Jika Ada 8 Tanda Ini di Matamu, Berarti Kamu Terserang Suatu Penyakit

01 Mei 2017
|Iswara Aji Pratama
Life
0SHARES

Orang zaman dulu bilang, kalo kamu mau mengetahui jiwa orang lain, mau tau apa dia bohong atau jujur, berarti kamu harus liat matanya. Kedua bola yang berwarna hitam dan putih itu konon selalu bisa berbicara lebih tulus dibandingkan kata-kata yang keluar lewat mulut kita. Bahkan untuk beberapa kasus, misalnya dalam percintaan, tatapan antara mata dan mata bisa menumbuhkan kekuatan cinta yang lebih dahsyat. Namun, sekarang ini ada penelitian yang menunjukkan fungsi lain dari mata.

Pada dasarnya, kedua mata kita memiliki kemampuan untuk menjadi alarm atau pemberitahu bahwa ada yang tidak beres di dalam tubuh kita. Jadi, ada suatu penyakit yang diam-diam lagi menggerogoti tubuh. Dengan mengetahui tanda-tanda yang muncul lewat mata, setidaknya kita bisa mengantisipasi penyebaran penyakit dan bisa langsung mencari jalan keluar untuk melenyapkan penyakit tersebut. Yuklah langsung kita tengok apa aja tanda-tanda yang perlu diperhatikan di mata. Cekidot!

1. Benjolan yang kayak bisul di bawah mata

Benjolan di bawah mata muncul karena kelenjar sebasea yang terhalang dan biasanya hilang dalam beberapa hari. Akan tetapi mungkin benjolan ini terus berlanjut dan hal itu berarti kamu terkena karsinoma kelenjar sebaceous. Kalo dibiarkan saja kamu bisa susah buat melihat secara jelas, dan mengganggu aktivitasmu.

2. Bulu mata rontok

Kerontokan alis menandakan bahwa ada yang gak beres dengan hormon tiroid-mu. Biasanya kerontokan alis ini juga diiringi dengan kerontokan rambut, kalo dibiarin terus wah bisa bahaya. Jadi mending langsung konsultasi ke dokter aja kalo kamu mengalami tanda ini.

3. Penglihatan yang buram

Gak selamanya mata merah itu disebabkan oleh debu jalanan. Di era digital ini, kondisi mata merah merupakan akibat dari aktivitas kita yang terlalu lama di depan komputer atau handphone. Penyakit ini namanya "digital eye strain". Kalo dibiarin aja, fungsi matamu bakal terus menurun lho.

4. Blind spot atau buta pada satu titik penglihatan

Nah, buat kamu yang sering mengalami blind spot atau buta pada satu titik penglihatan, mending kamu langsung konsultasi ke dokter deh. Tanda ini bukan main-main. Biasanya blind spot ini dateng bersama sakit kepala atau migrain. 

5. Mata yang selalu melotot

Kamu pasti pernah ngelakuin deh, melototin mata secara tiba-tiba dan gak tau sebabnya apa. Seolah-olah mata kita tuh kayak gerak sendiri tanpa kita perintah. Kalo udah begitu biasanya kita gosok tuh mata kita atau berkedip beberapa kali, dan akhirnya mata kembali normal. Namun kalau kejadian kayak gini sering kamu rasain, mending kamu konsultasi deh ke dokter. Melototnya matamu itu dikarena hormon tiroid kamu terlalu berlebihan sehingga menjadi terlalu aktif. Hal tersebut merupakan indikasi dari penyakit mata tiroid. 

.

6. Warna matamu jadi kuning

Nah, warna mata yang kuning ini sebenernya disebabkan oleh fungsi liver kamu yang bermasalah. Ini merupakan gejala penyakit dari penyakit kuning. 

7. Penglihatan buram bagi kamu penderita diabetes

Kalo kamu penderita diabetes atau seenggaknya punya keturunan diabetes, berarti kamu harus peka sama kondisi matamu juga nih. Jika penglihatanmu memburam, itu bisa jadi tanda bahwa terjadi kerusakan pembuluh darah di jaringan retina fotosensitif. Jadi lebih baik langsung berobat ke dokter deh. Buruan.

 

 

8. Penglihatanmu berbayang

Kalo kamu sering mengalami mata yang buram atau berbayang, berarti kamu harus mulai berencana pergi ke rumah sakit nih. Soalnya nih ya, penglihatan yang demikian bisa jadi menandakan bahwa kamu bakal terserang stroke. Waduh, sebelum terlambat mending langsung buru-buru periksa deh.

Dari ke-8 tanda di atas, ada yang kamu alami gak? Mudah-mudahan sih gak ada ya. Lagian, siapa sih orang di dunia ini yang pengen kena penyakit. Oleh karena itu, mulai dari sekarang kamu harus peduli sama setiap perubahan yang ada di tubuh kamu deh biar semuanya bisa diantisipasi sedari dini. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Iswara Aji Pratama
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES