Jika Tidak Berubah, 7 Kebiasaan Jelek Ini Bakal Terus Ada sampai Tua Kelak

unsplash.com

Anak kecil cenderung melakukan banyak hal yang sebenarnya merugikan untuk dirinya sendiri. Contoh sederhananya adalah suka makan makanan manis sebelum tidur dan nggak mau menggosok gigi. Setelah dewasa, barulah kamu sadar bahwa kebiasaan itu bisa bikin sumber penyakit di gigi. 

Banyak kebiasaan yang sewaktu kecil seringkali dilakukan hampir setiap hari, tapi nggak disadari kerugiannya bakal terasa saat dewasa. Jika tidka dikoreksi, lama kelamaan bakal jadi kebiasaan sampai besar.

Karena faktor kebiasaan, kegiatan merugikan tersebut malah semakin sulit diubah sampai tua. Kebiasaan apa yang perlu cepat-cepat diubah sebelum benar-benar terlambat dengan semakin menuanya dirimu?

1. Berbohong untuk menutupi kesalahan

pexels.com

Hampir setiap anak kecil di dunia ini pernah mencoba untuk menutupi kesalahan yang ia buat dengan berbohong. Waktu kecil, nggak semua anak memahami bahwa berbohong itu sesuatu yang salah dan bakalan merugikan dirinya sendiri.

ketika anak melakukan kesalahan, ia bakalan melakukan self-defense dan menutupi kesalahannya dengan berbohong agar nggak kena marah orangtua. Kesalahan pola asuh ternyata bisa bikin anak mempertahankan dirinya dengan cara berbohong. Kebiasaan ini bakalan jadi sesuatu yang lumrah dan menyenangkan untuknya saat dewasa.

2. Nonton TV dengan jarak terlalu dekat

pixabay.com

Ada nggak di antara kamu yang pernah main tantangan bareng teman atau saudara untuk nonton film horor dengan jarak yang dekat dari TV? Kalau jaman dulu, tantangan begini bikin kita bisa berasa jagoan karena nggak takut sama setan. Tapi, banyak juga anak kecil yang memang habit-nya itu nonton TV dalam jarak terlalu dekat.

Dulu, mereka nggak berpikir jika mata bakalan rusak ketika melakukan kebiasaan ini setiap hari. Nggak bakal disangka jika kebiasaan yang merugikan untuk mata ini bisa terbawa hingga dewasa. Bedanya kalau sekarang jarang nonton TV, tapi menatap layar ponsel dekat-dekat sebagai gantinya.

3. Baca sambil tiduran karena malas duduk

pexels.com

Pernah membaca buku pelajaran sambil tiduran? Pasti pernah. Kayaknya semua anak kecil dulunya pasti pernah melakukan hal ini. Kamu tahu kalau baca sambil tiduran itu bakalan merugikan kesehatan mata kita. Sayangnya, kebiasaan jelek ini seringkali terbawa sampai tua. Karena kebanyakan orang bakalan merasa pegal saat membaca berjam-jam dan akhirnya memilih untuk tiduran lagi.

4. Nggak mau makan sayur sejak kecil
pexels.com

Kebanyakan anak kecil itu nggak terlalu suka dengan sayur. Mereka nggak bakalan mau walaupun dipaksa untuk makan sayur berkali-kali. Kebiasaan ini yang pada akhirnya menjadi mindset bahwa makan sayur itu nggak menyenangkan, nggak enak, pahit, hambar dan sebagainya.

Padahal, justru makan sayur itu jauh lebih baik daripada makanan cepat saji. Kebiasaan ini masih bisa diubah sejak kita kecil, tapi tentu peranan orang tua bakalan penting banget.

5. Malas berolahraga, apalagi kalau nggak ada temennya
pexels.com

Hal yang satu ini juga menjadi salah satu kebiasaan jelek yang terbiasa kita lakukan sejak kecil nih. Malas berolahraga adalah salah satu bukti betapa kita ini adalah mahluk sosial yang saling membutuhkan. Pasalnya, kebanyakan dari anak kecil bakalan suka olahraga jika ada temannya.

Sambil jogging dan ngobrol tentu bakalan seru dilakukan bareng sahabat. Tanpa disadari, pola berolahraga yang malas sendirian ini akhirnya kebawa sampai dewasa. Ketika dewasa, kita akan cenderung malas untuk berolahraga kalau nggak sama teman.

6. Posisi duduk yang nggak tegap

pexels.com

Hampir semua anak kecil duduk dengan posisi nggak tegap alias membungkuk. Mirisnya, kebiasaan ini pastinya bakalan terbawa hingga dewasa. Hal ini bakalan merugikan dan membuat bentuk tulang punggungmu ada pada posisi semestinya.

7. Menahan pipis karena takut ke toilet sendiri

lifehealthbenefit.com

Siapa yang waktu kecil selalu takut untuk pipis sendiri dan akhirnya menahan semalam karena nggak mau ke kamar mandir sendirian? Kalau ngerasa pernah menjadi korban dari rasa takutmu sendiri, kebiasaan ini cenderung bakalan menghantui kamu sampai tua. Bedanya kalau sudah tua, kamu rela menahan pipis karena nggak mau ketinggalan film.

Kalau ngerasa bahwa beberapa dari kebiasaan jelek di atas masih menjadi habit-mu setiap hari, maka coba pelan-pelan untuk mengubah kebiasaan di atas. Daripada menyesal saat sudah tua nantinya!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Lagi! Viral Polisi 'Nemplok' di Kap Mobil Hadang Pengendara yang Enggan Ditilang | Keepo.me

Lagi! Viral Polisi 'Nemplok' di Kap Mobil Hadang Pengendara yang Enggan Ditilang | Keepo.me

7 Tanda yang Menunjukkan Seseorang Benar-benar Siap Menikah atau Tidak

7 Tanda yang Menunjukkan Seseorang Benar-benar Siap Menikah atau Tidak

Nikita Mirzani Tepergok Joget Seksi di Atas Kapal, Terekam Video tak Pakai Bra | Keepo.me

Nikita Mirzani Tepergok Joget Seksi di Atas Kapal, Terekam Video tak Pakai Bra | Keepo.me

10 Lagu Lawas Tentang Pengalaman Cinta Tak Terbalas yang Menyakitkan

10 Lagu Lawas Tentang Pengalaman Cinta Tak Terbalas yang Menyakitkan

Warung Makan Ini Sediakan Menu Makanan dengan Deskripsi Unik yang Bikin Pembeli Terpingkal | Keepo.me

Warung Makan Ini Sediakan Menu Makanan dengan Deskripsi Unik yang Bikin Pembeli Terpingkal | Keepo.me

7 Penyebab Kenapa Naskah Novel Karyamu Sering Ditolak Penerbit

7 Penyebab Kenapa Naskah Novel Karyamu Sering Ditolak Penerbit

loading