Kebiasaan Unik yang Hanya Ada di Korea Selatan, Aneh Tapi Nyata

unsplash.com

Korea Selatan memang sedang naik daun sebagai destinasi wisata. Hallyu yang semakin menyebar luas membuat banyak orang penasaran sekaligus mencintai dunia musik dari Negeri Ginseng tersebut.

Setiap negara tentu punya ciri khas tertentu sebagai daya pikat sebagai tempat wisata. Hal inilah yang menjadi keunikan yang tidak dimiliki oleh negara lain. Korea Selatan yang memang identik dengan negara modern, lengkap dengan kecepatan internet paling tinggi 5G, indah, dan kaya akan sejarahnya, punya kebiasaan unik yang dilakukan warganya. 

1. Bertanya umur

pixabay.com

Bagi Orang Korea, umur adalah tolak ukur sesorang untuk bicara pada orang lain. Saat pertemuan pertama, pasti yang akan ditanyakan adalah usia atau umurmu berapa. Mengetahui usia seseorang menjadi semacam obsesi orang Korea Selatan. Tujuan bertanya umur ini adalah untuk menentukan cara berbicara dengan orang lain.

Penggunaan bahasa yang sopan atau yang kasual tergantung dari umur lawan bicara. Biasanya seseorang menggunakan banmal ketika berbicara dengan orang yang umurnya sepantaran atau lebih muda. Mereka akan menggunakan jondaenmal ketika berbicara dengan orang yang lebih tua dari mereka sebagai bentuk kesopanan.

2. Barang couple

unsplash.com

Pasangan di Korea Selatan menjunjukan diri jika sudah berpasangan dari pakaian yang dikenakan. Pakaian couple ini lazim ditemukan di sepanjang jalan. Bukan hal aneh jika kalian datang ke Korea Selatan lalu melihat pasangan yang mengenakan pakaian kembaran di jalan.

Tidak hanya baju, biasanya pasangan punya beberapa benda yang khusus dibuat untuk pasangan masing-masing. Misalnya adalah aksesoris seperti strap phone, kalung, cincin, hingga topi. Hal ini dimaksudkan sebagai tanda cinta satu sama lain bagi para couple yang ada di Korea.

3. Makan bareng dengan alat masing-masing

pixabay.com

Kalau sering lihat drama korea, akan ada adegan d imana tokoh utama mengajak makan tema-temannya. Begitu makanan siap, mereka akan mengambil alat makan masing-masing padahal mengambil makan dari satu wadah yang sama.

Penggunaan sendok dan sumpit saat makan bareng ini adalah hal normal di Korea. Di beberapa negara, memakan makanan dengan banyak alat makan tentu dianggap aneh. Tetapi ketika di Korea, hal ini sangat lumrah. Tidak perlu keheranan jika melihat segerombolan orang yang makan bareng dari satu wadah dan langsung mengambilnya dengan alat makan masing-masing.

4. Plastic surgery
pixabay.com

Sebagai negara yang memperbolehkan operasi plastik demi kecantikan, tidak heran jika iklan operasi plastik sangat mudah didapatkan. Korea Selatan juga dikenal dengan standar kecantikan yang membuat seluruh wanita terobsesi memiliki rahang berbentuk V dan mata yang cukup besar.

Masyarakat Negeri Ginseng terobsesi dengan operasi plastik demi mempercantik diri. Di beberapa negara, termasuk Indonesia, operasi plastik adalah hal yang cukup tabu. Tapi bagi Korea Selatan, hal ini lumrah terjadi demi perbaikan kualitas hidup warganya.

5. Skinship
pixabay.com

Kelakuan normal yang jadi kebiasaan unik masyarakat Korea Selatan adalah bersentuhan fisik sesama jenis. Ini sering disebut dengan skinship. Jika biasanya ada dua orang pria saling berpelukan atau melakukan sentuhan fisik lain akan dianggap aneh atau mungkin dianggap kaum minoritas, tapi dalam budaya Korea hal ini sangat wajar dan tidak masuk ke dalam hubungan spesial. Bersentuhan fisik sudah sangat umum dalam melakukan skinship.

6. Cocokologi golongan darah

pixabay.com

Orang Korea sangat tertarik dengan golongan darah. Mereka bertanya mengenai golongan darah meskipun pada pertemuan pertama. Dalam tradisinya, Orang Korea percaya jika golongan darah menentukan kecocokan antara pasangan dan menentukan hal lain.

Bahkan ada sebuah komik buatan Korea yang merupakan riset umum golongan darah A, O, B, dan AB. Ini jadi salah satu bukti saking terobsesinya dengan golongan darah.

7. Bersuara ketika makan

pixabay.com

Kalau biasa nonton Drama Korea, akan ada scene seseorang makan mi instan. Adegan ini selalu ada ciri khas suara ‘slruuuuppp’ ketika makan mi. Dalam kehidupan sehari-hari, orang Korea melakukan itu ketika makan mi apapun.

Memakan mi tanpa berbunyi itu artinya makanan yang kamu makan itu tidak enak. Makanya demi menghormati koki harus bersuara saat makan mi, apalagi kalau memang minya enak.

Sebagai tambahan, hampir sebagian besar orang di Korea Selatan adalah penggemar kosmetik. Pria dan wanita dari berbagai kalangan sudah terbiasa memakai kosmetik untuk menjaga dan merawat penampilan. Tapi masih ada banyak hal yang menarik untuk dipelajari.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Ngakak! Meme Naruto Mati Ramai di Twitter, Netizen: Jadi Pengen Ngelayat ke Konoha | Keepo.me

Ngakak! Meme Naruto Mati Ramai di Twitter, Netizen: Jadi Pengen Ngelayat ke Konoha | Keepo.me

Referensi dan Cara Unik untuk Menabung, Cepat dan Hasilnya Banyak!

Referensi dan Cara Unik untuk Menabung, Cepat dan Hasilnya Banyak!

Kisah Si “Bubble Boy”, Bocah yang Hidup di Dalam Gelembung Seumur Hidup | Keepo.me

Kisah Si “Bubble Boy”, Bocah yang Hidup di Dalam Gelembung Seumur Hidup | Keepo.me

Petuah Realistis yang Bisa Dijadikan Pedoman untuk Bikin Resolusi Baru

Petuah Realistis yang Bisa Dijadikan Pedoman untuk Bikin Resolusi Baru

Tersebar Foto Bugil di Kawasan Sakral Gunung Gede, KLHK Beri Klarifikasi | Keepo.me

Tersebar Foto Bugil di Kawasan Sakral Gunung Gede, KLHK Beri Klarifikasi | Keepo.me

Kebiasaan Buruk Atasan yang Bikin Karyawan Cepat Resign

Kebiasaan Buruk Atasan yang Bikin Karyawan Cepat Resign

loading