Kamu Bisa Saja Memiliki Masa Lalu yang Kelam Tapi Bukan Berarti Kamu Tidak Bisa Memiliki Masa Depan yang Indah

10 November 2016
|Monica Petra

Pernah nggak kamu merasa gagal dalam hidupmu? Mungkin study-mu? Kisah cintamu? Relationship dengan orang tua? Pernah ngerasa hidupmu ancur-ancuran, semua yang kamu lakuin salah. Gak bisa nyenengin orang yang kamu sayang. Pokoknya parah bangetlah. Apa pun itu. Terus kamu ngerasa putus asa, ngerasa selamanya gak akan bisa bahagia. Dulu sudah ancur, sekarang sama aja dan nggak mungkin masa depan lebih baik. HopelessGuys, buang jauh-jauh pikiran negatif itu! Kalo kamu pernah merasa, atau sampe hari ini masih merasa kalo kamu itu 'loser', kamu wajib baca artikel ini. Ada hal-hal yang bisa kamu renungkan dan lakukan agar kamu tau kalo masa depan itu indah. Okay? 

1. Berdamai dengan diri sendiri

Hal pertama yang nggak mudah buat lakuin kalo kamu ingin menuju masa depan yang indah. Kamu harus berdamai dengan dirimu sendiri. Apa pun yang kamu pernah lakuin. Kesalahan-kesalahan dan perasaan-perasaan negatif tentang dirimu sendiri, kamu harus maafkan dirimu sendiri. Sadar, kalo kamu itu berharga. Kamu itu indah. Kamu nggak perlu pengakuan orang lain untuk nunjukin kalo kamu itu berharga. Ingat itu. Terima diri kamu sendiri.

2. Berdamai dengan orang lain

Setelah berdamai dengan diri sendiri. Maafin juga orang lain. Kalo memang masa lalumu yang kelam itu berhubungan dengan orang lain, mantan, ayah atau siapa pun dia. Bukan hal yang mudah. Tidak perlu memaksakan diri untuk langsung baik sama mereka tetapi setidaknya bereskan hatimu. Maafin mereka. Hal ini akan membantumu untuk melangkah ke depan. Okay?   

3. Tidak semua yang terjadi di masa lalu adalah kesalahanmu

Besarkan hatimu. Angkat kepalamu. Ini bukan tentang mencari pembenaran diri sendiri. Tapi renungkanlah dan percaya. Semua terjadi karena suatu maksud. Kadang sesuatu terjadi karena memang harus terjadi seperti itu. Keluarga yang broken, gagal study.. dan masih banyak, banyak lagi. Ada hal-hal yang di luar kendali kita meski kita sudah melakukan yang terbaik.

4. Menjadi lebih baik

Apa pun yang pernah terjadi di masa lalu tentu itu membuatmu berubah. Ya kan? Kamu menjadi seperti sekarang karena masa lalu. Teruslah berusaha menjadi pribadi yang lebih baik lagi setiap hari. Mungkin dulu kamu pernah tidak patuh sama ortu, sekarang lebih patuh. Mungkin dulu ayahmu ninggalin kamu, pergi entah ke mana dan kamu benci setiap ingat itu maka sekarang kamu harus mulai memaafkan. Juga tunjukin kalo kamu bisa mandiri. 

5. Pandang ke depan

Tetap melangkah. Jangan menyerah. Klise banget. Tapi memang, guys. Hal-hal inilah yang harus kita lakukan. Motivator terbaik buat kamu ya diri kamu sendiri. Mungkin tahun ini kamu gagal masuk perguruan tinggi, belajar lagi dari sekarang. Semangat!

6. Ada hikmah di balik segala sesuatu

Sulit untuk diterima. Tetapi gak ada salahnya mempercayai hal itu kan? Mungkin kita nggak lihat hal baik sekarang. Ato 1-2 tahun ke depan, masih kita jalani dengan penuh tanda tanya. But somehow.. Akan ada waktunya ngerti kok. Kalo toh memang nggak ngerti, setidaknya hal-hal buruk itu sudah berlalu. Betul gak sih? Ada senang ada susah. Semua hanya sementara. Sip!

 

7. Sudah selesai

Jangan berlarut-larut dalam kesedihan dan penyesalan. Kamu pernah ditipu, kamu pernah dibohongin, merasa gak disayangi ortu. Masa lalu biarlah di belakang. Ingat, semua sudah selesai. Buka lembaran baru. Kamu bisa mengisinya dengan hal-hal yang baik. 

So, dengan ngelakuin dan menyadari ke-7 hal di atas rasanya gak mungkin kamu akan terus terpuruk. Masa sekaranglah yang nentuin masa depanmu. Jangan takut, jangan nyerah. You are not loser. You were born to be a winner. Okay?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Monica Petra
Gak Punya Quote Nih!
SHARES