Kacau, Fitur “Safety Check” Malah Dijadiin Becandaan Sejumlah Netizen

27 Mei 2017
|Rhesa Leo
Life
0SHARES

Pada Rabu malam (25/5/2017) lalu Jakarta, tepatnya Kampung Melayu diguncang aksi teror ledakan bom bunuh diri. Tragedi bom yang memakan korban 15 orang. Keesokan harinya seperti biasanya Facebook mengaktifkan fitur Safety Check bagi para penggunanya yang berada di sekitar area bencana alam ataupun serangan teroris, dalam kasus ini para pengguna Facebook di sekitar area Jakarta.

Jika kamu berada di sekitar area Kampung Melayu, Jatinegara, atau Jakarta pada umumnya, sistem Facebook akan secara otomatis mengirim notifikasi yang kurang lebih menanyakan kondisi para penggunanya: “Ledakan di Jatinegara, beritahu teman, bahwa Anda baik-baik saja.” Ada dua tombol yang disediakan dalam notifikasi, yaitu 'Saya baik-baik saja' dan 'Saya tidak terdampak'.

Kalau kamu memilih opsi pertama “saya baik-baik saja”, maka kamu akan dibawa ke layar berikutnya yang berisi update atau feed dari perisitiwa krisis yang dimaksud beserta status keamanan teman-teman dalam kontak pertemanan kamu yang berada di sekitar lokasi kejadian. Di halaman ini juga terdapat opsi 'Find help' untuk menemukan orang-orang yang membutuhkan bantuan atau korban dalam kejadian bom Kampung Melayu serta opsi 'Offer Help' jika kamu ingin memberikan pertolongan bagi orang-orang yang berada di sekitar lokasi ledakan.

Keseluruhan ada 10 jenis bantuan yang bisa diminta atau ditawarkan pada korban, seperti makanan, air, transportasi sampai makanan untuk hewan peliharaan. Tentu saja fitur ini dibuat agar mempermudah para pengguna Facebook untuk memperoleh pertolongan saat terjadi bencana atau aksi teror.

Sayangnya, entah karena punya selera humor terlalu tinggi atau rendahnya rasa empati. Ada aja netizen alay yang pakai fitur ini secara kurang bijak. Beberapa netizen bahkan malah menggunakan fitur safety check bom di Kampung Melayu sebagai guyonan sampai ajang promosi barang dagangannya. 

"Butuh sandaran hidup… butuh dicintai”, tulis salah seorang pengguna Facebook Indonesia yang disertai dengan permintaan bantuan untuk satu orang. 

“Kali aja ada yang ngajak check-in”, tulis pengguna Facebook yang lain disertai dengan permintaan “request shelter” yang seharusnya digunakan untuk meminta tempat perlindungan bagi korban yang benar-benar kehilangan rumah.

 

 

Hal ini tentunya sangat disayangkan karena akan menyulitkan para pengguna Facebook yang benar-benar membutuhkan bantuan karena tertutup oleh permohonan-permohonan lainnya merupakan guyonan dan promosi. Duh, kamu jangan ikutan norak kayak gitu ya. Gunakanlah fitur safety check dengan benar dan bijak.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Rhesa Leo
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES