Kamu Sering Mengalami Insomnia? 8 Hal Ini Mungkin yang Jadi Penyebabnya

22 November 2017
|Mega Fitriyani
0SHARES

Insomnia adalah gangguan tidur yang membuat seseorang tidak mengantuk dan tidak mampu tertidur. Jam tidur pun jadi berkurang. Efek yang dirasakan adalah rasa letih, lemah, lesu, kurang konsentrasi, dan mood yang jelek.

Insomnia bisa berlangsung sebentar dalam hitungan beberapa hari, tapi juga bisa jangka panjang. Stress disebut-sebut sebagai penyebab insomnia. Meski begitu, hal-hal yang sering dilakukan sehari-hari ternyata juga bisa menyebabkan insomnia. Ini dia penyebab insomnia yang jarang kita sadari:

1. Banyak minum kopi

Kopi membuat orang sulit tertidur? Hal ini ternyata bukan mitos. Kopi akan menyebabkan perlambatan terhadap kinerja jam internal tubuh.  Hormon tidur atau melatonin diganggu kerjanya oleh kafein yang memang banyak terdapat di dalam kopi. Efek kafein ini dapat bertahan hingga 8 sampai 10 jam dalam tubuh seseorang.

2. Bermain gadget menjelang tidur

Bermain gadget menjelang tidur memang mengasyikan. Namun, hal tersebut justru akan membuat seseorang sulit tidur. Terkadang, orang bisa bermain game sampai lupa tidur, dan kehilangan rasa ngantuk. Kadang, seseorang kelelahan bermain gadget sampai akhirnya tertidur karena kelelahan. Dua hal tersebut bukan hal yang baik, lho. Untuk mendapatkan tidur berkualitas dibutuhkan pikiran yang tenang, bukan rasa lelah karena terlalu lama bermain gadget.

3. Pengaruh obat

Obat-obat yang bekerja dengan cara menekan sistem saraf pusat biasanya membuat orang sulit tidur, contohnya kortikosteroid, alpha-blocker, dan statin. Sebisa mungkin hindari obat-obatan tersebut. Selain itu, waspadai juga penggunakan obat tidur yang berlebihan. Mengkonsumsi obat tidur jusru akan membuat orang semakin sulit tidur secara alami, sebab, tubuh lama-lama hanya akan bisa tertidur jika diberi obat. 

4. Sedang sakit

Adanya sakit fisik memang membuat tidur jadi tidak bisa pulas. Kerap terbangun di malam hari, tidak mengantuk karena merasakan sakit dan lain sebagainya. Penyakit seperti demam, batuk, sakit gigi, flu adalah penyakit-penyakit yang biasanya jadi biang kerok insomnia. Untuk itu, segera berobatlah jika sakit.

5. Kondisi psikologis yang sedang tidak stabil

Permasalahan psikologis seperti stres, cemas, panik, dan marah bisa membuatmu  sulit tidur. Dalam keadaan ini, tubuh memproduksi hormon kortisol dan adrenalin sehingga efek yang juga dirasakan adalah ketidaktenangan dalam diri. Padahal, untuk dapat tidur dengan pulas dan berkualitas, tubuh membutuhkan perasaan rileks.

6. Jadwal tidur harian yang berubah

Jika kamu memiliki jadwal bekerja shift atau aktivitas di jam istirahat maka itu bisa jadi penyebab insomnia. Tubuh manusia dianugerahi dengan jam biologis sehingga diperlukan konsistensi aktivitas harian. Perubahan jadwal yang cukup ekstrim bisa membuat tubuhmu sulit adaptasi, termasuk mengganggu jam tidur karena adanya ketidakseimbangan ritme sirkadian. 

7. Banyak pikiran di malam hari

Masalah sehari-hari memang sering membuat pikiranmu penuh. Namun, hati-hati, hal ini adalah penyebab insomnia yang paling sering terjadi. Bangunlah mindset positif setiap hari menjelang tidur.

8. Khawatir kurang tidur

Saat sedang kesulitan tidur, umumnya orang makin cemas menghitung berapa jam lagi tersisa sebelum jadwal bangun pagi. Padahal, menghitung berapa waktu yang terbuang untuk sekadar mencoba tidur hanya akan menambah beban pikiran. Untuk menghindarinya lagi, cukup kurangi aktivitas melihat jam saat itu. Toh jika waktu bangun tidurmu tiba, alarmmu akan berbunyi. 

Kurang tidur bisa menjad sangat membahayakan bagi tubuhmu jika tidak segera diatasi. Tak hanya insomnia, kurang tidur bahkan bisa mengakibatkan kematian. Oleh karena itu, yuk coba hindari hal-hal di atas mulai dari sekarang.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Mega Fitriyani
"Why worry?"
0SHARES