus dari sekolah itu bukan tannpa perjuangan. Sebelumnya, kamu akan melalui ujian akhir yang menyita tenaga, pikiran dan waktu. Nggak ada salahnya untuk bersantai sejenak setelah melewati fase itu.

Mungkin kamu bisa jalan-jalan ke luar kota sama keluarga atau sekadar ke mal sama teman. Buat yang hobi merawat diri, meluangkan waktu ke salon untuk treatment juga bisa jadi solusi oke untuk melepas penat setelah ujian nih.

2. Mempersiapkan diri untuk ikut ujian masuk kuliah

pexels.com

Kegiatan selanjutnya yang bisa dilakukan setelah lulus sekolah adalah mempersiapkan diri untuk ikut ujian masuk kuliah. Bagi beberapa orang yang beruntung, mereka sudah masuk universitas impiannya sebelum lulus. Tapi buat yang menunggu SNMPTN tiba, pastinya membutuhkan persiapan matang.

Jeda waktu ini tentunya bisa kamu gunakan untuk belajar. Menyiapkan segala hal supaya bisa bersaing dengan puluhan ribu calon mahasiswa lainnya juga butuh proses yang panjang. Jangan sampai waktumu jadi sia-sia dan menyepelekan hal esensial ini.

3. Mencari pekerjaan sampingan

pexels.com

Selain itu, kamu juga bisa mulai mencari pekerjaan sampingan untuk mengisi waktu luang setelah lulus sekolah. Bagi yang masih galau mau langsung kuliah atau menunda dulu untuk menambah pengalaman kerja, ini bisa jadi pilihan yang tepat.

Kamu bisa mencoba cari pekerjaan sampingan untuk menambah pengalaman kerja sebelum masuk ke dalam dunia kerja yang resmi. Hal ini selain bisa menambah pengetahuan kamu tentang dunia kerja, kamu juga bisa memperluas jaringan pertemanan, nih.

4. Jangan malas, tetap belajar dengan ikutan kursus
pexels.com

Libur sekolah bukan berarti kamu bisa selalu bermalas-malasan. Masa liburan ini bisa kamu manfaatkan untuk mengikuti kursus untuk meningkatkan keterampilanmu.

Kalau suka melukis, kamu bisa ikutan kursus melukis. Kalau tertarik dengan musik, kamu juga bisa mengembangkan bakatmu untuk menjadi musisi. Selain mengasah bakat, ini juga salah satu solusi oke untuk membunuh rasa bosan saat liburan.

5. Sambil menunggu pengumuman, kamu bisa ikutan seminar
pexels.com

Sambil menunggu pengumuman hasil seleksi masuk PTN, kamu juga bisa mengikuti seminar tentang pendidikan atau apapun yang kamu minati. Mengikuti seminar akan menambah pengetahuan akan hal yang kamu minati. Selain bisa memperkaya pengetahuan, sertifikat seminar yang kamu ikuti juga bisa berguna untuk porfolio kerjamu nanti.

6. Perluas koneksi dengan tetap berkumpul dengan teman

pexels.com

Setelah lulus, kamu mungkin nggak akan terlalu sering bertemu dengan teman seperti zaman masih sekolah. Tapi jangan berkecil hati. Kamu tetap bisa terhubung dan tetap berkumpul dengan teman selepas masa sekolah. Dengan adanya media sosial, kalian tetap bisa tahu life update masing-masing, 'kan?

7. Libur panjang bukan berarti malas, olahraga jangan lupa

pexels.com

Libur panjang bukan berarti bermalas-malasan setiap hari. Dengan waktu luang dan istirahat yang panjang, kamu bisa memanfaatkan waktu liburanmu untuk berolahraga agar tubuh lebih bugar. Selain bikin bugar dan sehat, rajin berolahraga bisa bikin mengurangi stres. Bukannya ini yang kamu mau?

Libur panjang untuk menyambut lembar kehidupan baru seharusnya dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat. Selain mengusir rasa bosan, kegiatan di atas akan meningkatkan keterampilan dan pengetahuanmu untuk mempersiapkan diri masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Nggak bakal bikin kamu rugi waktu dan tenaga.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
10 Film dan Drama TV Terbaik yang Dibintangi Yoo Seung Ho | Keepo.me

10 Film dan Drama TV Terbaik yang Dibintangi Yoo Seung Ho | Keepo.me

7 Ketakutan Orangtua yang Akan Kamu Sadari Setelah Punya Anak

7 Ketakutan Orangtua yang Akan Kamu Sadari Setelah Punya Anak

Pebisnis Kuliner Indonesia yang Sukses Raih Omset Miliyaran per Bulan | Keepo.me

Pebisnis Kuliner Indonesia yang Sukses Raih Omset Miliyaran per Bulan | Keepo.me

Penyebab Wanita Lebih Suka Menjalin Hubungan dengan Suami Orang

Penyebab Wanita Lebih Suka Menjalin Hubungan dengan Suami Orang

Kate Middleton dan Kim Kardashian Pakai Baju Serupa, Mana yang Lebih Bagus? | Keepo.me

Kate Middleton dan Kim Kardashian Pakai Baju Serupa, Mana yang Lebih Bagus? | Keepo.me

8 Hal Ini Menandakan Tubuhmu Kekurangan Asupan Protein

8 Hal Ini Menandakan Tubuhmu Kekurangan Asupan Protein

loading