Jika Tanda-tanda Ini Sudah Ada, Hubunganmu Lebih Baik Diakhiri Sebelum Terlanjur Kecewa

09 Januari 2018
|Chandra W.
0SHARES

Ketika menjalani suatu hubungan, kita hampir selalu berharap agar ini yang terakhir. Apalagi jika pasanganmu memenuhi semua atau sebagian besar daftar kriteriamu. Harapan itu terkadang bikin kita lupa atau nggak sadar saat pasangan berlaku semena-mena dan hubunganmu nggak sehat. Demi mencapai target ‘bersama selamanya’, kamu jadi menomorduakan kebahagiaanmu dan membiarkan pasangan berlaku seenaknya. Padahal ini bisa jadi tanda bahwa hubunganmu harus segera diakhiri, apalagi jika disertai dengan tanda-tanda lainnya, seperti ini.

1. Orangtua atau teman-temanmu kurang sreg dengan dia

Memang sih pendapat orang lain nggak sepenuhnya benar. Tapi kalau itu datang dari orang-orang terdekatmu seperti orangtua dan sahabat, bisa jadi merupakan sebuah bentuk kepedulian karena mereka nggak rela kamu diperlakukan buruk oleh pasangan. Karena mereka melihat dari luar, mereka lebih tahu dan sadar. Sedangkan kamu seperti terperangkap dalam gelembung udara raksasa, nggak sadar kalau itu bisa menjebakmu selamanya.

2. Kamu sering merasa khawatir

Hubungan yang baik ciri-cirinya ada dua: membahagiakan dan/atau membuatmu lebih utuh sebagai manusia. Artinya kamu bisa mengembangkan diri sebaik-baiknya saat berjalan dengan pasangan sekalipun. Kalau kamu sering merasa cemas, overthinking, nggak bisa tidur, sering menangis saat berpacaran, itu bukan tanda-tanda yang baik. Apa yang membuatmu sampai merasakan hal-hal itu? Kalau ternyata pasanganmu, bukankah itu artinya hubungan ini sudah pantas diakhiri?

3. Pasanganmu melakukan kekerasan fisik dan/atau emosional

Namanya kekerasan mau sekali aja udah salah. Apalagi kalau berkali-kali. Kalau kekerasan fisik mudah melihatnya. Tapi yang sering kita nggak sadar adalah saat pasangan memperlakukanmu sebagai pihak yang salah secara terus menerus, bahkan ketika kamu sudah minta maaf dan mengubah sikap. Pasangan seperti ini akan mengontrolmu setiap saat. Kamu jadi terkekang dan serba salah setiap mau melakukan apa saja. Jangan diam saja. Sekarang saatnya kamu bangkit untuk lebih mencintai diri sendiri dan meninggalkannya. 

Intinya ketika kamu merasa nggak dihargai dan nggak dicintai, jangan takut melepaskan hanya karena keinginanmu untuk terus bersamanya. Kamu berhak menjalin hubungan dengan orang yang benar-benar mencintaimu, bukan mengontrol segala gerak-gerik dan kehidupanmu.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
0SHARES