Kamu Seorang Perokok? Yuk, Konsumsi Makanan Ini Untuk Jaga Kesehatan Paru-paru Kamu

10 April 2017
|Ani Nur Cholifah
305SHARES

Rokok bagi sebagian orang katanya iseng. Berawal dari iseng kemudian addict. Kalau udah begini mau berhenti juga susah dan butuh proses dengan waktu yang gak sebentar. Ya gak? PDKT aja butuh proses yang akhirnya bikin kamu makin sayang sama gebetan. Nah, sama halnya dengan rokok yang jadi candu dalam tubuh kamu.

Sudah jelas sebenarnya kalau rokok gak baik untuk kesehatan terutama paru-paru kamu. Sambil mengurangi kebiasaan merokok, kamu juga bisa mengonsumsi makanan dan minuman ini demi menjaga kondisi paru-paru kamu. Supaya kerja paru-paru kamu tetap oke dan sehat.

Jangan khawatir, makanan dan minuman ini harganya gak semahal rokok kamu kok. Nah, karena YuKepo sayang dan peduli nih sama kamu, makanya YuKepo udah siapin rangkumannya. Baca ya, enjoy!

 

 

1. Jahe

Biasanya banyak orang yang menjadikan jahe sebagai bahan dasar minuman hangat. Jahe ini ternyata punya kandungan yang bermanfaat untuk mengatasi peradangan pada paru-paru. Kandungan tersebut berupa bahan aktif anti inflasi yang meningkatkan sirkulasi udara dalam paru-paru kamu nih. Silahkan di coba guys!

2. Labu

Kalau kamu ingat buah berwarna oranye yang ada di jadikan kereta kencana dalam kartun Cinderella, itulah salah satu buah dengan kandungan beta karoten dan vitamin C. Kandungan itulah yang bermanfaat banget nih untuk mencegah kanker paru-paru khususnya bagi para perokok. Selain itu labu ini juga bisa dimasak menjadi pudding ataupun kolak. Rasanya di jamin enak deh!

3. Jeruk

Rasanya buah yang satu ini gampang banget buat kamu konsumsi karena gak harus menunggu musiman. Nah, para perokok wajib nih konsumsi buah yang punya kandungan vitamin C terbanyak. Selain itu jeruk juga mengandung vitamin B6 dan anti oksidan yang baik untuk proses kinerja paru-paru badan kamu. Mengonsumsi jeruk secara rutin juga bisa membebaskan radikal bebas yang ada di dalam badan kamu.

4. Delima

Delima bisa dibilang buah yang agak langka tapi cukup baik untuk kemoterapi bagi penderita kanker paru-paru. Alasanya karena delima memiliki kandungan senyawa anti oksidan berupa ellagitannin yang cukup tinggi dan juga vitamin C. Buah ini cukup manis dan bisa kamu jadikan jus lho.

5. Jeruk Bali

Berbeda dengan jeruk, kali ini jeruknya lebih besar yang dikenal dengan nama Jeruk Bali. Jeruk bali ini mengandung flavonoid, vitamin dan mineral yang berkhasiat untuk mengurangi karsinogen ataupun bahan yang bisa memicu kanker paru-paru. Nah, Jeruk Bali ini juga ternyata punya kandungan kalium dan pektin yang bermanfaat banget untuk menstabilkan kondisi paru-paru kamu. 

6. Wortel

Wortel yang tergolong dalam salah satu sayuran ini bagus banget buat menjaga kesehatan paru-paru. Selain memiliki kandungan vitamin A ternyata wortel merupakan sayuran dengan serat alami yang cukup tinggi. Nah, kamu perokok addict yang gak suka sayuran, cobain deh masakan yang mengandung sayur biar paru-paru kamu gak makin rusak.

7. Ikan

Kalau tadi adalah deretan sayur, buah dan rempah-rempah, kali ini berasal dari jenis lauk pauk. Yup, ikan yang kaya dengan kandungan omega ini bagus buat dikonsumsi oleh para perokok. Terutama seperti ikan salmon dan tuna yang punya senyawa omega-3 tinggi. Ada juga kandungan selenium yang bisa membantu melindungi paru-paru dari beragam serangan asap rokok. Perisai untuk paru-paru kamu nih baik perokok aktif maupun pasif. 

Itulah deretan makanan dengan kandungan yang baik untuk menjaga kesehatan paru-paru kamu. Selain baik untuk paru-paru juga baik untuk kesehatan badan. Nah, baiknya lagi segera kurangi kebiasaan merokok kamu sebelum kondisi paru-paru kamu memburuk. Ya sih susah tapi pasti bisa kok, itu semua juga buat kebaikan badan kamu. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Ani Nur Cholifah
"Melawan zona nyaman!"
305SHARES