Kalau Pikiran Lagi Kacau, Begini Cara Terbaik untuk Menenangkan Hati Kamu

15 Februari 2018
|Robertus Ari
0SHARES

Sudah sewajarnya manusia menghadapi berbagai masalah dalam hidup. Lika-liku kehidupan ini juga sangat beragam. Mungkin bisa masalah dalam hubungan, pekerjaan, percintaan, dan lainnya. Memang nggak mudah juga untuk terus move on dan melewati semua persoalan ini. Tapi kalau galau berkepanjangan juga nggak baik buat kesehatan fisik maupun mental kamu. Untuk itu, berikut beberapa cara menenangkan hati yang bisa kamu coba saat pikiran lagi kacau.

1. Berhenti menyalahkan diri sendiri

Cara menenangkan hati yang bisa kamu lakukan pertama adalah berhenti menyalahkan diri sendiri. Sebab, hal ini justru bisa membuat kamu makin tertekan dan masalahmu tak kunjung selesai. Jadi lebih baik ambil pelajaran positif dari hal ini agar kamu menjadi manusia yang lebih baik lagi.

2. Belajarlah untuk memaafkan dan ikhlas

Percayalah, menyimpan dendam tak ada untungnya buat kamu. Justru ini bisa membuat hidupmu terasa tidak nyaman. Cobalah untuk memaafkan atas apa masalah yang kamu hadapi, atau mungkin ada seseorang yang mengecewakan kamu. Jika kamu bisa ikhlas memaafkan, kamu akan menjadi pribadi yang lebih dewasa dan bijak dalam berpikir.

3. Mencoba berbagai kegiatan atau aktivitas positif

Melakukan berbagai hal positif bisa menjadi cara menenangkan hati. Ini bisa cukup efektif, kok. Misalnya saja kamu mulai melakukan hobi kamu, olahraga, belajar alat musik, membaca buku, dan lainnya. Sehingga kamu bisa lebih produktif setiap hari, bahkan teman baru juga bisa kamu dapatkan.

4. Mulailah mengubah cara pandang kamu

Ubahlah cara pandangmu dalam menghadapi setiap masalah. Jangan hanya negatifnya saja yang kamu lihat, tapi ambillah sisi positif sebagai pembelajaran. Jika kamu bisa berpikir lebih baik, hati kamu akan lebih tenang dan kegelisahan bisa hilang. Sebab, serumit dan seberat apa pun masalah itu, pasti ada hikmah yang bisa kamu ambil, kok.

5. Cobalah berbagi atau menceritakan masalahmu dengan sahabat

Berbagi cerita atau curhat dengan orang terdekat adalah salah satu cara menenangkan hati yang sering dilakukan. Hal ini bisa membantumu meringankan beban dan hatimu. Mungkin kamu akan merasa lebih nyaman dan lega setelah menceritakan berbagai uneg-uneg yang kamu alami.

6. Dengarkan lagu atau film yang bisa bikin kamu happy

Jangan dengarkan lagu yang melow karena ini bisa memperburuk keadaan. Tapi kamu bisa memilih lagu yang bisa bikin kamu happy dan bersemangat. Hindari juga menonton film sedih, cobalah pilih film dengan genre action atau komedi. Cara ini dijamin bisa menghibur hati kamu dan menenangkan pikiran kamu.

7. Melakukan meditasi

Meditasi juga bisa jadi cara menenangkan hati yang cukup efektif. Hal ini bisa membuat pikiran dan hatimu rileks. Kamu bisa melakukan ini di rumah atau kamar. Fokuskan pikiran kamu pada titik tertentu dan atur pernapasan kamu. Dengan suasana yang tenang, bisa membantu kamu untuk menghilangkan kegelisaan dan meringankan beban yang kamu hadapi.

8. Jangan lupa untuk tetap beribadah

Meski pikiran dan hati lagi kacau, jangan sekali-kali kamu tinggalkan ibadah. Sebab, dengan mendekatkan diri kepada-Nya, bisa membuat hatimu lebih tenang. Jadi seberat apa pun masalah kamu, selalu sertakan Dia untuk membantu menyelesaikan masalah yang kamu hadapi. Karena Dia-lah, kamu bisa mendapatkan jalan untuk keluar dari masalah ini.

9. Selalu bersyukur dengan apa yang kamu alami

Memang sangat sulit untuk bersyukur di tengah masalah yang sedang kamu hadapi. Namun bagaimana pun itu, bersyukur adalah cara untuk menguatkan hatimu dengan berbagai cobaan yang ada. Dengan begini, kamu akan menjadi pribadi yang lebih tahan banting dan bisa membantumu berpikir jernih untuk menyelesaikan masalah.

Beberapa cara menenangkan hati di atas bisa kamu praktikkan untuk berbagai persoalan. Jadi kalau pikiran dan hatimu lagi kacau, tak ada salahnya beberapa cara di atas kamu coba.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Ari
"be kind to each other"
0SHARES