Kabar Baik Bagi Para Pembaca, Tere Liye Kembali Menerbitkan Novel Baru Tahun Ini!

09 Februari 2018
|Chandra W.
0SHARES

Juli 2017 yang lalu, penulis kenamaan Darwis Tere Liye atau yang biasa disebut Tere Liye membuat sebuah keputusan yang mengejutkan dunia kepenulisan dan terutama para pembaca setia karya-karyanya. Tere memutuskan untuk menghentikan peredaran karya-karya di toko buku dan berhenti cetak ulang dari penerbit besar Gramedia dan Republika. Ke-28 bukunya hanya dijual yang tersisa di stok. Keputusan ini ia buat lantaran merasa bahwa penulis dikenakan pajak yang sangat tinggi dan menurutnya tidak adil.

Tapi kabar terbaru mengatakan bahwa 2018 ini akan ada dua novel barunya yang terbit sekitar pertengahan tahun. Apa ya kira-kira yang melatarbelakangi keputusannya untuk kembali menerbitkan buku? Tahun 2017 lalu, Tere Liye menyatakan telah menyurati dan mengajukan permohonan audiensi kepada beberapa lembaga yang terkait dengan kebijakan pajak bagi penulis, di antaranya Dirjen Pajak dan Bekraf namun tidak ada tanggapan. Isu pajak penulis pun akhirnya ditanggapi salah satunya oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani dengan bertemu langsung dan tindak lanjutnya dilakukan oleh Dirjen Pajak.

Setelah menghentikan kontrak penerbitan selama hampir tujuh bulan dan membagikan buku-buku dan tulisan-tulisannya di Facebook Page, Tere Liye kembali muncul ke publik dengan berita yang cukup membawa angin segar bagi pembaca setianya. Ia kembali akan mengeluarkan buku dan bekerja sama dengan penerbit Gramedia Pustaka Utama serta Republika yang juga telah bekerja sama dengannya sebelum ini.

Kembalinya Tere Liye ini juga menurutnya adalah langkah konkret ketimbang menunggu pemerintah turun tangan dalam dunia literasi. Padahal masalah kebijakan apalagi menyangkut perubahan undang-undang memang nggak bisa diselesaikan dalam waktu singkat. Terlepas dari semua itu, menandai ‘come-back’ nya, Tere Liye akan menggelar roadshow ke seluruh Indonesia dengan mengunjungi sekolah-sekolah dan kampus-kampus yang dianggap potensial untuk mengembangkan dunia literasi. Dua novelnya yang akan terbit tahun 2018 ini berjudul ‘Pergi’ dan ‘Komet’ yang sudah pernah diunggahnya di Facebook Page Tere Liye.

Gimana nih para penggemar karya-karya Tere Liye? Sudah nggak sabar dong pastinya. Mulai sekarang bisa menabung dulu nih biar pas rilis bisa beli bukunya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
0SHARES