Kamu Boleh Menulis 7 Hobi Ini di CV-mu Supaya Jadi Daya Tarik

18 Mei 2017
|Olphi Disya

Ketika menulis Curriculum Vitae (CV), kamu pasti bingung apa aja yang sebaiknya di tulis di lembar CV. Apalagi kalau kamu dihadapkan dengan formulir melamar kerja yang ada kolom hobi. Duh, mau nulis apa ya? Nah, tahukah kamu, kalau para staf rekrutmen kebanyakan juga mempertimbangkan hobi atau aktivitas kesukaan kamu lho. Hobi dinilai sebagai cerminan bagaimana seseorang menikmati kegiatannya. Dari hobi, bisa dilihat juga apakah kamu memiliki kepribadian seperti yang dimaksudkan dalam pekerjaan tersebut atau tidak. Kali ini Yukepo akan ngasih bocoran, kira-kira hobi yang seperti apa sih yang jadi daya tarik dan boleh kamu tulis di CV?

1. Yoga

Menyukai aktivitas yoga dapat menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang akan tetap tenang dan terkendali meski dalam kondisi di bawah tekanan atau stres. Hobi ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi kamu yang akan bekerja di bidang yang membutuhkan banyak energi dan kesibukan yang tinggi seperti di agensi periklanan, media, atau sebagai public relation.

2. Olahraga ekstrem

Olahraga ekstrem seperti panjat tebing, arung jeram, paralayang, menyelam, balap sepeda gunung, atau bermain skateboard dapat menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang disiplin, jago memperhitungkan risiko dan meminimalisirnya. Hobi kayak gini akan membuat kamu terbiasa untuk berani tapi tetap berhati-hati. Kriteria kayak gini cocok banget untuk kamu yang ingin jadi pemimpin di suatu bidang kerja yang lagi di masa perintisan hingga di perusahaan besar sekalipun.

3. Menulis blog

Kalau kamu lagi mencari pekerjaan di ranah komunikasi atau bidang pemasaran, kamu bisa andalkan hobi kamu menulis blog untuk menjadi daya tarik CV-mu. Pastikan blog kamu selalu update dengan gaya penulisan yang baik dan juga mengandung konten-konten yang positif. Dengan begitu, hobi ini akan mencerminkan kamu sebagai orang yang berwawasan luas dan merefleksikan kemampuan kamu dalam mengelola personal brand.

4. Mendaki gunung

Hobi yang satu ini boleh banget dituliskan ke dalam CV kamu, karena hobi kayak gini bisa menggambarkan bahwa kamu adalah orang dengan kepribadian yang kuat, senang menjelajah atau rasa penasaran tinggi, dan juga nggak gampang menyerah. Terutama bagi kamu yang akan berkecimpung di industri travel, tim penyidik, dan juga di dunia militer. Karena fisik dan kamu udah terlatih ketika mendaki gunung.

5. Berkebun

Memiliki hobi berkebun seperti senang merawat tanaman atau bercocok tanam nggak bisa disepelekan lho. Pasalnya, bagi kamu yang akan berkarier di bidang industri pertanian, hobi kayak gini bukan hanya jadi daya tarik tapi juga jadi nilai plus lho. Dengan rajin berkebun, kamu pun akan dinilai sebagai orang yang telaten, bertanggung jawab, serta peduli. Tanaman aja kamu perhatiin, apalagi kerjaan, ya nggak?

6. Fotografi

Fotografi bukan hanya sekedar memotret objek atau momen. Lebih dari itu, melalui hobi fotografi kamu menjadi terlatih untuk berpikir kreatif, sabar, dan pandai menyesuaikan diri. Inilah yang dibutuhkan jika kamu ingin bekerja di digital marketing atau industri kreatif. Terutama kalau kamu tertarik pada posisi creative director. Oh ya, jangan hanya hobi semata, kamu bisa mengunggah karya-karya kamu ke akun sosial media atau weblog sebagai portofolio kamu, ya.

7. Bermain musik

Seni nggak pernah salah. Hobi bermain musik nggak hanya cocok untuk kamu yang akan berkiprah di industri musik. Kebiasaan bermain musik akan membuatmu terlatih untuk fokus, berdedikasi, kreatif, dan disiplin. Apalagi kalau kamu memainkan alat musik seperti gitar, biola, piano, atau saksofon. Bahkan kalau kamu akan melamar kerja di bidang teknik, hobi kayak gini bisa membantu kamu jadi lebih menonjol lho dibandingkan dengan kandidat lain.

8. Bonus: Apapun hobimu yang nggak biasa tapi positif

Sebenarnya, menulis hobi apapun asalkan positif akan menjadi daya tarik di CV-mu. Misalnya hobi membuat kerajinan tangan, bikin kue, atau apapun yang menarik dan nggak biasa akan menjadi bahan obrolan yang asyik ketika proses wawancara.

Itulah berbagai hobi yang boleh kamu tulis di CV karena bisa jadi daya tarik kamu dalam melamar pekerjaan. Oh ya, tips lagi nih. Kalau bisa sih jangan menulis “membaca” sebagai hobi kamu, karena membaca merupakan hal yang umum dilakukan semua orang dan terkesan nggak unik. Kalau kamu merasa nggak punya hobi yang ‘menjual’, kamu bisa cobain aktivitas-aktivitas di atas. Kali aja kamu menemukan hobi yang sesuai dengan minat dan tujuan karier kamu. Good luck!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
SHARES