Kamu Orang yang Pemalu? Ini 8 Cara Membangun Rasa Percaya Diri!

01 Desember 2017
|Robertus Jeje
0SHARES

Keraguan atau kurang percaya diri adalah masalah yang sering kita alami. Mungkin kamu juga merasakan persoalan ini di lingkungan sosial maupun dunia kerja. Padahal, rasa percaya diri ini mampu membentuk karakter kamu yang lebih kuat untuk meraih kesuksesan. Jadi meski terdengar sepele, rasanya kamu perlu untuk mengusir rasa ragu terhadap diri sendiri ini.

Krisis kepercayaan diri juga bisa menjadi masalah yang rumit dan kompleks – kamu menjadi sulit untuk berkembang dan bersaing dengan yang lainnya. Sebab, persoalan ini akan mempengaruhi kamu dalam pembawaan diri, bertindak, berpikir, cara berbicara, mental kamu, hingga cara kamu dalam mengambil sebuah keputusan – dalam hidup, karier, hubungan, dan lainnya.

Namun kabar baiknya, masalah ini bisa kamu latih kok – meski membutuhkan waktu dan juga proses. Untuk itu, kamu perlu membangun rasa percaya diri yang lebih baik untuk menghadapi semua persoalan itu. Lalu bagaimana caranya? Berikut beberapa langkah mudah dan sederhana yang bisa kamu mulai dari sekarang!

1. Jadikan kegagalan sebagai dorongan kamu untuk belajar

Jangan takut untuk mengambil banyak tantangan sekalipun kegagalan yang menjadi resikonya. Namun cara ini akan membuat kamu belajar – memperbaiki kesalahan dan memupuk pengalaman. Jadikan hal ini sebagai dorongan kamu untuk membangun rasa percaya diri, karena kamu sudah belajar banyak hal dan punya banyak pengalaman.

2. Coba ingat kembali apa saja prestasi yang pernah kamu raih

Tak peduli itu besar atau kecil, coba daftar kembali apa saja prestasi yang pernah kamu raih. Ini bisa membantu kamu untuk mengukur diri sendiri dan melihat kemampuan yang kamu miliki. Dengan begini kamu akan lebih positif dan realistis serta tahu apa yang harus kamu lakukan untuk membuat diri lebih baik lagi.

3. Berhenti membandingkan diri dengan hidup orang lain

Membandingkan hidupmu dengan orang lain hanya akan membuat kamu makin terpuruk. Percayalah bahwa apa yang kamu lihat itu tidak selalu ‘nyata’ dan benar. Suka mengukur diri dan membandingan dengan orang lain hanya akan merusak kepercayaan diri kamu, sehingga untuk menjadi sukses pun akan terhambat.

4. Perbaiki cara kamu berpakaian

Bagaimana cara kamu berpakaian, akan berpengaruh dengan bagaimana kamu merasakan tentang diri sendiri, sekaligus bagaimana orang lain memandang kamu. Namun kamu juga tak perlu mengenakan pakaian yang mahal. Yang terpenting adalah kamu nyaman memakainya. Dan, selalu tekankan saja tiga poin ini; ukuran yang pas, situasi, dan kesesuaian dalam memilih pakaian.

5. Mulai memperbaiki postur tubuh kamu

Jangan suka membungkuk! Sebab, orang yang kurang percaya diri atau tidak memiliki keyakinan cenderung suka membungkuk dan ini bisa membuat postur tubuh kamu jadi jelek. Jadi saat kamu duduk, berdiri, berjalan, diusahakan posisinya tegap. Dengan begini, kamu akan terlihat lebih percaya diri. Atau, kamu bisa memulai fitness untuk membantu memperbaiki penampilan tubuh agar makin percaya diri.

6. Terus belajar untuk memupuk pengetahuan

Teruslah belajar untuk memperkaya pengetahuan. Sebab, semakin kamu memiliki banyak pengetahuan, akan membuat kamu semakin percaya diri. Pengetahuan ini juga bisa menjadi kekuatan kamu di lingkungan sosial, terlebih saat kamu mencoba membuat percakapan dengan orang yang belum kamu kenal.

7. Beranikan diri untuk memulai sebuah percakapan

Ketika kamu berada di lingkungan sosial dan bersama orang-orang yang tidak kamu kenal, cobalah beranikan diri untuk membuka percakapan. Cara ini cukup mudah untuk melatih kamu membangun kepercayaan diri. Selain itu, cara ini juga bisa membantu kamu membangun relasi dengan orang-orang baru.

8. Berada di sekitar orang-orang yang memiliki rasa kepercayan diri

Biasanya, orang memiliki sifat ‘menular’ kepada orang di sekitarnya, entah itu hal yang baik atau buruk. Sebab, lingkungan punya pengaruh besar terhadap diri kita – dalam bertindak, berpikir, berbicara, dan lainnya. Untuk itu, jika kamu ingin membangun percaya diri, beradalah bersama orang-orang yang memiliki kepercayaan diri. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah tertular dan bisa membantu kamu memiliki rasa tersebut.

Rasa yakin dan percaya diri akan membantu kamu untuk memaksimalkan kemampuan diri dan lebih positif dalam bersikap. Hal ini juga mendorong kamu untuk lebih cerdas dalam mencari solusi dan terampil dalam menghadapi tantangan dalam kehidupan. Sehingga dengan ini, kualitas hidup kamu akan semakin meningkat dari semua aspek dan lebih bahagia. Selamat mencoba!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Jeje
"be kind to each other"
0SHARES