Kamu Pecinta Kuliner dan Doyan Makan? 10 Pekerjaan Ini Pas Banget Untuk Kamu!

07 April 2017
|Olphi Disya
Life
0SHARES

Pekerjaan di dunia ini begitu beragam bahkan seringnya sulit diklasifikasikan saking banyaknya. Tentu dari keberagaman pekerjaan itu, yang paling baik adalah pekerjaan yang memang menjadi hobi kamu. Pekerjaan yang menjadi hobi pastinya nggak akan membuat kita jenuh dan justru akan membuat kita semangat untuk terus menjadi produktif. Sama dengan pekerjaan, hobi pun tentu beragam. Kamu hobi icip-icip makanan atau doyan makan atau malah pecinta berat kuliner? Tapi masih belum tahu bahwa sebenarnya hobi makan itu ternyata bisa jadi pekerjaan?

Bagi kamu yang senang mengerjakan sesuatu yang berhubungan dengan makanan, kamu pasti ingin mendapatkan penghasilan dari hobi kamu tersebut. Kesepuluh pekerjaan di bawah ini diperuntukkan bagi mereka yang senang dengan dunia kuliner dan pastinya juga yang doyan makan. Kamu nggak perlu takut kalau nggak bisa masak, karena ada pekerjaan yang bisa kamu pelajari dulu atau bahkan ada pekerjaan yang nggak membutuhkan kemampuan masak. Yang penting siapkan lidah dan perutmu untuk bisa bekerja.

1. Chef/koki

Inilah pekerjaan yang paling penting di industri kuliner. Makanan nggak akan tersaji kalau nggak ada yang membuatnya kan? Koki bekerja menghasilkan karya kuliner dari makanan sederhana sampai makanan di restoran/hotel bintang lima. Untuk menjadi koki, kamu harus menempuh pendidikan di sekolah tinggi khusus chef. Dengan menjadi chef wawasanmu di bidang kuliner semakin luas dan kesempatan makan enak pun tentu terbuka lebar.

2. Tukang roti/kue

Kamu senang yang manis-manis? Ternyata kamu bisa menyalurkan hobimu makan yang manis-manis dengan membuat kue dan roti yang punya nilai jual. Nggak hanya roti dan kue, kamu juga bisa berkreasi dengan membuat pastry, dessert, atau cemilan lainnya. Pekerjaan ini nggak akan pernah mati selama masih ada manusia yang suka makanan manis. Lalu bisa kamu jadikan usaha juga deh.

3. Ahli gizi

Siapa bilang mereka yang doyan makan nggak bisa kerja di laboraturium? Kalau kamu senang memberikan pelayanan di bidang makanan, mungkin jadi ahli gizi bisa jadi pekerjaan yang pas nih buat kamu. Kamu bisa memberikan konsultasi tentang makanan sehat dan menu diet. Nggak hanya itu, kamu juga bisa mengatur nutrisi makanan yang tersaji untuk klien. Interested to becoming one?

4. Penguji makanan/ food tester

Percaya nggak bahkan dengan sekedar icip-icip kamu bisa menghasilkan uang? Penguji makanan bekerja untuk merasakan tekstur, rasa, aroma, warna, tampilan, sampai bumbu-bumbu pada makanan tersebut. Kemudian akan dievaluasi yang biasanya ditujukan untuk pengembangan produk makanan. Enak banget kan?

5. Ahli kimia di bidang rasa

Kalau kamu pernah makan es krim dengan rasa cokelat atau makan mie instan dengan aroma yang sedap, itu semua hasil kerja seorang ahli kimia di bidang rasa loh. Pekerjaan ini menuntut kamu untuk mencoba berbagai jenis rasa yang sesuai dengan produk yang akan diciptakan beserta aromanya. Ahli kimia di bidang ini juga nggak henti-hentinya berinovasi tentang rasa hasil dari temuannya. Keren ya!

6. Fotografer kuliner/ food photographer

Sekarang ini banyak pengusaha kuliner yang membutuhkan jasa food photographer untuk keperluan promosi menu makanannya. Kamu yang handal di dunia fotografi bisa banget nih memanfaatkan peluang yang satu ini. Selain harus memiliki skill fotografi, kamu juga harus tahu angle dan properti yang tepat. Setelah sesi foto, biasanya kamu akan dipersilakan mencicipi. Wah, bisa jadi peluang tuh.

7. Jurnalis bidang kuliner/ food blogger

Ternyata dengan modal kata-kata, kamu bisa makan enak lho. Kok bisa? Food blogger saat ini tengah menjadi sorotan di industri kuliner dan pengusaha makanan. Karena food blogger bermanfaat banget untuk mempromosikan dan merekomendasikan menu makanan yang ada. Semakin populer blog kamu maka semakin besar pendapatannya. Tertarik?

8. Pengusaha katering

Hampir sama dengan pekerjaan chef, kamu yang doyan makan bisa mencoba usaha catering nih. Bedanya, catering umumnya memasak untuk porsi yang banyak. Usaha ini bisa kamu lakukan dengan target anak kos, karyawan, atau orang-orang yang lagi diet dengan sistem pre-order. Kalau udah mengerti manajemennya, kamu bisa melebarkan sayap untuk catering acara-acara besar. Wah, lumayan banget!

9. Pengusaha kafe

Mungkin ini adalah pekerjaan dengan modal yang cukup besar. Tapi, dengan menjadi pengusaha kafe atau restoran, kamu berkesempatan untuk mencoba berbagai makanan untuk disajikan kepada para calon tamu. Selain itu, kamu juga bisa mempekerjakan koki untuk kafemu agar bisa icip-icip lagi makanan yang baru.

10. Food stylist

Mungkin jenis pekerjaan ini masih terbilang jarang dan baru di Indonesia. Tapi justru inilah peluang besar bagi kamu pecinta kuliner. Kamu akan bekerja sama dengan koki, fotografer, dan penulis bidang kuliner. Food stylist dibutuhkan untuk mengatur angle, tema, sampai penataan di piring agar makanan terlihat yummy!

Jadi, mana nih pekerjaan yang cocok banget buat kamu? Jangan hanya memikirkan keuntungannya, tapi mulai sekarang kamu udah bisa memikirkan cara mendapatkan pekerjaan tersebut. Ada yang membutuhkan pendidikan khusus seperti koki, ahli gizi, ahli kimia, dan penguji makanan. Tapi ada juga yang bisa kamu pelajari otodidak asalkan serius dan mau berlatih. Kapan lagi dibayar untuk icip-icip bahkan sampai kenyang?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES