Kata-kata Gus Dur Sebagai Pegangan Hidup untuk Anak Muda Belajar Menjadi Indonesia

27 November 2017
|Robertus Jeje
1.9 KSHARES

Abdurrahman Wahid atau yang akrab disapa Gus Dur adalah tokoh Nahdltul Ulama (NU) Indonesia. Buku-buku yang pernah dia tulis, hingga saat ini juga masih sering menjadi bahan diskusi. Sebut saja salah satunya yang berjudul, “Tuhan Tidak Perlu Dibela” yang diterbitkan oleh Tempo pada 28 Juni 1982.

Dalam bukunya, ada kutipan yang sampai sekarang masih menjadi inspirasi banyak orang, yaitu “Islam perlu dikembangkan, tidak untuk dihadapkan kepada serangan orang. Kebenaran Allah tidak akan berkurang sedikit pun dengan adanya keraguan orang. Maka ia pun tenteram. Tak lagi merasa bersalah berdiam diri,” tulis Gus Dur pada bagian akhir tulisannya.

Selain itu, Gus Dur juga pernah mengatakan, “Tuhan tidak perlu dibela, walaupun tidak menolak untuk dibela. Berarti atau tidaknya pembelaan, akan kita lihat dalam perkembangan di masa depan,” tulisnya.

Namun tak berhenti sampai di situ saja, masih banyak lagi kata-kata Gus Dur yang menginspirasi kita semua, bahkan untuk semua kalangan dan seluruh rakyat Indonesia. Ingin tahu apa saja? Berikut Yukepo mencoba memberikan kutipan inspiratif yang pernah dikatakan Presiden Republik Indonesia ke-4 kita, Abdurrahman Wahid.

2. “... Jika kamu bisa melakukan sesuatu yang baik bagi semua orang, orang tidak pernah tanya apa agamamu,”

3. “Semakin tinggi ilmu seseorang, maka semakin besar rasa toleransinya,”

4. “Indonesia bukan negara agama, tapi negara beragama. Ada enam agama yang diakui di Indonesia, jadi tolong hargai lima agama lainnya,"

5. “Kemajemukan harus bisa diterima, tanpa adanya perbedaan,”

6. “... Sebab, Yesus Kristus atau Isa Al-Masih adalah juru selamat seluruh umat manusia, bukan juru selamat umat Kristen saja,”

7. “Marilah kita bangun bangsa dan kita hindari pertikaian yang sering terjadi dalam sejarah,”

8. “Islam datang bukan untuk mengubah budaya leluhur kita jadi budaya Arab,”

9. “Menyesali nasib tidak akan mengubah keadaan. Terus berkarya dan bekerjalah yang membuat kita berharga,”

10. “Memuliakan manusia berarti memuliakan penciptanya,”

Sebenarnya, masih banyak lagi kata-kata Gus Dur yang akan memberi kita banyak inspirasi. Bahkan, kata-katanya ini bisa menjadi pegangan dalam hidup kita untuk menjadi Indonesia. Ia juga disebut sebagai Bapak Pluralisme Indonesia, yang selalu mengedepankan semua rakyat-rakyatnya. Pemikirannya tentang agama, nasionalisme, dan modernisasi membuat dirinya begitu dikenal hingga mancanegara. Ia adalah orang yang santai, ramah, suka bercanda, dan sangat cerdas. Kita patut juga berbangga, karena kita pernah memiliki sosok Gus Dur di Indonesia, bahkan tak jarang di momen-momen tertentu kita masih suka merindukan kehadirannya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Jeje
"be kind to each other"
1.9 KSHARES