Kapan Berhenti Merokok? Negara-negara ini Sudah Mengharamkan Rokok

26 April 2018
|Mega Fitriyani
0SHARES

Merokok sudah jadi bagian dari gaya hidup masyarakat di berbagai dunia, tidak terkecuali Indonesia. Padahal efek buruk rokok banyak sekali. Mulai dari gangguan bagi kesehatan sampai kerusakan alam, efek buruk rokok nggak bisa diremehkan. Oleh karena itu, banyak negara yang memutuskan untuk mengharamkan rokok.

1. Indonesia

Berdasarkan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) tahun 2009, rokok adalah haram, khususnya jika dikonsumsi ibu hamil, remaja, anak-anak, dan merokok di tempat umum. Meskipun ada perbedaan pendapat mengenai hal ini, hampir semua organisasi agama Indonesia menyadari buruknya merokok meskipun tidak semua berani mengharamkan rokok.
Contohnya, NU memberlakukan hukum makruh atau mubah. Namun, rokok tersebut dapat menjadi haram jika orang yang mengkonsumsinya akan mendapatkan keburukan, misal wanita hamil atau orang dengan penyakit paru-paru. Sementara, Muhammadiyah menggolongkan rokok dalam kategori haram.

2. Filipina

Berdasaran Dewan Besar Darul Ifta, FIlipina, rokok dinyatakan haram. Fatwa tersebut dikeluarkan pada 26 Juni 2010. Meskipun mayoritas penduduk Filipina bukan muslim, fatwa ini mendapatkan dukungan dari Departemen Kesehatan setempat dalam rangka mengurangi konsumsi rokok.

3. Malaysia

Negara Malaysia mengeluarkan hukum haram rokok pada tanggal 23 Maret 1995. Keputusan tersebut diperoleh melalui musywarah yang dinamai "Muzakarah Jawatankuasa Fatwa Majlis Kebangsaan Bagi Hal Ehwal Ugama Islam Malaysia Kali Ke-37". Fatwa haram tersebut diambil karena rokok dipandang memiliki dampak negatif lebih banyak daripada manfaatnya. 

4. Singapura

Negara ini mengharamkan rokok untuk dikonsumsi maupun dijual pada Mei 2011. Namun, atas protes masyarakat, bermunculan atas fatwa tersebut.
5. Arab Saudi
Larangan merokok dilakukan di Mekah dan Madinah sejak tahun 2002. Namun, majelis ulama Arab Saudi sudah jauh-jauh hari melarang rokok dijual atau dikonsumsi karena dianggap membahayakan kesehatan dan kurang bermanfaat. Fatwa tersebut diberi nama Fataawa al-Lajnah ad-Daaimah lil-Buhooth al-'Ilmiyyah wal-Iftaa
6. Mesir

Sejumlah ulama besar Mesir mengharamkan rokok. Kemudian, pada tahun 2002, pemerintah menerapkan aturan resmi yang melarang rokok.

7. Suriah

Di Suriah, larangan merokok dilakukan sejak tahun 2007. Bukan hanya merokok, jual beli tembakau juga haram hukumnya. Bukan hanya fatwa, bahkan presiden Suriah mengeluarkan dekrit yang melarang rokok. Orang yang melanggar dekrit ini akan dikenai denda sebesar 2.000 pound suriah atau sekitar Rp460.000.

Negara-negara tersebut mengharamkan rokok untuk dikonsumsi karena dipandang lebih banyak menghasilkan keburukan daripada manfaatnya. Setuju atau tidak, itu pilihan masing-masing. Sehat atau sakit adalah pilihan, seperti kita bebas memilih untuk berhenti atau meneruskan merokok. Jika kita memang benar-benar nggak bisa berhenti merokok, paling tidak, kita bisa berusaha menghargai orang lain dengan cara hanya merokok di smoking area. Setuju?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Mega Fitriyani
"Why worry?"
0SHARES