Kabar Baik Buat Admin Grup WhatsApp, Kini Ada Fitur Baru Buat 'Mendiamkan' Anggota yang Berisik

19 Mei 2018
|Chandra W.

Coba periksa aplikasi chatting WhatsApp di handphonemu sekarang. Ada berapa grup di dalamnya? Dari grup pertemanan hingga pekerjaan tumpah ruah di sana. Aplikasi ini banyak dipilih karena simpel dan mudah digunakan. Namun dalam satu grup pasti ada saja satu dua anggota yang hobi 'nyampah'. Mengirimkan gambar, video dan konten yang tak sesuai obrolan dan tujuan dibuatnya grup atau memang senang mengetikan pesan provokatif. Bahkan juga biasanya ada yang gemar menyebarkan info dari 'grup sebelah'. 

Kehadiran orang-orang seperti itulah yang sering membuat admin grup merasa serba salah. Mau menegur di dalam grup, tidak enak. Menegur secara pribadi, takut hubungan jadi pelik. Mau mengeluarkan dari grup, nggak mungkin. Jadi enaknya diapain? Kabar baik untuk para admin grup WhatsApp, ada fitur baru bernama Restrict Group. Restrict jika diartikan bahasa Indonesia bermakna membatasi atau mempersempit. Itulah fungsi fitur Restrict Group.

Apa yang dibatasi? Aktivitas masing-masing dalam grup bisa terpantau dan harus melewati persetujuan admin dengan klik tombol 'Message Admin' sebelum memosting pesan biasa, pesan suara, dokumen, hingga gambar dan video. Fitur ini telah dibuat sejak Desember 2017, namun hingga saat ini belum resmi diluncurkan. Jika kelak diresmikan, fitur ini dapat digunakan pada sistem operasi Android, iOS, dan Windows phone. Nantinya, anggota yang di-restrict juga tidak bisa mendapatkan tanggapan dari anggota lain dalam grup. Tentunya ini berbeda dengan sebelumnya di mana semua anggotanya dapat melihat, mengirim dan menanggapi kiriman dari anggota lainnya. 

Apakah fitur Restrict Group adalah salah satu fitur yang pernah kamu dambakan, wahai admin grup yang bertanggungjawab? Kira-kira akan ampuh untuk mengurangi tingkat keberisikan anggota atau malah bikin ribet adminnya sendiri? Atau malah grupnya jadi sepi? Tergantung penerapan dan sejauh mana pembatasannya sih. Kita hanya bisa menunggu saja peluncuran resmi fitur Restrict Group dari WhatsApp ini. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
SHARES