Kalau Kamu Memiliki Ciri-ciri Ini, Tandanya Kamu Adalah Orang Cerdas. Kamu Punya nggak?

www.pexels.com

Di peradaban modern seperti sekarang ini, kecerdasan seseorang biasanya ditinjau dari angka-angka, seperti nilai ujian, skor IQ, dsb. Meski begitu, ternyata ada juga beberapa cara sederhana untuk memperkirakan tingkat kecerdasan seseorang dari kebiasaan yang sering dilakukan setiap harinya.

Tindak-tanduk seseorang adalah cermin dari kepribadian orang itu sendiri. Ilmu psikologi ternyata bisa memberi tahu kepada kita bagaimana orang cerdas akan berperilaku di kesehariannya. Di bawah ini, kamu bisa membaca beberapa informasi mengenai ciri-ciri tersebut. Langsung aja yuk, kita kepoin!

1. Aktif dan suka bertanya

www.thoughtco.com

Orang yang sering mempertanyakan sesuatu bahkan sampai persoalan yang paling kecil sekalipun bukan berarti menunjukkan bahwa orang itu lemot alias “lemah otak”. Malahan, orang yang sering bertanya adalah ciri-ciri orang dengan kecerdasan yang cukup tinggi. Dengan kata lain, orang cerdas adalah orang yang menyadari bahwa dirinya adalah orang yang tidak banyak tahu. Begitu pun kebalikannya. Orang yang menganggap bahwa dirinya sudah tahu segalanya justru perlu dipertanyakan lagi tingkat kecerdasannya.

2. Tidak gampang percaya

theconversation.com

Orang cerdas tidak akan menerima informasi secara mentah-mentah sebelum yakin betul bahwa informasi yang diterimanya adalah fakta. Didukung oleh rasa penasaran yang tinggi, orang cerdas tidak akan mudah percaya saat mendengar berita simpang-siur yang belum jelas, seperti hoax.

3. Sering melakukan pekerjaan di malam hari

uk.businessinsider.com

Orang cerdas lebih senang bekerja di malam hari karena mereka lebih senang bekerja di situasi yang tenang sehingga mereka bisa berkonsentrasi penuh atas apa yang mereka kerjakan. Meskipun begitu, hal ini berkaitan dengan soal pilihan, bukan tuntutan. Artinya, orang-orang yang bekerja di shift malam belum tentu bisa kita anggap sebagai orang cerdas.

4. Tak sedikit dari mereka yang pendiam
medium.com

Orang cerdas biasanya akan berpikir matang-matang sebelum mengungkapkan apa yang ada di dalam pikirannya. Mereka hanya akan membicarakan hal yang sekiranya dianggap berbobot, dan jika mereka mendengar pembicaraan yang mereka anggap sebagai hal yang kurang penting, mereka lebih senang mencerna daripada ikut nimbrung.

5. Menyukai seni, khususnya musik
www.sydbarrettpinkfloyd.com

Sebuah studi psikologi pada tahun 2011 membuktikan bahwa 90% anak yang senang dalam bidang seni, khususnya musik, memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi dibanding orang yang tidak begitu menyukai seni.

6. Sering sendiri di tengah keramaian

theramp.org

Orang cerdas biasanya lebih senang tenggelam dalam pikirannya sendiri. Akibatnya, mereka lebih sering sendiri di tengah keramaian sambil asik memikirkan suatu hal. Mereka juga lebih senang menyepi daripada berada di tengah kerumunan karena dengan begitu, energi mereka untuk berpikir akan tetap terjaga.

7. Mau mengakui kesalahan

www.youtube.com

Saat seseorang mau mengakui kesalahannya, artinya dia akan mengevaluasi diri dan berubah menjadi orang yang lebih baik. Dengan begitu, kemampuan berpikirnya akan terus meningkat. Akan beda ceritanya bagi orang yang sering menyembunyikan kesalahannya sehingga mereka tidak mendapatkan pelajaran apapun. Ingat, cerdas berbeda konotasinya dengan licik, ya. 

8. Mudah merasa cemas

www.sbs.com.au

Baik disadari maupun tidak, orang berpikir karena ada rasa gelisah yang menghinggapinya. Maka dari itu, wajar saja jika orang yang sering memutar otak adalah orang yang mudah gelisah. Akan tetapi, cemas berlebihan pun tidak baik juga bagi kesehatan otak dan malah bisa mengurangi IQ.

9. Selalu berpikiran terbuka
www.dreamstime.com

Jangan samakan orang berpikiran sempit dengan idealis. Orang idealis bukanlah orang yang tidak mau membuka diri terhadap pendapat orang lain. Orang idealis adalah orang yang memiliki prinsip, tapi bukan berarti mereka menganggap gagasan orang lain yang tidak sesuai dengan prinsip dirinya sebagai sesuatu yang lebih rendah. Malahan, dengan menghormati gagasan luar, mereka dapat mempelajari banyak hal sehingga kecerdasan mereka pun semakin meningkat.

10. Sulit merasakan bahagia
www.lifehack.org

Berhubung orang cerdas biasanya tidak mudah puas dan selalu berusaha untuk maksimal dalam segala hal, akibatnya mereka pun lebih sulit bahagia dibanding orang dengan kemampuan otak rata-rata. Jadi, jangan sedih kalau kamu merasa sulit merasakan kebahagiaan. Setidaknya kamu memiliki kemampuan untuk menuntaskan pelbagai masalah yang menghadang di depan kamu.

Itulah beberapa ciri yang dimiliki oleh orang-orang cerdas. Meskipun poin-poin di atas diadaptasi dari penelitian ilmiah, kepribadian manusia adalah sesuatu yang kompleks dan memiliki keunikan untuk setiap individunya. Jadi, kamu jangan langsung merasa puas karena kamu punya ciri-ciri di atas karena bisa-bisa nantinya kamu malah jadi takabur. Oke?

 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Biar Cewek Nggak Penasaran, Ini 5 Hal yang Dilakukan Cowok Kalau Lagi Mellow

Biar Cewek Nggak Penasaran, Ini 5 Hal yang Dilakukan Cowok Kalau Lagi Mellow

Mempertahankan Passion Buat Cari Kerja, Ini Langkah yang Seharusnya Dipilih!

Mempertahankan Passion Buat Cari Kerja, Ini Langkah yang Seharusnya Dipilih!

7 Trik Ini Bikin Belajar Renang Jadi Lebih Mudah. Nggak Takut Ditenggelamkan Deh!

7 Trik Ini Bikin Belajar Renang Jadi Lebih Mudah. Nggak Takut Ditenggelamkan Deh!

Fakta Ini Buktikan Kalau No Makeup Makeup Look Nggak Cocok Dipakai Nge-date!

Fakta Ini Buktikan Kalau No Makeup Makeup Look Nggak Cocok Dipakai Nge-date!

Begini Nih Nasib Para Mahasiswa Tingkat Akhir, The Struggle is Real!

Begini Nih Nasib Para Mahasiswa Tingkat Akhir, The Struggle is Real!

Hasil Foto Prewedding Makin Cute dengan Properti 10 Barang Sehari-hari ini!

Hasil Foto Prewedding Makin Cute dengan Properti 10 Barang Sehari-hari ini!

loading