Kamar Kos Sempit Emang Bikin Gerah, Ini 6 Trik Biar Jadi Adem Kayak Senyumanmu!

co.pinterest.com

Sudah bukan sesuatu yang baru kalau tinggal di kos-kosan itu harus hidup serba minimalis, termasuk ukuran kamar pun juga ‘ngirit’. Kebanyakan kamar kos umumnya ukuran 3x3 atau 3x2, bahkan ada yang lebih sempit dari itu. Parah, kan? Jadi perihal kamar terasa panas dan sempit sudah jadi ‘makanan’ sehari-hari. Belum lagi kalau cuaca panas dan sirkulasi udara nggak lancar, duh lengkap sudah deh penderitaan kamu.

Tapi tenang saja, ada cara untuk mengakali hal ini, kok. Tapi kamu dituntut untuk sedikit kreatif, ya. Berikut beberapa cara yang bisa kamu coba agar kamar terasa lebih adem dan ayem. Yuk, kepoin!

1. Memasang exhaust fan untuk memaksimalkan ventilasi udara kamar kamu

pucis.blogspot.com

Untuk hidup nyaman itu memang butuh sedikit modal. Kamu bisa membeli exhaust fan dengan harga yang beragam, dari puluhan hingga ratusan ribu. Kamu bisa memasangnya di kamar kos. Kegunaan alat ini adalah untuk menjaga udara yang masuk dan keluar sirkulasinya bagus serta bersih. Tapi kamu juga harus rajin membersihkannya ya, pastikan tak ada kotoran atau debu yang menumpuk di kipasnya.

2. Nggak punya AC? Tenang, kamu bisa bikin ‘AC’ buatan kamu sendiri. Gini caranya!

www.dailymotion.com

Bahan yang kamu butuhkan:

•    Kipas angin

•    Tali rafia

•    2 botol plastik bekas

•    Cutter

•    Paku

•    Es batu

Cara membuatnya begini:

1.    Pertama potong bagian bawah botol plastik kamu, kira-kira ¾ saja. Kamu bisa gunakan cutter untuk memotongnya. Terus potongannya jangan dibuang, ini bisa untuk tutup nanti.

2.    Setelah itu, bagian atas badan botol kamu lubangi menggunakan paku.

3.    Kalau sudah, ikat botol di belakang kipas angin menggunakan rafia. Pastikan posisi botol jangan terbalik, ya. Bagian atas adalah bawah botol yang kamu potong tadi.

4.    Kemudian kamu masukkan es batu ke dalam botol. Tapi jangan melebihi lubang-lubang paku tadi. Setelah itu nyalakan kipas angin. Dengan begitu udara akan terasa dingin seperti AC.

5.    Lalu kalau es sudah mencair, kamu tinggal buka tutup botol di bawah lalu masukkan lagi es batu yang baru.

3. Pasti banyak dari kamu yang belum memaksimalkan penggunaan kipas angin. Caranya begini biar udara tetap terasa dingin

kantormeme.blogspot.com

Kebanyakan orang pasti mengarahkan kipas angin tepat ke badan. Sebenarnya ini kurang tepat juga. Memang awalnya badan kamu akan terasa dingin (atau masuk angin) karena ditiup angin secara langsung. Tapi ini tidak bertahan lama dan pasti badanmu akhirnya gerah juga. Nah biar udara dari kipas tetap dingin, arahkan kipas angin ke dinding kamar kamu, jadi berlawanan dengan posisi kamu. Dengan begitu sirkulasi udara akan lebih maksimal.

4. Biar ruangan kamu terasa lebih segar, kamu bisa coba menaruh indoor plants ke dalam kamar
balconygardenweb.com

Tanaman bisa menyejukkan udara dan pandangan mata kamu. Untuk itu, kamu bisa coba menaruh tanaman di dalam kamar. Banyak kok tumbuhan yang bisa tumbuh di dalam ruangan seperti lucky bamboo, anggrek bulan, palem kuning, sansevieria, dan lainnya. Jadi kamu tinggal memilih tanaman mana yang sesuai dengan selera kamu.

5. Kebiasaan buruk anak kos, kamu jangan terlalu banyak menaruh barang di kamar. Ini bikin ruangan terasa lebih sempit!
news.donga.com

Mulai sekarang belajarlah untuk lebih rapi, ya. Jangan terlalu banyak barang yang ada di dalam kamar, ini bikin sumpek dan gerah. Mungkin pertama kamu bisa menyortir barang-barang kamu. Kalau banyak barang nggak penting, titipkan saja ke gudang. Atau, kamu juga bisa menjualnya ke tukang loak, kan lumayan untuk menambah pendapatan. Soalnya kalau terlalu banyak barang numpuk, udara di dalam kamar jadi gampang kotor dan berdebu.

6. Biar di kamar terasa lebih sejuk dan tenang, cat ulang tembok kamar kamu dengan warna yang cerah

weheartit.com

Kalau kamar bisa nyaman, pasti hidup kamu juga lebih menyenangkan. Cara yang bisa kamu coba adalah mengecat tembok kamar kos. Mungkin warna yang bisa kamu pilih seperti biru muda, putih, atau hijau muda. Pokoknya kamu bisa menggunakan warna-warna yang bikin sejuk. Tapi kalau kamu terlalu malas untuk ngecat, ya sudah kamu bisa membeli wallpaper aja. Ini lebih simpel dan praktis!

Nah, itulah tadi beberapa trik agar kamar kamu bisa lebih dingin dan nyaman. Semoga cara-cara tadi bisa membantu menghilangkan kegerahan saat di dalam kamar. Selamat mencoba dan rasakan bedanya.

 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Kamu Nggak Perlu Menggantung Cita-Cita Setinggi Langit, Begini Alasannya!

Kamu Nggak Perlu Menggantung Cita-Cita Setinggi Langit, Begini Alasannya!

Dari Cegukan Hingga Bicara Aneh, Ini 8 Gejala Stroke yang Sering Terabaikan!

Dari Cegukan Hingga Bicara Aneh, Ini 8 Gejala Stroke yang Sering Terabaikan!

Ada Apa Aja di X-Urban Fest 2018 yang Lagi Hits Ini? Belum Gaul Kalau Kamu Nggak Tau!

Ada Apa Aja di X-Urban Fest 2018 yang Lagi Hits Ini? Belum Gaul Kalau Kamu Nggak Tau!

Ini 5 Masalah Yang Bakal Muncul Kalo Kamu Memutuskan Kencan Sama Teman Sekantor

Ini 5 Masalah Yang Bakal Muncul Kalo Kamu Memutuskan Kencan Sama Teman Sekantor

Cewek Sulung Memang Luar Biasa, Inilah 6 Fakta Anak Pertama Perempuan

Cewek Sulung Memang Luar Biasa, Inilah 6 Fakta Anak Pertama Perempuan

Sudah Masuk Bulannya, Ini Zodiak yang Paling Cocok dan Nggak Cocok Sama Leo!

Sudah Masuk Bulannya, Ini Zodiak yang Paling Cocok dan Nggak Cocok Sama Leo!

loading